Email

Cara Menggunakan server SMTP Google secara Gratis

Pengenalan

Tidak semua orang tahu bahwa mereka sebenarnya bisa memanfaatkan Google SMTP Server untuk mengirim email secara gratis. Ini bisa menjadi solusi jitu bagi yang tidak bisa menggunakan SMTP server yang disediakan oleh ISP / hosting mereka, atau bagi mereka yang mengalami kendala dalam pengiriman email. Dalam tutorial ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan server SMTP Google secara gratis. Anda juga akan melihat instruksi detail mengenai cara menggunakannya untuk mengirim email melalui PHP mailer.

Keuntungan menggunakan layanan SMTP external

Walaupun kebanyakan layanan hosting dan ISP menawarkan dukungan SMTP, ada beberapa keuntungan bila menggunakan layanan SMTP external:

  • Pengiriman email yang lebih baik
  • Anda tidak perlu meng-install server sendiri (jika Anda menggunakan VPS)
  • Server mereka lebih mungkin terhindar dari blacklist, artinya, email Anda lebih kecil beresiko dikategorikan sebagai SPAM.

Batas Pengiriman Google SMTP Gratis

Google membatasi email keluar (outgoing) sebanyak 100 per hari. Jika batas telah tercapai, maka Anda tidak akan bisa lagi mengirim email dalam waktu 24 jam kedepan sampai sistem me-reset limit kembali. Informasi lebih detail tentang batas email Google bisa Anda temukan disini.

Sebelum Anda memulai panduan ini, Anda membutuhkan:

  • GMail atau akun G Suite
  • Akes ke control panel hosting Anda

Langkah 1 – Mendapatkan setting server Google SMTP

Pertama kali, untuk menggunakan server SMTP gratis dari Google, Anda harus memberikan akses untuk less secure apps. Google saat ini mulai memblokir aplikasi dan perangkat yang menurut mereka tidak memenuhi standard keamanan modern. Namun, akses untuk aplikasi yang kurang aman (less secure apps) bisa Anda nyalakan disini.

google less secure apps

PENTING: Jika Anda menggunakan otentikasi ganda (2-factor-authentication) untuk mengakses akun Google Anda, akses untuk aplikasi yang kurang aman (less secure apps) tidak bisa diaktifkan. Dalam hal ini, Anda harus masuk dengan menggunakan App password.

Anda bisa menemukan detail SMTP Google berikut:

  • SMTP Server : smtp.gmail.com
  • SMTP Username: Username penuh GMail Anda (alamat email), misalnya fadhel@gmail.com
  • SMTP Password: Password GMail Anda
  • SMTP Port: 465
  • TLS/SSL: Required (dibutuhkan).

Jika Anda ingin memanfaatkan protokol IMAP dan menyimpan semua email keluar di dalam folder Sent pada GMail Anda, ikutilah langkah berikut ini:

  1. Masuk ke akun GMail Anda dan buka menu Settings.

gmail access settings page

2. Masuk ke tab Forwarding and POP/IMAP dan aktifkan IMAP.

gmail enable imap

3. Tekan tombol Save Changes di bagian bawah bila Anda sudah selesai.

Langkah 2 – Menggunakan SMTP Google dengan PHPMailer

Dalam langkah ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan SMTP gratis dari Google untuk mengirim email menggunakan PHP mailer. Mengetahui cara mengirim email melalui PHP sangat berguna saat kapanpun Anda belahar pemrograman atau hanya sekedar ingin membuat form kontak sederhana untuk website Anda.

Ada banyak script email PHP yang tersedia di luar sana. Misalnya contoh berikut ini, kita akan menggunakan PHPMailer:

  1. Buka repository PHPMailer di GitHub dan download script dengan menekan tombol Clone atau download -> tombol Download ZIP. Simpan di komputer Anda.
    github download zip
  2. Upload file ZIP tersebut ke akun hosting Anda. Anda bisa menggunakan FTP client atau file manager yang disediakan oleh hosting Anda untuk melakukan ini. Jika Anda kurang yakin bagaimana cara meng-upload file ke akun hosting Anda, lihat tutorial ini.

PHPMailer sudah dilengkapi dengan contoh file konfigurasi dengan nama gmail.phps untuk digunakan dengan server Google SMTP. Letaknya ada di folder PHPMailer-master/examples

Agar script ini bisa bekerja dengan baik dengan server Google SMTP, Anda harus meng-edit-nya dan mengubah setting seperti username, password dan alamat email penerima. Anda juga perlu untuk mengubah nama file ini dari gmail.phps ke gmail.php sehingga akan dapat diakses melalui browser. Anda dapat menggunakan file manager yang sama atau FTP client untuk mengubah nama dan mengedit file sesuai dengan detail Anda.

Setelah Anda selesai mengedit, Anda cukup membuka script dengan browser Anda. Jika Anda telah meng-upload folder PHPMailer-master ke folder public_html, file seharusnya bisa diakses melalui http://domainanda.com/PHPMailer-master/examples. Jika semua konfigurasi sudah benar, Anda akan melihat pesan tanda berhasil yang menunjukkan bahwa pesan email telah berhasil dikirim.

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda belajar bagaimana cara mengkonfigurasi akun Google Anda dan menggunakan server SMTP gratis dari Google. Anda juga telah belajar cara mengirim email melalui PHPMailer. Jika Anda kebetulan menggunakan WordPress, lihat tutorial ini tentang cara mengkonfigurasi WordPress untuk menggunakan layanan SMTP eksternal.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln