access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Menggunakan Hostinger

Apakah Anda sedang bertanya-tanya tentang cara menggunakan Hostinger setelah membuat akun di sana? Jangan khawatir, kami akan memberikan arahan mengenai fitur terpenting beserta tool yang ditemui di Hostinger member area. Kami akan menjelaskan semua topik penting seperti manajemen nama domain hingga membuat website.

Apakah Anda belum memiliki hosting di Hostinger? Dapatkan sekarang, maka Anda akan hemat 90%. Kami berikan juga garansi jaminan uang kembali selama 30 hari.

Dapatkan Sekarang

Menyelesaikan Pembelian Anda

Di Hostinger, kami akan meminta tiap klien untuk memberikan detail yang dibutuhkan untuk registrasi nama domain dan setup hosting. Jangan khawatir, karena proses ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Menyelesaikan setup hosting

Untuk menyelesaikan proses setup hosting, Anda harus membuka Home dan mengklik tombol Setup yang terletak pada pesanan hosting yang ingin Anda set up. Pada jendela baru, masukkan detail yang diperlukan dan klik tombol Setup.

Menyelesaikan pembelian domain

Seperti layaknya saat Anda membeli hosting, pemesanan domain dapat Anda lakukan dengan mengakses Home dan mengklik tombol Setup di sebelah pesanan nama domain. Anda akan diarahkan menuju ke halaman Domain Order Setup di mana Anda akan mengisi detail WHOIS.

registrasi domain

Menyelesaikan pembelian VPS

Untuk menyelesaikan setup pembelian VPS, buka bagian Home, lalu klik tombol Setup yang berada di samping pesanan VPS tertunda. Pilih sistem operasi, lokasi pusat data, dan masukkan hostname VPS di jendela baru. Klik tombol Setup setelah Anda menyelesaikan prosesnya.

Menavigasikan Member Area

Pertama-tama, Anda harus login ke member area Hostinger. Link login dapat Anda temukan di email sambutan yang telah kami kirimkan. Atau, Anda dapat ke Hostinger.co.id lalu klik tombol Login.

Member area hostinger dibuat dengan mempertimbangkan user experience. Maka dari itu, Anda akan terasa dimudahkan saat menavigasikan semua tool yang diperlukan untuk mengonfigurasikan akun hosting yang dimiliki.

cara memakai hostinger dashboard member area

Dengan tombol-tombol yang berada di member area, Anda dapat mengakses area lain dengan cepat:

tombol navigasi

  • Home – Di sini, Anda dapat melihat pesan terbatu, log aktivitas, dan layanan yang aktif.
  • Hosting – Gunakan bilah ini untuk mengakses, meng-upgrade, dan mengelola semua akun hosting Anda. Akun hosting baru juga dapar dibeli melalui bilah ini.
  • Email – Dapatkan layakan email hosting unutk proyek Anda di sini.
  • Domain – Mengelola semua domain yang didaftarkan di Hostinger. Anda juga dapat mendaftarkan nama domain baru, memeprbarui domain yang ada, serta mentransfer domain.
  • Server – Beli VPS (virtual private server) baru atau mengelola server yang dimiliki saat ini.
  • SSL – Membeli atau mengelola sertifikat SSL yang Anda miliki.
  • Tagihan –Proses tagihan dan pembayaran sangat mudah untuk dipahami oleh siapapun. Di menu ini, Anda dapat menemukan bukti pembayaran, layanan yang dibeli, dan metode pembayaran.
  • Bantuan – Dapatkan bantuan dan jawaban dari pertanyaan Anda seputar hosting dan website langsung dari Tim Hostinger.
  • Store – Tingkatkan proyek website Anda dengan berbagai tool dan layanan yang kami pilihkan khusus untuk Anda.

Mengupdate Detail Profil

Seiring berjalannya waktu, detail profil Anda saat registrasi bisa saja ada yang sudah berubah. Untuk menghindari masalah tagihan atau akses akun, Anda harus  mengupdatenya secara rutin.

Di bar menu, tepat berada di ujung kanan, Anda akan melihat lingkaran dengan huruf H. Klik ikon tersebut untuk melihat nama, alamat email, dan opsi lain yang dapat Anda pilih.

Klik tombol My Profile untuk mengarahkan Anda ke halaman di mana Anda dapat melihat informasi profil, edit profil, profile picture, link media sosial, sekaligus 2-factor authentication.

Kami juga menyediakan Catatan Login, Aktivitas, Pemberitahuan, dan Data Pribadi, sehingga Anda dapat mengetahui detail akun dengan mudah.

edit profil

Mengelola Domain Anda

Kelola domain Hostinger Anda dengan single-section yang mudah digunakan.

Menghubungkan nama domain ke akun hosting

Untuk memberikan akses website Anda ke yang lain, Anda membutuhkan nama domain yang aktif. Anda dapat memilih salah satu dari dua opsi yang kami berikan: menggunakan nama domain yang Anda daftarkan di akun lain atau mendaftarkan nama domain melalui Hostinger.

Jika Anda telah memiliki nama domain aktif, Anda harus mengarahkannya ke nameserver Hostinger. Nameserver tersebut dapat Anda temukan di bawah bilah Hosting. Klik Manage pada domain yang ingin Anda point-kan, lalu scroll ke bawah menuju Akun dan klik Detail. Anda seharusnya melihat Nameserver berada pada atas halaman, dengan ns1.dns-parking.com and ns2.dns-parking.com berada di bawahnya. Jika Anda tidak menemukannya, silakan ke tutorial berikut untuk point nama domain Anda ke nameserver yang tepat.

Setelah berhasil pointing domain dengan benar, biarkan DNS berproses selama 24 jam. Anda juga dapat melakukan pointing domain melalui A record (Alamat IP). Alamat IP akun Anda dapat ditemukan di bawah Detail website.

Jika Anda memilih registrar dengan nama domain baru saat registrasi, Anda tidak perlu mengganti detail DNS – nama domain Anda secara otomatis akan terpoint ke server Hostinger. Di Hostinger, kami berusaha untuk dapat meregistrasi domain secepat mungkin.

Membuat subdomain, add-on domain, parked domain, dan redirect

Hostinger memberi Anda hak penuh untuk mengelola nama domain dan zona DNS. Di tambah lagi, Anda dapat membuat subdomain, parked domain, redirect, Cloudflare, dan add-on domain sendiri. Semuanya dapat Anda lakukan dengan cara mengakses bilah Hosting dan scroll ke bawah untuk menemukan bagian Domain.

domain hpanel

Membuat Akun Email

Di Hostinger, Anda akan mendapatkan alamat email dengan menggunakan nama domain Anda tanpa ada biaya tambahan. Kami juga menawarkan fitur premium untuk seluruh keperluan email Anda. Bilah menu Email dapat Anda temukan di bawah Hosting dan scroll down ke Email.

berbagai menu email hosting

  • Email Accounts – membuat dan mengelola semua akun email yang ada. Di sini Anda juga dapat menemukan detail yang dibutuhkan unruk mengonfigurasi client email dekstop.
  • Email Forwarderforward emails dari satu email ke email lainnya. Contoh, dengan tool ini Anda dapat mem-forward semua email dari info@yourdomain.com ke tom@yourdomain.com.
  • Catch All Emails – membuat catch all email address dapat mencegah kehilangan pesan email penting. Tool ini akan meng-catch semua email yang dikirim ke alamat email yanag salah atau tidak aktif.
  • Auto Responder – tool yang dapat membuat auto-reply ke siapapun yang mengirimi Anda email.
  • Edit MX record – tool ini berguna untuk mengirim dan mengelola akun email yang ada di hosting atau layanan berbeda.
  • Mail Service Control – Anda dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan berbagai layanan email, seperti SMTP, DKIM, dan Sendmail.

Mengupload Website yang Sudah Dibuat

Memindahkan atau mentransfer website bisa menjadi hal yang melelahkan untuk berbagai user. Namun, tidak dengan user Hostinger. Anda dapat mengupload file website dengan tiga tool yang mudah digunakan:

  1. Import Website – Pilih arsip .zip, .tar, atau .tar.gz dari seluruh file website Anda, dan arsip tersebut akan diekstrak langsung ke folder public_html.
    tombol impor website
  2. File Manager – Dengan web-based file manager, Anda dapat meng-upload dan mengelola file website. File manager kami begitu cepat dan mudah digunakan.
    tombol file manager
  3. FTP Access – Hostinger mendukung File Transfer Protocol (FTP), itulah mengapa Anda dapat menggunakan FTP client untuk mengupload file website Anda. Anda dapat menemukan detailuang dibutuhkan unruk terkoneksi ke FTP di bilah FTP Access membuat akun FTP baru.
    tombol ftp account

Membuat Website Baru

Membuat website baru tidak pernah semudah ini. Pilih saja salah satu dari tiga tool powerful yang kami sediakan dan mulailah website profesional Anda hanya dalam beberapa kali klik:

  1. Website builder dengan fitur drag and drop ini sangat cocok untuk Anda yang tidak familiar dengan sistem manajemen konten (CMS) ataupun coding. Cukup pilih template yang diinginkan dan isi lah website Anda dengan konten-konten pilihan.
    menu website builder
  2. Gunakan app installer custom-build kami, Anda hanya akan membutuhkan beberapa menit untuk menginstal app populer seperti WordPress, Joomla, Moodle, dll.
    auto installer
  3. Gunakan Zyro web builder sebagai cara cepat untuk membuat website yang menawan.
    web builder zyro

Selain opsi yang kami sebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan kode untuk mebuat website dari nol, atau mempelajari cara pengkodean, impor website, membetulkan halaman yang eror dan juga menambahkan add on SEO toolkit.

Dapatkan Bantuan

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara menggunakan Hostinger, tim customer support kami tersedia 24/7! Anda dapat menghubungi tim kami hanya dengan mengklik tombol pesan yang terletak di pojok kanan bawah tiap halaman kami, Anda juga dapat mengakses halaman Help untuk mencari jawaban Anda sendiri.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!