WordPress

Cara Mengganti Username WordPress dengan 3 Metode

Cara Mengganti Username WordPress dengan 3 Metode

Mengganti username bukanlah perkara yang sulit. Hanya saja, Anda tidak akan menyangka bahwa hanya sedikit platform yang memungkinkan Anda melakukan hal itu tanpa mengalami masalah. Untungnya, WordPress menawarkan segala kemudahan untuk  mengubah username dan kami akan memandu Anda lewat tutorial ini.

Berikut hal-hal yang akan kami bahas di artikel ini:

  1. Cara mengganti username WordPress dengan plugin.
  2. Mengganti username WordPress melalui database.
  3. Membuat user baru untuk menggantikan user yang sudah ada.

Mengapa Anda Ingin Mengganti Username WordPress?

Ada banyak alasan mengapa Anda ingin mengganti username. Misalnya, dulu username Anda adalah silverwolf3000, tapi beberapa tahun kemudian Anda menyadari kalau username tersebut terkesan alay. Mau tak mau, Anda ingin mengubahnya dengan membuat akun baru.

Selain nama yang alay, alasan lain Anda ingin mengganti username WordPress adalah karena hosting. Sebagai contoh, Anda ingin membuat username baru karena:

  • Namanya hampir mirip dengan username lain di situs Anda.
  • Salah memasukkan username atau melakukan typo.
  • Khawatir kalau username Anda tidak aman (username ‘admin’ lebih mudah di-hack).
  • Situs atau akun ditransfer ke pengguna berbeda, dan Anda ingin mengganti username saat ini.

Pemilihan username merupakan keputusan pribadi, dan bukannya ditentukan oleh provider hosting. Namun tetap saja, pembuatan username harus dipikirkan baik-baik. Satu-satunya masalah di sini adalah WordPress tidak memiliki fitur untuk mengganti username. Jika Anda ingin mengganti username WordPress, Anda harus mencari solusinya.

Cara Mengganti Username WordPress (dengan 3 Metode)

Di subbab ini, kami akan membahas tiga metode atau cara mengganti username WordPress. Kami akan memandu Anda untuk mengubah username dengan menggunakan plugin, melalui database WordPress, dan membuat akun baru.

1. Mengganti Username dengan Plugin Username Changer

Jika Anda ingin menambahkan fitur atau fungsionalitas yang lebih spesifik ke WordPress, maka cara termudahnya adalah dengan menggunakan plugin. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk mengaktifkan plugin Username Changer agar username bisa diubah dengan cepat.

Cara mengganti username WordPress dengan plugin Username Changer

Perlu Anda ketahui, plugin ini belum diupdate untuk sementara. Biasanya kami menyarankan plugin yang diupdate secara berkala dan tidak akan merekomendasikan plugin yang tidak diperbarui dalam jangka waktu lama karena plugin seperti ini dapat mengakibatkan error. Namun untuk kali ini, sepertinya kami harus ‘melanggar’ peraturan kami sendiri. Hal ini disebabkan plugin Username Changer menawarkan fungsionalitas yang mudah. Plugin ini nantinya akan mengubah database Anda di tingkat dasar, tapi tidak akan ‘berkonflik’ dengan tool lainnya di website.

Install dan aktifkan plugin Username Changer. Setelah itu, buka tab Settings > Username Changer di dashboard. Sebelum mengubah username, konfigurasikan pluginnya terlebih dulu agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pertama-tama, pilih role user yang mana yang akan mendapatkan permission untuk mengubah username:

Memberi permission untuk role user mengganti username WordPress

Lihat daftar di atas dan Anda tidak akan menemukan role Administrator, yang seharusnya ada di akun Anda sendiri. Secara standar, plugin ini memberikan hak pada semua administrator untuk mengubah username, jadi Anda tidak perlu mengaktifkannya berulang kali.

Pilih role lain yang akan diberi akses ke fitur baru ini. Kami sarankan agar Anda mengaktifkan fitur ini hanya untuk user Editor, Author, dan Contributor. Apabila fitur ini juga diaktifkan untuk subscriber, risikonya reguler user harus terus-menerus mengubah namanya.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur panjang minimum karakter untuk username situs. Standarnya, panjang minimum username adalah tiga karakter, tapi Anda bisa mengaturnya ke lima (agar Anda atau user lain bisa membuat nama yang lebih unik):

Panjang karakter username

Buat email konfirmasi untuk dikirimkan apabila user ingin mengubah username mereka. Dengan begini, user tidak akan bertanya-tanya apakah proses perubahan namanya sudah berlangsung atau belum. Lebih penting lagi, email konfirmasi memberitahukan user apabila ada seseorang yang ingin membajak akun dan mengubah namanya:

Template notifikasi email konfirmasi

Plugin Username Changer secara otomatis membuat template email untuk memberitahukan pergantian username WordPress. Template ini bisa Anda ubah nantinya. Pun tersedia beberapa tag di template email yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan versi email yang telah dimodifikasi ke setiap user.

Scroll ke bawah halaman dan simpan semua perubahan yang telah Anda buat. Kemudian scroll kembali ke atas dan pilih tab String Settings. Di sini, Anda bisa mengubah tombol dan pesan yang akan diterima user pada saat mereka hendak mengganti username WordPress.

Anda bisa menggunakan pengaturan default atau mengubah pengaturan tersebut agar lebih ‘berwarna’ dan terhindar dari kesalahpahaman. Tentu saja Anda juga ingin membuat pesan error bagi user yang memasukkan nama yang, sayangnya, sama seperti nama milik user lainnya:

Error karena ada nama yang sama

Simpan semua perubahan yang Anda lakukan. Setelah itu, ‘beri tahu’ WordPress bahwa username Anda harus diubah.

Buka tab Users > Your Profile, dan scroll ke bawah sampai Anda melihat kolom Username. Lalu klik link Change Username:

Mengganti username WordPress

Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengedit ursername di tab yang sama. Setelah memasukkan username yang diinginkan, klik Save Username. Jika perubahan nama berhasil dilakukan – kecuali jika user memasukkan nama yang sama dengan milik user lain – maka WordPress akan meminta Anda untuk login kembali. Saat login, masukkan username baru dan password.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh plugin ini adalah Anda bisa mengubah nama user (dalam hal ini Anda berlaku sebagai administrator). Untuk mengubah namanya, buka tab Users > All users dan klik opsi Edit yang berada tepat di bawah user yang namanya ingin Anda ganti atau ubah.

Mengubah nama user

Di layar berikutnya, Anda akan melihat opsi untuk mengubah nama para user, sama seperti yang Anda lihat di profil Anda. Prosesnya sendiri juga tidak jauh berbeda. Sebaiknya sebelum mengganti nama user, pastikan Anda memberi tahu mereka terlebih dulu. Jangan mengganti nama user tanpa sepengetahuan mereka kecuali memang diharuskan.

2. Cara Mengganti Username WordPress Melalui Database

Sebelumnya kami sudah menyebutkan bahwa plugin Username Changer hanya mengganti username di database situs Anda. Untuk langkah kedua ini, kami akan menunjukkan cara mengganti username WordPress melalui database tanpa harus menginstall plugin tersebut.

Buka database WordPress. Sebagian besar web hosting mengizinkan Anda untuk mengakses database melalui control panel hosting. Jika Anda menggunakan cPanel, misalnya, Anda akan melihat menu dengan tampilan seperti ini:

Database phpMyAdmin

Pengguna Hostinger, di satu sisi, memiliki akses ke custom panel. Masuk ke akun Anda dan lihat opsi phpMyAdmin yang ada di bawah Databases:

phpMyAdmin di cpanel

Klik opsi tersebut dan pilih database yang ingin Anda akses. Jika Anda hanya punya satu situs, maka Anda hanya punya satu pilihan database. Buka database tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus memahami bahwa mengubah database mendatangkan suatu risiko. Jangan ubah value apa pun, kecuali Anda tahu value itu untuk apa atau Anda mengikuti instruksi dari ahlinya (seperti kami!). Buatlah backup database terlebih dulu sebelum melakukan perubahan apa pun.

Sekarang Anda sudah masuk ke bagian phpMyAdmin. Cari tab Export yang ada di atas menu:

Tab export

Di bagian atau layar selanjutnya, pilih opsi Quick yang akan memilih semua tabel database Anda secara otomatis. Klik Go:

Pengaturan export

Dengan mengklik opsi tersebut, database Anda akan diekspor dalam format SQL sehingga file tersebut dapat disimpan di komputer. Biar lebih aman, simpanlah backup lokasi alternatif, misalnya cloud storage. Jika ingin restore database dari backup, Anda bisa mengikuti panduannya di sini.

Kini database Anda sudah aman, saatnya kembali ke beranda utama phpMyAdmin dan cari tabel wp_users. Terkadang, provider hosting Anda akan mengubah nama tabel tersebut dengan alasan keamanan, tapi Anda masih bisa mengenalinya. Setelah tabel dibuka, Anda akan melihat daftar yang memuat semua akun user di website WordPress Anda.

Cari user akun yang ingin Anda atur. User akun ini berada tepat di bawah kolom user_login. Setelah itu, klik opsi Edit yang ada di samping baris:

Daftar akun user Anda

Anda akan melihat daftar semua value yang terkait dengan akun Anda. Anda hanya perlu mencari baris user_login. Lalu ketikkan username Anda ke kolom Value:

Kolom user

Lihat baris kedua user_nicename pada screenshot di atas. Terkadang, valuenya sama seperti value yang ada di user_login. Apabila Anda hendak menggunakan email sebagai informasi login, maka user_nicename akan menampilkan username Anda yang sebenarnya. Jangan ubah value apa pun yang Anda lihat di sana. Klik Go yang ada di ujung sebelah kanan layar.

3. Buat User Baru (dan Hapus User Lama)

Teknisnya, di langkah terakhir ini, Anda tidak perlu benar-benar mengganti username. Buatlah akun baru, kemudian hapus akun yang lama, lalu alihkan semua postingan ke akun baru Anda. Sebenarnya, cara ini cepat dan tidak begitu susah. Lalu, mengapa kami baru membahasnya? Karena menurut kami, akan lebih mudah bilamana username Anda diganti menggunakan dua cara sebelumnya.

Masuk ke dashboard dan buka tab Users -> Add New. Di halaman berikutnya, atur parameter yang dibutuhkan oleh akun baru, seperti username, email, dan password:

Membuat akun baru

Pikirkanlah username yang paling tepat sebelum memasukkannya ke kolom. Setelah itu, isi semua kolom yang ada. Gunakan email yang berbeda dan bukannya email yang masih terhubung dengan akun administrator Anda saat ini.

Sebelum menyimpan perubahan yang dilakukan, pastikan Anda telah mengatur role ke Administrator.

Mengatur role untuk user baru

Dengan mengubah role, akun baru Anda memiliki hak yang sama dengan akun lama Anda. Simpan akun baru yang telah dibuat, lalu log out, kemudian log in kembali dengan informasi akun baru. Kembali ke tab All Users, cari akun lama Anda, dan klik Delete yang berada tepat di bawahnya:

Menghapus user

Sebagai administrator, Anda dapat menghapus akun user lain dengan level yang sama. Jika Anda menghapus akun yang di dalamnya sudah terdapat konten (demikian halnya akun Anda), maka akan muncul semacam notifikasi yang menanyakan apakah Anda ingin reassign konten tersebut:

Hapus user

Pilih Attribute all content to dan tentukan akun admin yang baru yang tertera di drop-down menu. Kemudian pilih Confirm Deletion. Akun lama Anda akan dihapus dan akun baru Anda akan di-setup.

Kesimpulan

Mengganti username bukanlah hal yang sulit, tapi sayangnya, hanya sedikit platform yang bisa memungkinkan Anda melakukannya. Untungnya, ada banyak cara mengganti username WordPress. Misalnya, Anda bisa mengganti username dengan plugin Username Changer, mengedit informasi database, atau buat akun baru.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara mengganti username WordPress? Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini!

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]