WordPress

Cara Menambahkan Google Analytics ke WordPress

Cara Menambahkan Google Analytics ke WordPress

Pengenalan

Jika ingin berhasil menjalankan suatu website, maka penting bagi Anda untuk mengenal para pengunjung dan apa yang mereka harapkan dari situs milik Anda. Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menganalisis traffic website Anda. Dan inilah yang persis dilakukan oleh Google Analytics. Software gratis dari Google ini memudahkan Anda untuk melacak pengunjung website, menganalisis kebiasaan mereka, sumber traffic, social metric, bahkan berbagai statistik. Dengan menganalisis statistik, Anda bisa merencanakan dan membuat konten yang lebih baik bagi para pengunjung situs. Tutorial kali ini akan menunjukkan beberapa langkah atau cara agar Anda dapat mendaftar serta menambahkan Google Analytics ke website WordPress.

Mengapa Google Analytics Dibutuhkan di WordPress Anda?

Bukankah segalanya akan lebih mudah jika Anda tahu keinginan dan kebutuhan para pengguna juga apa yang mereka kehendaki dari website dan layanan Anda? Satu-satunya cara agar pengunjung terus berminat mengunjungi website Anda adalah dengan menawarkan dan menyediakan apa yang mereka inginkan. Inilah yang dilakukan Google Analytics, dan layanannya gratis! Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menambahkan Google Analytics ke WordPress dan mengapa tiap blog WordPress harus memiliki software ini:

  1. Membantu mengetahui perilaku pengunjung dan pengguna situs Anda.
    Dengan Google Analytics, Anda bisa terus melacak pola perilaku pengunjung situs secara virtual. Anda pun dapat memeriksa halaman yang paling banyak dikunjungi, rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna di halaman tertentu, halaman dengan performa terbaik, halaman yang tidak menarik sehingga pengguna keluar dari website, dan masih banyak lagi. Melihat secara sekilas saja tidak cukup bagi Anda untuk mendapatkan informasi dalam mengoptimalkan website agar menjadi lebih baik. Bilamana blog tertentu menarik banyak pengunjung, tentunya Anda akan menulis lebih banyak post yang berkaitan dengan topik dan meningkatkan traffic.
  2. Membantu Anda menganalisis waktu kunjungan situs yang paling aktif.
    Anda akan dengan mudah mengetahui jam berapa saja situs Anda paling banyak dikunjungi. Jika kebanyakan pengguna aktif pada malam hari, maka untuk menarik mereka, sebaiknya post diunggah pada jam-jam tersebut.
  3. Membantu Anda memeriksa rincian atau detail yang penting.
    Google Analytics menyediakan detail yang sangat terperinci – mulai dari lokasi geografis pengguna, bahasa yang mereka terapkan, browser yang mereka gunakan, resolusi layar, hingga likes. Rincian-rincian ini membantu Anda memahami para pengunjung situs.

Meskipun ada banyak layanan web analytics yang bisa Anda gunakan, Google Analytics memiliki beragam fitur eksklusif. Mari kita lihat sekilas apa saja fitur yang dimiliki:

  1. Menampilkan Custom Report dengan mudah.
    Langkah terbaik untuk menganalisis pola perilaku pengguna situs Anda adalah dengan memakai fakta dan angka. Hal ini dapat dilakukan dengan menampilkan Custom Reports yang memiliki sistem antarmuka (interface) yang mudah dipahami. Anda dapat menambahkan bermacam-macam parameter dan metric untuk menayangkan laporan (report) yang bermanfaat.
  2. Memasang Custom Alerts.
    Inilah fitur yang sangat menguntungkan dari Google Analytics karena Anda dapat mengirim custom alert dalam bentuk pesan teks atau email tiap kali traffic menurun atau terjadi perubahan drastis pada bounce rate (persentase pengunjung yang meninggalkan situs). Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi harus terus memantau dashboard untuk mengetahui update yang penting.
  3. Mengintegrasi Search Console.
    Terus mengawasi dan memantau status terkait SEO dan angka sangatlah penting. Search Console merupakan salah satu tool yang menyediakan informasi terkait optimisasi mesin pencari (search engine optimization). Mengintegrasi Search Console dengan Google Analytics akan memudahkan Anda untuk mengakses informasi di bawah satu atap guna melakukan analisis yang cepat.

Ketiga fitur di atas merupakan sedikit dari banyaknya fitur Google Analytics yang membuat keselurahan proses sangatlah mudah ketika Anda menangani website WordPress!

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Anda mungkin saja mengira bahwa Google Analytics merupakan pilihan yang sangat tepat. Namun, apakah hanya berhenti di situ saja? Kami paham bahwa memiliki pengetahuan dasar mengenai cara kerja software sangatlah membantu ketika Anda hendak menjalankan software tersebut. Secara luas, Google Analytics terdiri atas:

  1. JavaScript code.
    Ketika seorang pengunjung mengunjungi website Anda, JavaScript code dijalankan untuk menghimpun semua informasi penting tentang website itu sendiri, tentang pengunjung (misalnya, browser yang dipakai untuk mencari website Anda), sistem operasi, resolusi layar, dan lain sebagainya.
  2. Layanan pengumpulan data (data collection service).
    Setelah dikumpulkan oleh JavaScript code, semua informasi tersebut dikirim ke server Google untuk diproses ke dalam format paket kecil yang disebut hit. Hit ini akan dikirim setiap kali seorang pengunjung membuka website Anda.
  3. Pengolahan data (data processing).
    Saat pengolahan data berlangsung, server Google Analytics mengubah data menjadi informasi yang berguna. Misalnya, pengunjung situs Anda akan dikategorikan berdasarkan lokasi, bahasa, resolusi layar, jenis device, dan sebagainya.

Beginilah cara kerja Google Analytics. Kelihatannya mudah di permukaan, tetapi seluruh fungsionalitas dan proses tengah berjalan di belakang layar.

Semoga informasi ini membantu Anda dalam memutuskan apakah ingin menambahkan Google Analytics ke website WordPress Anda. Tanpa perlu penjelasan yang bertele-tele lagi, langsung saja Anda pelajari tutorial singkat ini untuk mengetahui serta memahami cara mendaftar dan menambahkan Google Analytics ke website WordPress Anda.

Apa yang Anda Butuhkan

Sebelum memulai tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke WordPress Dashboard Anda.

Langkah 1 – Membuat Akun Google Analytics

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun Google Analytics untuk memperoleh tracking code. Berikut cara mendaftar Google Analytics:

  1. Pergi ke halaman utama Google Analytics. Klik tombol Sign In yang ada di atas halaman, lalu pilih Google Analytics
  2. Anda akan diarahkan ke halaman Login. Masukkan alamat email Google Anda dan klik tombol Next. Jika Anda belum memiliki akun Google, buatlah dengan mengklik tombol Create Account.
    Google Analytics Login Form
  3. Di halaman berikutnya, masukkan password Anda dan klik tombol Sign In.
    Google Analytics Sing In Button
  4. Klik tombol Sign Up untuk memproses.
    Google Analytics Sing Up
  5. Untuk membuat akun baru, Anda harus memasukkan informasi berikut ini:
    1. Nama akun (Account Name)
    2. Nama website (Website Name)
    3. URL website (Website URL)
    4. Kategori Industri (Industry Category)
    5. Zona Waktu (Reporting Time Zone)
      Google Analytics Create New Account

Isilah semua rincian yang diperlukan dan klik tombol Get Tracking ID (6). Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyetujui syarat layanan (Terms of Service). Klik tombol I Accept.

Selesai! Anda telah berhasil membuat akun Google Analytics. Di halaman berikutnya, Anda akan melihat tracking code untuk Google Analytics Universal:

<script>
  (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
  (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
  m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
  })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');
 
  ga('create', 'UA-00000000-1', 'auto');
  ga('send', 'pageview');
 
</script>

JavaScript code ini dapat digunakan untuk semua website. Hanya tracking ID (UA-00000000-1) yang bersifat unik. Tracking ID diawali dengan UA, kependekan dari Universal Analytics, lalu angka pertama merepresentasikan nomor akun (00000000), kemudian angka terakhir mewakili Google Analytics property ID (1).

Langkah 2 – Menambahkan Google Analytics ke Blog WordPress

Ada lebih dari satu cara untuk menambahan tracking code Google Analytic ke WordPress: menggunakan Plugin, atau menambahkan tracking script secara langsung ke file header.php, atau melakukan tindakan baru di file functions.php.

Cara 1 – Menggunakan Plugin

Jika tidak begitu familiar dengan struktur file WordPress dan PHP, maka Anda disarankan untuk menggunakan metode Plugin. Salah satu plugin yang terbaik untuk menambahkan Google Analytics adalah Analytics Code Integration. Plugin ini akan memasukkan tracking code Universal Analytics secara otomatis — Anda hanya perlu memasukkan tracking ID.

Berikut cara-cara untuk menginstal Plugin dan memasukkan tracking ID Google Analytics:

  1. Log in ke Dashboard WordPress dan install plugin Google Analytics. Ikuti tutorial ini jika Anda tidak begitu paham tentang cara menginstall plugin baru di WordPress.
  2. Setelah proses instalasi selesai, pergi ke halaman Setting dan klik Google Analytics Code.
  3. Salin dan pindahkan code ke halaman Google Analytics Code dan klik Save.
    WordPress Google Analytics Add to WordPress
  4. Selesai! Tracking code telah berhasil ditambahkan ke blog WordPress Anda.

Google Analytics membutuhkan waktu 12-24 jam untuk memperbarui dan mulai menampilkan hasilnya. Setelah itu, statistik mengenai jumlah pengunjung situs akan disediakan di tab Google Analytics Reporting.

Google Analytics Reporting Tab

Cara 2 – Memasukkan Code ke header.php

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa cara untuk memasukkan Google Analytics code ke blog WordPress. Misalnya, code dapat diikutsertakan ke dalam file theme header.php Anda.

  1. Akses WordPress administrator area dan buka ke AppearanceEditor.
  2. Buka header.php untuk mulai menyunting.
  3. Masukkan Analytics tracking code yang Anda butuhkan di Cara 1 sebelum tag terakhir dan klik tombol Update File.
    Google Analytics Code Inserted in header.php

Catatan: Analytics code hanya akan dimasukkan ke tema yang aktif. Code harus ditambahkan jika Anda mengubah theme.

Cara 3 – Membuat Fungsi Baru di File functions.php

Cara ketiga ini membutuhkan pengetahuan dasar tentang coding. Kami sarankan Anda mengikuti langkah ini hanya jika Anda sudah paham dan siap menerapkannya. Selain itu, Anda harus membuat backup file functions.php atau bahkan seluruh instalasi WordPress sebelum langkah ini dimulai:

  1. Ketika Anda berada di dashboard WordPress, pergi ke halaman Appearance -> Editor.
  2. Pilih functions.php dari daftar file yang ada di sebelah kanan.
  3. ode snippet di bawah ini akan memasangkan fungsi baru dan memasukkan Analytics tracking code tepat sebelum tag terakhir di situs WordPress Anda. Salin code berikut ini ke bagian bawah file functions.php, tapi pastikan untuk terlebih dulu mengubah tracking ID Anda.
    add_action('wp_head','my_analytics', 20);
     
    function my_analytics() {
    ?>
    <script>
    (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
    (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
    m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
    })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga');
     
    ga('create', 'UA-00000000-1', 'auto');
    ga('send', 'pageview');
     
    </script>
     
    <?php
    }
  4. Simpan perubahan yang telah Anda buat dengan mengklik tombol Update File.
    Google Analytics Added Code in functions.php

Catatan: Code hanya akan dimasukkan ke theme yang aktif. Jika theme diubah, Anda harus menambahkan ulang code itu sekali lagi.

Kesimpulan

Tak perlu diragukan lagi, Google Analytics berperan penting bagi website WordPress Anda. Dengan software ini, Anda dapat memahami para pengunjung situs. Melalui tutorial ini, Anda telah mempelajari cara untuk membuat akun Google Analytics serta tiga cara atau langkah berbeda untuk menambah Google Analytics ke blog WordPress.

8 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]