WordPress

Cara Menambahkan AdSense di WordPress

cara-menambahkan-adsense-di-wordpress

Pengenalan – Cara Menambahkan AdSense

Setiap website atau blog bisa digunakan untuk menghasilkan passive income. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari website (monetize). Namun bagaimanapun, Anda tentu setuju bahwa tidak ada yang suka memasang begitu banyak banner iklan dari berbagai jenis layanan dalam 1 website. Oleh karena itu, yang terbaik selalu menjadi pilihan. AdSense mungkin adalah salah satu yang paling populer untuk layanan sejenis ini. Bisa digunakan untuk menampilkan text, video atau iklan gambar. Sebagai pemilik website, Anda akan dibayar setiap kali pengunjung meng-klik iklan di website Anda.

Lalu, apa itu Google AdSense? Mari kita simak sejenak sebelum mempelajari cara menambahkan AdSense ke WordPress.

Apa itu Google AdSense?

AdSense adalah program CPC (Cost per Click) dari Google yang memungkinkan para pemilik website untuk menampilkan iklan di blog/website mereka. Hal yang paling menarik dari AdSense adalah ini merupakan program yang paling mudah bagi pemilik website untuk menghasilkan uang, bahkan hingga ribuan dollar jika dilakukan dengan benar. Publisher (orang yang memiliki website) hanya cukup meletakkan kode JavaScript sederhana di website mereka. Ya, hanya itu saja.
Jika akun diterima oleh Google, iklan yang sifatnya kontekstual akan mulai muncul di berbagai lokasi pada website. Website Anda pun akan secara otomatis dibaca oleh robot Google agar informasi tentang halaman dalam website Anda dapat diketahui lebih banyak oleh Google. Hal ini akan membantu Google untuk menampilkan iklan yang paling relevan di website Anda. Misalnya, jika blog Anda adalah tentang sepatu, maka robot Google akan menyimpulkan bahwa website Anda sangat cocok untuk diberikan iklan tentang sepatu. Google melakukan hal tersebut secara otomatis, dengan cara memeriksa di database-nya dan menemukan iklan yang paling sesuai untuk website WordPress Anda. Logikanya, orang yang membaca tentang blog Anda lebih mungkin mencari informasi tentang sepatu daripada mencari informasi tentang keamanan. Masuk akan, kan?

Keuntungan dari Google AdSense bukan hanya karena sistemnya yang logis, transparan dan reliable, namun juga ada banyak manfaat lainnya. Mari kita simak beberapa alasan lainnya, sebelum menambahkan AdSense ke WordPress.

Mengapa Anda harus memilih AdSense

  • Mudah menambahkan banyak blog
    Anda bisa menggunakannya di banyak website. Hal yang Anda perlukan adalah Anda harus memastikan bahwa blog Anda sesuai dengan peraturan dan kebijakan AdSense. Ini jauh lebih baik daripada layanan iklan lainnya dimana Anda harus menambahkan semua website Anda secara manual.
  • Layanan bantuan & dukungan yang kooperatif
    Bisa dikatakan bahwa jika Anda menggunakan AdSense, artinya Anda bekerja sama dengan salah satu perusahaan paling top – Google. Mulai menggunakan AdSense sangat mudah, bahkan untuk pemula. Ada banyak sekali video dan tutorial tertulis, bahkan website yang bisa membantu Anda menjadi pro dalam bidang ini.
  • Pembayaran yang tepat waktu
    Ketika Anda mengaktifkan program periklanan AdSense di website Anda, Anda tidak perlu khawatir soal pembayaran. Banyak perusahaan CPC yang tidak jujur dan tidak transparan dalam hal pembayaran, namun hal ini tidak akan Anda temukan di AdSense. Percayalah.
  • Format iklan yang fleksibel
    Google AdSense memberikan Anda kebebasan untuk menampilkan berbagai jenis iklan di website Anda, tergantung dari ketersediaan lokasi dan layout dari website Anda. Kemudian, Anda bahkan tidak perlu membuat iklan untuk website anda – semua ini sudah diatur oleh sistem Google. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meletakkan kode JavaScript di lokasi iklan yang ingin Anda pasang.

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai, yang Anda butuhkan adalah:

  • Akses ke Dashboard WordPress

Langkah 1 – Mendaftar Google AdSense

Pertama, Anda harus mendaftarkan akun Google AdSense. Ini bisa Anda lakukan disini. Proses pendaftarannya sangat mudah dan hanya butuh waktu beberapa saat saja. Namun, biasanya butuh waktu hingga 3 hari bagi Google untuk memeriksa dan menerima pendaftaran Anda.

Langkah 2 – Membuat iklan AdSense

Setelah akun Anda diterima, Anda mulai bisa membuat iklan:

  1. Akses dashboard AdSense dan klik tombol My Ads, yang terletak di bagian atas menu.
  2. Klik tombol New ad unit

  3. Masukkan setting yang diperlukan untuk iklan Anda. Setting ini sangat penting karena akan membantu Anda dalam mengatur iklan Anda dan agar lebih sesuai dengan desain website Anda.
    Name – Nama iklan Anda. Masukkan nama yang unik disini – agar lebih mudah untuk mengatur banyak iklan.Ad size – Pengaturan ini sangat penting, karena ukuran iklan akan sangat berpengaruh dengan tampilan website Anda. Sangat disarankan agar Anda memilih Responsive jika website Anda memang bisa beradaptasi di semua perangkat.
  4. lik tombol Save and get code. Kemudian jendela baru yang berisikan kode AdSense Anda akan muncul. Tampilannya akan mirip seperti ini:
    <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <script>
      (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
        google_ad_client: "ca-pub-678303128708xxxx",
        enable_page_level_ads: true
      });
    </script>
  5. Copy & simpan kode tersebut karena di langkah selanjutnya Anda akan membutuhkan kode tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara membuat iklan, silakan lihat langsung di halaman bantuan AdSense.

Langkah 3 – Menambahkan AdSense ke WordPress

Opsi 3.1 – Menggunakan Plugin

Salah satu cara yang paling mudah untuk memasukkan Google AdSense ke WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Ada banyak cara berbeda yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk hal tersebut:

Google AdSense

Google Adsense WordPress Plugin

Google AdSense, dikenal juga sebagai plugin Google Publisher, adalah plugin resmi yang disediakan dan dikelola oleh Google. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan AdSense dengan mudah ke website WordPress Anda.

Kelebihan:

  • Mudah menambahkan AdSense ke website WordPress Anda
  • Langsung mengaktifkan iklan yang dikhususkan untuk perangkat mobile
  • Kemudahan manajemen iklan

Ad Injection

Add Injection WordPress Plugin

Ad Injection juga termasuk plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengintegrasikan AdSense ke website WordPress Anda. Plugin ini juga tidak hanya terbatas untuk AdSense namun juga bisa digunakan untuk jaringan iklan lainnya. Selain itu, AdSense juga memungkinkan Anda untuk mengatur penampilan iklan, – Anda bisa mengaturnya berdasarkan panjang tulisan, atau umur atau alamat IP dari pengunjung.

Kelebihan:

  • Anda bisa menyisipkan iklan tanpa harus memodifikasi post Anda
  • Membantu split testing dengan cara menentukan beberapa iklan untuk lokasi iklan yang sama
  • Membantu Anda menyisipkan script apapun, baik di header maupun di footer

Kekurangan:

  • Cukup membingungkan saat digunakan dan kurang user friendly
  • Berpotensi tidak cocok dengan versi WordPress terakhir

Ad Inserter

Ad Inserter adalah plugin yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan iklan AdSense ke website WordPress Anda.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan untuk menampilkan iklan di berbagai lokasi
  • Dilengkapi dengan opsi display otomatis yang memungkinkan plugin memilih lokasi secara otomatis
  • 16 code blocks

Kekurangan:

  • Pada waktu tertentu, tidak menerima iklan responsive dari Google Ads.

Opsi 3.2 — Memasukkan iklan secara manual

Cara lain untuk memasukkan iklan ke WordPress adalah dengan cara membuat widget baru. Kelebihan terbesarnya adalah Anda tidak perlu menginstall plugin apapun. Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat widget baru dan memasukkan kode AdSense:

1. Masuk ke dashboard WordPress Anda, buka menu Appearance -> bagian Widgets.

2. Untuk menambahkan Widget baru, pilih Text dan drag-drop ke tempat dimana Anda ingin menambahkan iklan Anda. Dalam contoh ini, kami meletakkan iklan AdSense di Sidebar. Anda bisa memilih di bagian mana iklan akan diletakkan. Tekan tombol Add Widget.

3. Isikan konten Title dan Contents.

Content of Widget

  • Title – Masukkan nama widget Anda (bisa dikosongkan)
  • Content – Paste kode yang telah di-copy dari website Google AdSense.

4. Setelah selesai, klik tombol Save.

Panduan Praktis AdSense

Sudah terpasang semua? Berikut ini adalah panduan praktis yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan banyak jumlah klik ke website Anda, yang artinya meningkatkan pendapatan Anda juga:

  • Lakukan riset yang matang sebelum memulai
    Sangat disarankan untuk mengikuti peraturan AdSense agar akun Anda cepat diterima. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih niche (jenis) dengan harga tinggi (high paying niche) untuk blog Anda, artinya niche tersebut sering dicari oleh orang yang mencari di Google.
  • Penempatan iklan yang tepat
    Posisi iklan di website Anda akan menentukan penghasilan Anda. Anda bisa meletakkan iklan di posisi atas pada halaman Anda, menggunakan iklan bergambar maupun text. Jika Anda meletakkan iklan di halaman yang berisikan banyak content, Anda juga bisa meletakkan di iklan diantara paragraf text tersebut.
  • Pilih ukuran iklan yang tepat
    Jika tujuan utama Anda adalah mendapatkan hasil yang gurih dari AdSense, Anda harus cermat dalam menentukan ukuran iklan yang tepat. Beberapa ukuran yang sering digunakan adalah 336×280, 728×90 dan 160×600.
  • Pantau performa kategori
    Pastikan Anda tetap terus memantau performa AdSense Anda dan hindari penempatan iklan di kategori yang kurang memberikan hasil yang baik.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang perlu Anda ingat selalu agar bisa mendapatkan manfaat yang berlipat:

Boleh dilakukan

  • Manfaatkan sebaik mungkin penggunaan heatmaps AdSense agar Anda bisa memahami psikologi pengunjung website Anda dan menyesuaikannya dengan desain website Anda. Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak klik dan penghasilan.
  • Tulis content yang bagus dan menarik, agar dapat menarik pengunjung ke website Anda dan meningkatkan potensi klik terhadap iklan Anda.
  • Lakukan eksperimen untuk menguji: apa yang bagus untuk website Anda dan apa yang tidak bagus.
  • Pastikan website dan iklan Anda responsive.
  • Ikuti selalu perkembangan kebijakan terbaru dari Google.
  • Sesuaikan iklan yang ada di website Anda agar tetap sesuai dengan desain website Anda.

Jangan lakukan

  • Jangan menyalahgunakan AdSense dan mengisi website Anda dengan iklan yang terlalu banyak karena hal ini dapat membuat pengunjung Anda enggan berlama-lama di website Anda (bounce). Artinya, potensi penghasilan Anda menjadi lebih kecil.
  • Jangan klik iklan AdSense Anda baik sengaja maupun tidak, apalagi sampai meminta orang atau keluarga Anda untuk mengklik iklan Anda. Google bisa mendeteksi hal ini sejak lama. Jangan sampai akun Anda justru jadi banned hanya karena Anda ingin jalan pintas. Ingat, yang terpenting adalah keberkahan rezeki Anda. Raihlah rezeki yang baik dengan cara yang baik pula.
  • Hindari penggunaan anjuran untuk mengklik iklan. Text seperti itu tergolong sebagai pemaksaan bagai pengunjung untuk mengklik iklan Anda dan hal ini sudah dilarang dalam kebijakan Google AdSense.
  • Jangan tempatkan iklan di halaman yang kosong.
  • Hindari traffic otomatis ke website Anda.
  • Jangan membuat akun AdSense yang berbeda dengan nama yang sama.

Kesimpulan

Tutorial sederhana ini bertujuan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menambahkan AdSense ke website WordPress Anda dan mendapatkan uang dari sana. Sekarang, semuanya kembali kepada Anda – ciptakan konten yang berkualitas dan daftarkan website Anda di AdSense untuk mulai mendapatkan uang dari iklan AdSense. Ingat selalu, Anda harus tetap berhati-hati setiap saat dalam mematuhi panduan & kebijakan yang disediakan oleh Google AdSense, karena pada beberapa hal AdSense tidak akan mentolerir Anda dan langsung memblokir akun tanpa pemberitahuan.

Google AdSense sangat mudah diintegrasikan dengan website Anda dan Anda bisa melakukannya secara manual maupun dengan bantuan plugin.

Jika Anda kehabisan ide untuk mendatangkan traffic ke website Anda, lihat tutorial ini.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

1 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln