access_time
hourglass_empty
person_outline

10 Cara Mempromosikan Website Gratis dan Efektif

Mendatangkan trafik ke website bisa dilakukan melalui kegiatan promosi. Ada banyak cara mempromosikan website. Sebagian membutuhkan bujet, sedang sebagiannya lagi gratis. Di artikel ini, kami akan membahas cara promosi website yang efektif agar situs ramai dan banyak pengunjung.

Kenapa Harus Repot-repot Mempromosikan Website?

Agar bisa berkembang dan skalanya menjadi lebih besar, website membutuhkan banyak trafik. Oleh karena itu, promosi harus gencar dilakukan.

Tidak ada larangan yang membatasi ruang gerak promosi website. Semua pemilik website bebas mempromosikan dan menggaungkan situsnya. Entah itu bisnis lokal online, situs ecommerce, blog, atau situs organisasi nirlaba.

Setiap cara promosi website bermuara pada satu tujuan, yakni mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya dari audiens yang ditargetkan.

Misalnya, Anda punya situs ecommerce yang menjual backpack atau tas ransel. Lantas bagaimana orang tahu kalau toko online ini ada dan menawarkan berbagai jenis tas ransel? Tentunya Anda perlu melakukan promosi untuk menjangkau pembeli dan memperkenalkan brand di saat bersamaan.

Nah, kalau toko online berhasil diperluas melalui promosi, nantinya trafik yang masuk bisa dikonversi untuk meningkatkan penjualan.

Cara mempromosikan website supaya banyak pengunjung ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Jika memilih metode yang gratis, Anda bisa menggunakan Google Adwords atau YouTube ads. Namun kalau Anda menginginkan cara yang tanpa biaya, baca artikel ini sampai selesai!

Cara Mempromosikan Website

Meskipun sepuluh cara promosi website yang efektif ini tidak membebankan Anda dari segi biaya, tetap saja ada beberapa hal yang harus diusahakan dan dioptimalkan. Jangan hanya pilih satu cara saja. Kombinasikan beberapa cara di bawah ini untuk memperoleh hasil yang bagus dan memuaskan.

Berikut sepuluh cara mempromosikan website supaya banyak pengunjung:

1. Buat Blog

Website yang memiliki blog akan lebih mudah memperoleh trafik. Tulislah konten yang menarik dan informatif sehingga pengunjung punya alasan untuk terus kembali ke blog Anda. Mereka juga tidak akan segan merekomendasikannya ke lingkaran pertemanan.

Ketika menulis konten, pastikan Anda menyertakan informasi yang berkualitas dan juga relevan dengan audiens yang ditargetkan. Tentukan juga tipe konten yang hendak dipublikasikan: hiburan, edukasi, atau kisah inspiratif.

Keunggulan blogging yang lain adalah membantu menaikkan peringkat website di hasil pencarian mesin telusur. Terlebih lagi kalau konten yang diterbitkan memuat informasi dan jawaban yang dibutuhkan oleh audiens, dipastikan posisi situs akan melesat naik.

Untuk mengoptimasi peringkat situs melalui blog, terapkan praktik dan metode SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari). Caranya, buatlah konten yang sesuai dengan kata kunci atau topik yang dicari oleh pengguna internet di mesin telusur.

Nah, untuk mengetahui kata kunci yang tepat, lakukanlah riset terlebih dulu menggunakan tool seperti Google search console.

Cara mempromosikan website - Google Search Console

Blogging tak hanya sekadar menulis di ‘lapak’ sendiri, lho. Anda juga bisa menulis konten di blog lain dan mendatangkan trafik ke blog Anda. Aktivitas ini dinamakan guest blogging.

Sesuai namanya, guest blogging berarti Anda menjadi ‘penulis tamu’ (guest) di blog lain dan menulis konten di sana.

Lalu, keuntungan seperti apa yang diperoleh dari guest blogging? Jawabannya sederhana! Ketika mempublikasikan konten di blog lain, Anda bisa mengambil peluang ini sebagai cara untuk mempromosikan konten dan blog sekaligus membangun backlink. Metode ini dipercaya dapat memperluas jangkauan audiens.

Dalam melakukan guest blogging, Anda perlu berhati-hati. Pilihlah blog yang kerap dikunjungi audiens yang Anda targetkan. Apabila menulis di sembarang blog, hasilnya akan sia-sia. Konten yang ditampilkan pun tidak akan mendatangkan trafik yang diharapkan.

Intinya, tulislah konten orisinil dan berkualitas yang memuat informasi yang relevan dengan target audiens. Ingatlah konsep ini ketika menulis postingan di blog sendiri ataupun blog orang lain.

2. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara mempromosikan website yang tak hanya efektif, tapi juga menciptakan interaksi yang lebih baik dengan target audiens.

Susunlah email yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Jika pengunjung setuju berlangganan karena ingin mendalami suatu bidang, buatlah email yang mengedukasi. Atau misalnya mereka berlangganan karena ada penawaran promo, buatlah email yang berisikan info diskon.

Sebelum menyusun email, ada baiknya mengumpulkan email list terlebih dulu. Setiap email list berisikan alamat email yang menjadi tujuan pengiriman konten.

Tambahkan formulir pendaftaran di website. Nantinya pengunjung akan mengisi kolom yang disediakan dengan alamat email mereka. Setelah itu, buat draf email yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau audiens. Kirimkan secara berkala.

Kampanye email marketing dapat dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi. Sebagian besar aplikasi menerapkan sistem pembayaran, tapi ada juga yang gratis, seperti MailChimp dan SendInBlue.

Cara mempromosikan website supaya banyak pengunjung dengan email marketig - SendInBlue

Baca artikel email marketing untuk info selengkapnya.

3. Search Engine Listing

Mempromosikan website tak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Search engine atau mesin telusur bisa jadi salah satu media gratis untuk memperkenalkan website ke audiens. Kuncinya, membiarkan website terindeks dengan mudah sehingga trafik akan berdatangan.

Jika ingin mesin telusur mengindeks website secara berkala, konten yang dipublikasikan harus selalu baru atau diperbarui. Mengapa? Hal ini tak terlepas dari cara kerja mesin telusur yang akan selalu menampilkan konten yang relevan dengan pencarian audiens.

Cara promosi website gratis di Google, Yahoo, Bing, atau mesin telusur lainnya bisa dilakukan secara manual. Misalnya, tambahkan halaman web ke Google menggunakan tool ini agar dapat diindeks.

4. Giveaway

Sering melihat promo yang menawarkan berbagai merchandise gratis? Inilah yang disebut giveaway. Cara ini dimaksudkan untuk menarik perhatian target audiens, dan di saat bersamaan memperkenalkan website beserta produk dan layanan.

Sebagai salah satu cara mempromosikan website baru, giveaway terbilang cukup cepat dalam memikat audiens. Misalnya, Anda menawarkan unduhan ebook gratis di website. Nah, orang-orang yang tertarik akan mengakses website Anda dan mengunduh ebook tersebut. Dalam hal ini, website punya peluang besar untuk dikenal banyak orang. Inilah yang kemudian menjadi tujuan utama pengadaan giveaway.

Apabila trafik sudah tinggi, Anda bisa mulai menawarkan sejumlah konten menarik dengan memanfaatkan momen atau membuat desain slide. Ingatlah untuk selalu merencanakan semuanya dengan matang apabila Anda hendak mengadakan giveaway.

5. Facebook

Cara promosi website yang efektif juga bisa dilakukan melalui Facebook. Kanal media sosial ini memiliki banyak fitur yang mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran.

Salah satunya adalah Facebook Pages. Buat profil akun situs, lalu publikasikan konten dan berikan informasi terbaru. Memiliki akun di Facebook Pages akan menciptakan interaksi yang baik antara Anda dan audiens.

Di Facebook Pages, Anda juga bisa membangun reputasi. Jumlah like dan komentar di setiap postingan dianggap sebagai indikator kesukaan/ketidaksukaan audiens terhadap situs Anda.

Fitur lainnya adalah Facebook groups. Buatlah grup yang mewakilkan website atau perusahaan Anda agar audiens bisa dengan leluasa bertanya dan berdiskusi seputar info, barang, atau bahkan layanan. Jika komunitas dibangun dan dipelihara dengan baik, audiens tak akan sungkan menunjukkan rasa puas dan loyalitasnya.

Cara mempromosikan website di facebook - Facebook ads

Selain fitur gratis, Facebook juga punya fitur berbayar untuk melancarkan promosi marketing, yaitu Facebook ads. Cara kerjanya hampir mirip dengan Google Adwords dan berbasis sistem pay-per-click.

6. Twitter

Cara lain untuk mempromosikan website supaya banyak pengunjung adalah memposting berbagai info terbaru di Twitter.

cara promosi website di twitter

Twitter adalah media sosial yang simpel dan mudah digunakan. User tak perlu merangkai kata yang panjang untuk menulis cuitan. Hanya dengan kata-kata yang singkat dan efektif, informasi yang disampaikan lebih padat dan tepat sasaran.

Di platform burung biru ini, Anda bisa membagikan konten apa saja (promosional atau kasual) untuk menarik perhatian audiens. Informasi yang disampaikan sebaiknya mencerminkan apa yang ditawarkan di website. Sertakan juga hashtag (#) di setiap postingan.

Twitter card adalah fitur Twitter yang akan menyempurnakan postingan pemasaran. Dengan fitur ini, cuitan bisa memuat tiga tipe lampiran, seperti link yang mengarahkan user ke website, foto, atau video.

7. Instagram

Media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Lebih dari 1 miliar pengguna aktif telah membuat akun di kanal ini dan memperoleh keuntungan dari fitur promosinya.

Cara mempromosikan website melalui Instagram adalah dengan memposting foto yang cantik, menuliskan caption yang menggugah perasaan, dan menggunakan hashtag yang terkait dengan niche/topik.

cara promosi website yang efektif di instagram

Selain memposting foto di feed, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Instagram story. Lakukan promosi harian dalam format gambar atau video. Meskipun hanya berlangsung 24 jam saja, fitur ini menjadi metode terbaik untuk membagikan momen dan juga kampanye pemasaran.

Fitur lain yang juga bisa diandalkan untuk mempromosikan website adalah IGTV (Instagram TV). Dengan fitur ini, Anda bisa membuat video berdurasi lebih dari satu menit.

Tool pemasaran yang dihadirkan Instagram akan mempermudah kegiatan promosi website. Apalagi belakangan ini, konten visual yang kreatif menarik minat banyak masyarakat.

8. YouTube

Pemasaran dengan format video menjadi salah satu cara paling efektif untuk memikat perhatian audiens. Kegiatan ini bisa dilakukan di kanal media sosial yang juga sangat populer akhir-akhir ini, yakni YouTube.

Menurut suatu penelitian, rata-rata dalam sebulan, sebanyak 8 dari 10 pengguna internet menonton YouTube.

Cara mempromosikan website baru di platform ini bisa dibilang cukup berhasil. Banyak yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengintegrasikan YouTube dengan akun media sosial yang dimiliki (demi kemudahan distribusi konten) hingga membahas topik postingan yang diterbitkan di blog.

Selain memperkenalkan website, memiliki channel YouTube juga memberi peluang untuk bekerja sama dengan YouTuber lainnya. Jangkauan audiens pun makin luas.

YouTube menghadirkan fitur YouTube Analytics sehingga Anda bisa memperkirakan dan mengetahui efektif tidaknya promosi yang dilakukan. Cek total view di setiap video, jumlah subscriber, dan impresi di channel.

9. Reddit

Cara mempromosikan website supaya banyak pengunjung adalah dengan memperkenalkannya di Reddit. Reddit sendiri merupakan sebuah situs dengan banyak pengguna yang membahas berbagai macam topik. Namun karena struktur dan sistemnya yang sedikit berbeda dari platform lain, Anda diharapkan untuk memahaminya terlebih dulu sebelum mulai terjun ke forum diskusi.

Sebagai contoh, Anda memiliki website yang berfokus pada review/ulasan buku. Carilah subreddit yang di dalamnya terdapat user yang gemar membaca buku.

Cara mempromosikan website baru di reddit

Reddit memiliki sistem subreddit yang beragam. Masing-masing subreddit memuat hingga ribuan topik spesifik. Jadi, Anda bisa dengan mudah mencari topik yang diinginkan.

Perlu diingat, Anda tidak bisa begitu saja mempromosikan website. Reddit punya peraturan dan moderasi di setiap subredditnya, dan Anda harus mematuhinya.

Berbaurlah senatural mungkin dengan anggota komunitas di subreddit. Apabila reputasi yang baik berhasil dibangun, dilihat dari jumlah upvote yang diperoleh (atau disebut karma di Reddit), Anda bisa mulai memperkenalkan website. Lakukan dengan pendekatan yang to the point dan jangan ragu untuk langsung menanyakan pendapat mereka.

Kalau yang diperkenalkan adalah brand yang sudah punya nama, adakan sesi di Ask Me Anything. Di sesi ini, Anda mempersilakan user Reddit untuk mengajukan pertanyaan.

10. Quora

Quora memiliki sistem yang berbeda dengan Reddit. Konsepnya berupa tanya jawab. Anda melemparkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan user lain.

Cara mempromosikan website di quora

Di platform tanya jawab ini, user akan melayangkan pertanyaan yang berkaitan dengan website Anda. Kesempatan yang bagus, bukan, untuk membangun interaksi dengan audiens?

Melalui pertanyaan yang diajukan, Anda bisa menganalisis permasalahan yang mereka hadapi atau bahkan mengetahui sebenarnya apa yang mereka butuhkan. Apabila ada user Quora yang ingin tahu lebih lanjut tentang topik yang dibahas, sertakan link ke website.

Sama seperti Reddit, Anda juga tidak bisa dengan gamblang mempromosikan website di Quora. Orang-orang yang mengakses platform ini cenderung mencari jawaban atas pertanyaan mereka dan bukannya promosi.

Kesimpulan

Setiap website butuh dipromosikan agar trafik tinggi dan konversi meningkat. Banyak cara untuk mempromosikan website. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Di artikel ini, kami sudah membahas 10 cara mempromosikan website tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, yaitu:

  • Buat Blog – bagikan konten dan datangkan sebanyak mungkin trafik melalui mesin telusur.
  • Email Marketing – membangun dan menjalin relasi dengan target audiens.
  • Search Engine Listing – membiarkan website diindeks dengan mudah oleh mesin telusur.
  • Giveaway – cara promosi website yang efektif untuk memperoleh banyak trafik dengan cepat.
  • Facebook – platform yang kaya akan fitur untuk mendukung kegiatan promosi website.
  • Twitter – simpel dan tidak ribet, membuat aktivitas promosi lebih mudah.
  • Instagram – posting foto yang cantik dan disertai dengan caption dan hashtag.
  • YouTube – platform terbaik untuk pemasaran menggunakan video.
  • Reddit – Ciptakan relasi dengan target audiens melalui subreddit.
  • Quora – beri solusi terbaik sembari mempromosikan situs dan memupuk kepercayaan audiens.

Tunggu apa lagi? Yuk, promosikan website Anda dari sekarang!

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!