WordPress

Cara Membuat Shortcode WordPress Theme

Cara Membuat Shortcode WordPress Theme

Pengenalan

Shortcode WordPress menghadirkan fungsionalitas tambahan dan memungkinkan Anda untuk menyematkan/embed konten ke halaman, post, dan sidebar. Banyak sekali plugin dan tema yang menggunakan shortcode dan memberdayakan para pengguna untuk menambahkan konten secara dinamis ke blog mereka. Untuk lebih jelasnya, kita ambil Contact Form 7 shortcode sebagai contoh:

Seperti yang telah Anda lihat, penggunaan shortcode sebenarnya cukup mudah.  Contact Form 7 macro ditambahkan di dalam kotak. WordPress akan menggantikan macro, yang dimunculkan oleh plugin Contact Form 7, dengan konten yang dibuat oleh fungsi PHP. Ketika shortcode ditambahkan ke post, halaman, atau sidebar, WordPress akan menunjukkan contact form.

Akan tetapi, bagaimana jika Anda ingin membuat shortcode WordPress di file tema? Tentu saja Anda bisa melakukannya dengan menggunakan fungsi do_shortcode.

Mari kita memahami lebih jauh dan mempelajari cara menggunakan fungsi do_shortcode WordPress.

Yang Anda Butuhkan untuk Membuat Shortcode WordPress

Sebelum memulai tutorial membuat shortcode WordPress ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke admin area WordPress

Tutorial ini menunjukkan cara mengedit file tema WordPress. Oleh karena itu, sebelum memulai panduan ini, sangat kami sarankan untuk membackup WordPress Anda secara penuh dan gunakan WordPress child theme.

Menggunakan do_shortcode WordPress

Anda sudah memiliki pengertian dasar apa itu shortcode WordPress. Sekarang saatnya Anda mempelajari cara membuat shortcode WordPress untuk mem-boost fungsionalitas website.

Sebagai contoh, asumsikan Anda ingin menyertakan plugin WordPress Contact Form 7 di suatu tempat di theme header. Hanya saja, Anda tidak memiliki widget apa pun di sana.

Pertama-tama, Anda membutuhkan shortcode dari plugin yang hendak digunakan. Misalnya, kami akan menggunakan shortcode Contact Form 7 yang sama:

  1. Buka dashboard WordPress dan klik Contact -> Contact Forms.
  2. Shortcode untuk form Anda akan muncul di sisi kanan, dekat judul form:
    Shortcode Contact Form 7 WordPress
  3. Klik dua kali di shortcode dan salin.

Karena tak ada widget di theme header, tidak cukup jika kita hanya menyalin dan menempel (copy dan paste) shortcode. Kita harus menggunakan fungsi do_shortcode WordPress. Fungsi tersebut akan terlihat seperti ini:

Untuk menambahkan Contact Form 7 ke theme header, kita harus mengedit file header.php terlebih dulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat kami sarankan untuk membackup penuh WordPress Anda sebelum mengubah inti file WordPress dan menggunakan WordPress child theme.

Langkah-langkah di bawah ini menunjukkan cara mengedit file WordPress dengan menggunakan Hostinger File manager. Hasil yang sama pun dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi FTP client (klik di sini untuk membaca tutorialnya):

  1. Buka control panel Hostinger dan klik File Manager.
  2. Cari folder instalasi WordPress (biasanya bernama public_html) dan buka wp-contents -> folder themes.
  3. Cari dan buka folder tema yang aktif saat ini.
  4. Karena kita ingin menambahkan contact form ke dalam header, maka buka header.php.
  5. Geser kursor ke bawah halaman dan pilih folder di mana Anda ingin menambahkan form. Shortcode WordPress yang kami buat dengan fungsi do_shortcode akan terlihat seperti ini:
  6. Save file dan cek tampilan website Anda.Menambahkan do_shortcode WordPress di header.php

Catatan: Di banyak kasus, mengedit file inti tema hanya akan merusak template WordPress Anda. Kemungkinan besar Anda harus mengubah CSS untuk membuat tampilan WordPress menjadi menarik. Pastikan untuk mengecek tutorial kami tentang cara memeriksa CSS styles dengan browser dan unduh CSS cheatsheet.

Kesimpulan

Sampai di sini, semoga Anda mengerti dan memahami kegunaan shortcode dan kemampuannya untuk boost tampilan dan fungsionalitas website Anda. Tutorial yang mudah diikuti ini memberitahukan Anda cara menggunakan fungsi do_shortcode WordPress. Jika Anda punya pertanyaan, tulislah di kolom komentar di bawah ini.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln