VPS

Cara Membuat Server Minecraft di Ubuntu 16.04

Cara Membuat Server Minecraft di Ubuntu 16.04

Pengenalan

Minecraft adalah video game (permainan) sandbox yang diciptakan dan dikembangkan oleh Mojang. Video game ini merupakan salah satu permainan yang paling banyak di-streaming di situs streaming game semacam Twitch. Ketika pemain sedang bermain game, mode multiplayer digunakan untuk menciptakan komunitas online yang nyaman.

Untuk bermain dalam mode multiplayer Minecraft, pemain sebaiknya membuat server sendiri atau menggunakan jasa penyedia layanan hosting. Di tutorial ini, kami akan menuliskan cara membuat server Minecraft di Ubuntu 16.04. Pemain yang menggunakan varian lain dari Linux juga bisa menerapkan tutorial ini karena langkah-langkah yang dipaparkan tidak jauh berbeda.

Langkah 1 – Cara Membuat Server Minecraft dengan Menginstall Java dan Screen

Sebelum mulai menginstall, pastikan sistem Anda terhubung ke server melalui SSH. Untuk login ke server, jalankan terminal (atau gunakan Terminal Putty SSH jika sistem operasi yang dipakai adalah Windows) dan ketikkan command/perintah berikut ini:

Setelah login, Anda bisa mulai membuat server Minecraft Indonesia sendiri.

Program Java dibutuhkan dalam pembuatan server Minecraft. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menginstall Java:

  1. Anda mungkin sudah pernah menginstall program Java di sistem. Untuk mengeceknya, jalankan command di bawah ini:
    Jika muncul pesan yang menyatakan bahwa program Java tidak ditemukan dalam sistem, maka Anda harus melakukan langkah penginstalan selanjutnya. Sebaliknya bilamana program Java telah terinstall, Anda tidak perlu melakukan sisa langkah penginstalan Java. Anda dapat lanjut ke langkah 2.
  2. Jalankan command berikut ini di terminal agar Anda dapat mengunduh paket perangkat lunak terbaru yang akan diinstal dalam sistem, termasuk program Java:
  3. Install program Java. Untuk tutorial ini, kami menginstall program Java 17:
  4. Alih-alih menggunakan command di atas, Anda dapat menjalankan command berikut ini jika menghendaki versi terbaru Java:
  5. Sebaiknya Anda juga menginstall Screen untuk memastikan server tetap berjalan di balik Window meskipun koneksi terputus. Ketik dan jalankan command ini untuk menginstall Screen:
    Program Java dan Screen sekarang sudah terinstall dalam sistem.

Langkah 2 – Menginstall Server Minecraft di Ubuntu

Karena tidak ada ketentuan yang harus diikuti, Anda bisa langsung menginstall server Minecraft Indonesia di VPS Ubuntu. Anda hanya perlu mengulang beberapa langkah berikut ini:

  1. Sebaiknya file tetap harus tersimpan rapi. Agar tidak berceceran, buatlah direktori baru sebagai tempat penyimpanan file Minecraft Anda. Langkah ini bersifat opsional, Hanya saja, demi kenyamanan Anda, langkah ini tetap kami anjurkan. Jalankan command ini untuk membuat direktori baru:
  2. Setelah berhasil membuat direktori baru, buka direktori tersebut dengan mengetikkan command ini:
  3. Install wget. Jika belum menginstallnya, ketik dan jalankan command ini:
  4. Unduh dan install server Minecraft:
    Ketika tutorial cara membuat server Minecraft ini ditulis, versi terbaru server Minecraft yang tersedia adalah 1.11.2. Ganti angka-angka ini dengan versi terbaru server Minecraft yang tersedia di sistem Anda. Untuk mengeceknya, kunjungi link ini.
  5. Setujui perjanjian lisensi end-user Minecraft (Minecraft’s end-user license agreement):
  6. Nyalakan dan jalankan Screen sehingga server dapat berfungsi di balik Window:
    Kami namai session yang sedang aktif ‘Minecraft server 1’. Anda pun dapat menggunakan nama lain.

Selamat! Anda berhasil menginstall server Minecraft Indonesia di Ubuntu.

Langkah 3 – Menjalankan Server Minecraft

Jalankan server yang telah diinstall dengan mengetikkan command berikut ini di terminal:

Minecraft memerlukan RAM berkapasitas 1024MB atau 1GB untuk mem-boot up server. Hanya saja, bukan berarti Anda hanya perlu menyediakan RAM berkapasitas minimum seperti itu. Lebih baik lagi jika Anda memiliki RAM berkapasitas lebih untuk menunjang performa. Untuk menambah memori ke server, ganti 1024 di parameter -Xmx dan Xms dengan 2048 (2GB), begitu seterusnya.

Sekarang server Minecraft Indonesia Anda telah terpasang. Server berjalan di balik Window, sesuai dengan penggunaan Screen. Untuk keluar dari Screen, tekan tombol CTRL + A, lalu D. Anda dapat meng-undo langkah ini dan kembali membuka jendela Screen dengan mengetikkan screen -r  di terminal. Pengaturan server dapat dikelola melalui file properti server:

Kesimpulan

Di tutorial ini, kami telah menuliskan cara membuat server Minecraft di Ubuntu. Anda juga telah mengetahui berbagai informasi berguna lainnya, seperti menginstall program Java di Ubuntu, bahkan men-setting Screen sehingga server tetap berjalan di balik jendela (Window).

Seperti yang telah Anda baca di bagian pengenalan, pemain diberi pilihan untuk berperan sebagai hosted server. Akan tetapi, tutorial ini ditujukan bagi mereka yang ingin membuat server sendiri guna mendapatkan keamanan dan kontrol penuh.

Add Comment

Click here to post a comment

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln