WordPress

Cara Membuat Live Chat di WordPress & 5 Plugin Terbaiknya

Cara Membuat Live Chat di WordPress & 5 Plugin Terbaiknya

Jika Anda membuat website yang menawarkan jasa dan layanan atau toko online, maka pastinya Anda akan menerima banyak sekali pertanyaan dan juga keluhan dari pelanggan. Mau tak mau, hal ini akan menjadi salah satu bagian yang selalu Anda temui setiap hari. Jadi, kalau Anda tidak punya sistem yang tepat untuk menerima serta menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan secara efisien, maka sulit bagi Anda untuk mempertahankan konsumen.

Beruntung, ada sejumlah tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat live chat di website berbasis WordPress. Di artikel ini, kami akan membahas:

  1. Kelebihan adanya live chat WordPress di situs Anda.
  2. Tiga plugin chat WordPress terbaik.
  3. Cara membuat live chat di WordPress.
  4. Tips untuk mengetes sistem live chat WordPress yang terpasang di situs Anda.

Bantuan pelanggan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan customer service, merupakan bagian terpenting dalam memberikan pengalaman belanja yang memuaskan bagi para klien di situs Anda. Jadi, Anda harus tahu cara pasang live chat di WordPress agar dapat menuai manfaatnya.

Mengapa Anda Harus Membuat Live Chat di Website WordPress?

Jika Anda membuat website untuk menjual produk atau menawarkan jasa, maka sudah pasti Anda akan berurusan dengan pelanggan. Ada berbagai cara untuk berkomunikasi dengan klien tentang masalah yang sedang mereka alami. Pertanyaan dan keluhan mereka dapat Anda tanggapi dengan mengirimkan email, menggunakan sistem tiket, dan bahkan live chat WordPress.

Tidak ada yang salah dengan beberapa metode untuk menjawab keluh kesah pelanggan. Semuanya bisa Anda gunakan. Hanya saja, live chat WordPress memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh metode lain, seperti:

  • Respons cepat. Dengan dipasangkannya live chat, Anda dapat menjawab hampir semua pertanyaan pelanggan. Tentu saja, selama Anda online.
  • Website terlihat lebih profesional. Jika di situs Anda terdapat fitur live chat, maka visitor dan juga pelanggan akan tahu bahwa Anda senantiasa ada dan siap untuk menjawab berbagai pertanyaan mereka. Hal seperti inilah yang disukai oleh para pelanggan.
  • Memberi akses yang mudah bagi pelanggan. Terkadang, ada pelanggan yang ‘malas’ atau ‘ribet’ untuk mengirimkan tiket atau email. Namun, dengan live chat WordPress, mereka bisa langsung menghubungi admin yang bertugas saat itu untuk bertanya.
  • Meningkatkan konversi. Biasanya, calon pelanggan akan bertanya-tanya tentang keunggulan dan harga dari produk yang mereka incar. Dengan diinstallnya live chat, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, penjualan akan semakin lebih mudah dibuat, terlebih jika Anda tahu bagaimana caranya melakukan komunikasi marketing.

Live chat WordPress adalah fitur pilihan yang cocok di berbagai jenis website. Hanya saja, fitur seperti ini rasanya belum pas jika diinstall di website sederhana, seperti blog pribadi atau portofolio. Website e-commerce dan yang menawarkan layanan adalah web yang paling tepat untuk mengaktifkan fitur canggih ini. Di samping itu, website e-commerce dan website jasa adalah jenis situs yang akan berurusan dengan pelanggan serta pertanyaan dan keluhannya.

WordPress menawarkan sejumlah opsi untuk membuat live chat, bahkan ada beberapa tool yang gratis.

Di samping menawarkan metode tanya jawab via email, ada baiknya Anda juga menambahkan fitur live chat ke situs. Semakin banyak opsi bantuan yang disediakan, maka semakin besar pula klien merasa nyaman untuk melontarkan pertanyaan dan keluhan pada Anda. Hasilnya, mereka akan puas dan senang dengan layanan serta bantuan yang Anda berikan.

3 Plugin Chat WordPress Terbaik

Cara membuat live chat di WordPress yang paling mudah adalah dengan menginstall plugin. Di subbab ini, kami akan membahas tiga plugin chat WordPress terbaik. Setelah itu, kami akan menjabarkan cara menginstall dan menggunakannya.

1. WP Live Chat Support

Cara membuat live chat di WordPress dengan plugin WP Live Chat Support

Jika Anda ingin menginstall plugin live chat yang mudah digunakan, maka WP Live Chat Support adalah pilihan yang tepat. Segera setelah diinstall, live chat akan muncul dan aktif di website Anda. Hanya saja, plugin ini memiliki beberapa opsi kustomisasi yang harus Anda ketahui dan pahami dengan baik.

Sebagai contoh, Anda dapat mengubah atau mengedit style dan warna jendela live chat dan juga pesan otomatis yang akan terbaca user begitu mereka mengakses atau mengawali chat baru. WP Live Chat Support juga memungkinkan Anda untuk membuka obrolan dengan banyak user secara bersamaan, mengaktifkan chat dari end, dan bahkan mengecek transkrip dari percakapan sebelumnya.

WP Live Chat Support merupakan opsi terbaik untuk website berskala kecil dan medium. Akan tetapi, plugin ini hanya bisa digunakan oleh satu agent CS saja. Itu berarti hanya satu akun WordPress saja yang bisa bercakap dengan user.

Apabila ada banyak pertanyaan dan keluhan user setiap harinya, maka pilihlah plugin yang lain. Namun, jika tetap ingin menggunakan plugin ini, maka Anda diharuskan upgrade ke versi premiumnya.

Fitur Unggulan:

  • Membuat live chat di WordPress hanya dalam hitungan menit.
  • Dapat digunakan untuk bercakap dengan lebih dari satu user.
  • Tampilan dan cara kerja sistem dapat diubah-ubah.
  • Transkrip chat dapat disimpan dan dikirimkan ke user jika diperlukan.

Harga : Versi dasarnya gratis. Namun jika menginginkan yang lebih, maka Anda harus upgrade ke versi Pro yang berbayar.

2. Live Chat by Formilla

Cara pasang live chat di WordPress dengan plugin Live Chat by Formilla

Live Chat by Formilla adalah plugin yang memiliki sejumlah fitur unggulan. Dengan plugin ini, cara membuat live chat di WordPress terasa lebih mudah. Ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yakni menambahkan fitur ini ke halaman secara otomatis atau menggunakan widget agar Anda punya kontrol lebih terhadap live chat. Bahkan Anda juga dapat memonitor aktivitas user melalui control panel plugin dan memulai obrolan dengan mereka.

Selain itu, dengan Live Chat by Formilla, Anda dapat menjadwalkan kapan live chat muncul secara otomatis. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan metode ini karena sistemnya leih natural. Live chat akan muncul secara otomatis setiap kali ada user yang membuka browser Anda. Singkatnya, plugin ini menawarkan sejumlah fungsionalitas dan interface yang rapi.

Agar plugin ini dapat diinstall, terlebih dulu Anda harus mendaftar dan membuat akun Formilla. Proses pembuatan akunnya cukup mudah, dan yang Anda perlukan hanyalah memilih versi gratisnya. Fitur-fitur yang ada pada versi gratis ini akan membantu Anda mengelola live chat. Apabila Anda tidak ingin menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengaktifkan live chat, maka menginstall plugin ini bukanlah pilihan terbaik.

Fitur Unggulan:

  • Live chat window-nya dapat dikustomisasikan.
  • Menyediakan estimasi waktu tunggu bagi visitor website.
  • Menggunakan widget untuk mengonfigurasikan pemasangan live chat.
  • Mengonfigurasikan chat window agar muncul secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Harga: Sama seperti plugin lainnya, Live Chat by Formilla juga menawarkan versi dasar yang gratis. Jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih canggih, maka upgrade plugin ke versi premium seharga $11.99 per bulannya (per satu orang agen).

3. Click to Chat for WhatsApp Chat

Click to Chat for WhatsApp Chat, salah satu plugin chat WordPress terbaik

Click to Chat for WhatsApp Chat berbeda dari dua plugin yang telah kami bahas sebelumnya. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa plugin ini berfungsi untuk menambahkan tombol chat ke website. Layar percakapan WhatsApp akan secara otomatis aktif dan terbuka sehingga Anda bisa langsung mengobrol dengan klien atau user. Bagi pengguna desktop, plugin ini akan mengaktifkan WhatsApp web yang cara kerjanya sama dengan aplikasi WhatsApp di smartphone.

Kelebihan dari WhatsApp adalah popularitasnya yang menanjak di berbagai belahan dunia sehingga akan ada banyak user yang mau menggunakan metode chat dengan aplikasi ini. Selain itu, karena sebagian besar orang saat ini sudah punya smartphone, maka plugin ini pasti sangat berguna dalam membantu Anda menangani sekian banyak pelanggan.

Sayangnya, menggunakan WhatsApp berarti ‘rela’ nomor Anda terlihat oleh klien. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan nomor yang memang hanya ditujukan untuk menangani pelanggan.

Fitur Unggulan:

  • User bisa langsung mengakses aplikasi chat WhastApp dari website Anda.
  • Aplikasi ini dapat dibuka baik melalui smartphone maupun desktop.

Harga: Plugin ini dapat diunduh gratis, sama seperti Anda mengunduh WhatsApp. Namun, ada versi premiumnya jika Anda ingin memperoleh fungsionalitas yang lebih canggih.

Bagaimana Cara Membuat Live Chat di WordPress? (2 Langkah)

Sebelumnya kami sudah menjabarkan beberapa plugin live chat WordPress terbaik. Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara membuat live chat di WordPress. Di tutorial ini, kami akan menggunakan plugin WP Live Chat Support karena proses serta langkah setupnya mudah bahkan bagi pemula di website WordPress.

Meski kami memilih plugin WP Live Chat Support, bukan berarti plugin lainnya tidak menjadi solusi terbaik. Kami sarankan untuk menginstall plugin yang menurut Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Langkah 1: Buat dan Konfigurasikan Plugin Live Chat WordPress

Proses menginstall dan mengaktifkan plugin tidak begitu sulit. Masuk ke dashboard WordPress dan buka tab Plugins > Add New. Kemudian cari WP Live Chat Support di search bar. Tampilannya akan seperti ini:

Install plugin

Klik pilihan Install Now dan tunggu selama beberapa saat sampai proses setup WordPress selesai. Setelah beberapa detik, tulisan akan berganti ke Activate. Klik tulisan tersebut untuk kemudian mengaktifkan live chat di WordPress.

Setelah plugin diaktifkan, Anda akan lihat kalau ada beberapa fitur tambahan di website:

Contoh Live Chat

Pilihan live chat sudah bisa langsung digunakan. Namun, Anda masih membutuhkan waktu untuk mengonfigurasikannya. Untuk menonaktifkan live chat sementara waktu, buka tab Live Chat > Settings dan cari opsi Chat enabled. Atur ke No:

Matikan chat

Simpan perubahan yang dilakukan. Dengan begini, Anda dapat mengonfigurasikan fitur live chat secara leluasa tanpa ‘diganggu’ chat dari user untuk sementara waktu.

Kembali ke tab General Settings, lalu cari opsi Required Chat Box Fields dan Default visitor name. Pada tab ini, Anda dapat mengonfigurasikan informasi seperti apa yang kemungkinan ditanyakan visitor ketika mengawali obrolan/percakapan, dan bagaimana mengindentifikasikan visitor:

Kolom yang wajib diisi

Kami sarankan untuk menanyakan nama visitor dan juga alamat email mereka sebelum memulai percakapan. Dengan begini, Anda tahu sebutan atau panggilan seperti apa yang pantas untuk setiap visitor. Sementara untuk alamat email, informasi ini dibutuhkan kalau-kalau Anda ingin memberitahukan informasi terbaru terkait bisnis dan layanan Anda kepada para visitor.

Live chat memiliki teks default untuk menyapa user atau klien. Namun, Anda bisa mengubahnya jika ingin teks yang lebih menarik dan atraktif:

Kolom input teks

Scroll ke bawah, dan Anda akan lihat pengaturan untuk menampilkan live chat WordPress di perangkat mobile. Sebaiknya peraturan ini diaktifkan karena kemungkinan besar trafik mobile akan selalu meningkat.

Scroll lagi ke bagian bawah halaman dan cari Chat Transcript Settings. Di bagian ini, Anda dapat mengonfigurasikan plugin untuk mengirimkan transkrip percakapan ke user yang baru saja Anda bantu:

Aktifkan pengaturan kirim transkrip teks

Meski bernilai dan berguna, hanya sedikit saja website yang menggunakan transkrip percakapan. Apalagi percakapan yang terjadi antara Anda dan klien memuat informasi yang sensitif, mengirimkan transkrip percakapan tentu bukan solusi yang diharapkan dan malah akan berisiko. Jadi, untuk mengaktifkannya pun kembali ke kebutuhan dan keinginan Anda.

Buka tab Styling yang ada di halaman pengaturan plugin. Pada tab ini, Anda dipersilakan untuk memilih satu dari dua tema dasar untuk live chat window. Setelah itu, pilih warna yang tepat:

Warna tema

Live chat merupakan salah satu fitur yang merepresentasikan website Anda. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sama dengan warna website Anda secara keseluruhan. Dengan begini, warna live chat dan website dapat terintegrasikan dengan baik.

Setelah memilih tema dan warna live chat, scroll ke bawah sampai Anda menemukan pengaturan First Section Text. Di pengaturan ini, Anda dapat mengkustomisasi semua pesan otomatis yang bisa dilihat oleh visitor atau user sebelum dan selama percakapan berlangsung. Meskipun pesan otomatisnya serba default, Anda tetap bisa megubahnya sesuai dengan yang diinginkan.

Simpan semua perubahan setiap kali Anda melakukan kustomisasi di pengaturan. Kembali ke live chat dan lihat bagaimana fitur ini bekerja.

Langkah 2: Mengetes Live Chat di Website

Anda sudah tahu cara pasang live chat di WordPress dan memastikannya diinstall dan diaktifkan dengan baik. Kini saatnya mengetes apakah live chat ini berfungsi dengan baik atau ada beberapa error. Pada saat user masuk ke website Anda dan mengklik ikon chat, maka tampilan seperti ini yang akan mereka lihat:

Membuka obrolan

Setelah memasukkan data, plugin akan meminta user untuk menunggu seseorang (dalam hal ini adalah Anda) yang available agar bisa bercakap dan mendengarkan pertanyaan serta keluhan mereka:

Tim Customer Support yang ada dan siap membantu

Sepanjang dashboard masih aktif dan terbuka, maka Anda akan menerima notifikasi yang memberitahukan bahwa ada seseorang yang sedang menunggu bantuan Anda di aplikasi live chat. Klik tab Live Chat, lalu daftar percakapan yang aktif akan muncul:

Terima chat

Klik Accept Chat, dan mulailah mengobrol. Terkadang visitor atau user langsung memberitahukan keperluan mereka. Namun, tidak ada salahnya untuk mengawali percakapan dengan sapaan:

Edit teks sapaan default

Baik Anda maupun user dapat mengakhiri percakapan kapan pun. Jika percakapan diakhiri, maka chat akan hilang dari tab Active Visitors. Untuk melihat riwayat chat, buka tab Live Chat > History. Riwayat chat akan berguna bagi Anda yang ingin mengevaluasi sikap dan cara kerja baik dari Anda sendiri maupun tim Customer Support.

Kini live chat sudah berhasil diinstall dan diaktifkan di website Anda. Perlu diingat, jika menggunakan plugin WP Live Chat Support, maka Anda harus membiarkan dashboard tetap terbuka di salah satu tab browser agar bisa dengan cepat mengetahui jika ada chat baru yang masuk. Kalau tidak, user akan menunggu lama dan akhirnya mengakhiri chat. Hal ini, tentu saja, akan berimbas pada faktor kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Cara membuat live chat di WordPress adalah salah satu metode yang harus Anda ketahui guna meningkatkan kualitas dalam hal kepuasan pelanggan. Selain live chat, cara lain untuk mendekatkan Anda ke pelanggan adalah dengan menggunakan email dan telepon – tergantung pada seberapa banyak klien yang harus ditangani. Jika menggunakan WordPress, maka Anda dapat menginstall plugin terkait, misalnya WP Live Chat Support, untuk membuat live chat di website.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara menyediakan layanan atau bantuan pelanggan di WordPress? Silakan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

 

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln