WordPress

Cara Membuat Gallery di WordPress Agar Tampilan Website Lebih Menarik

3 Cara Membuat Gallery di WordPress Agar Tampilan Website Lebih Menarik

Banyak galeri gambar atau foto yang dapat Anda lihat di internet. Sebagian besar situs memiliki setidaknya satu galeri untuk tujuan tertentu. Apakah saat ini Anda tertarik untuk membuat galeri foto di WordPress? Cara membuat gallery di WordPress sangat mudah. Bahkan mungkin waktu pembuatan galeri tidak selama ketika Anda memilih mana foto atau gambar yang hendak diupload ke galeri.

Di tutorial ini, kami akan membahas cara membuat gallery foto di WordPress yang dapat dilakukan dalam tiga langkah:

  1. Upload gambar atau foto yang ingin Anda tampilkan di galeri WordPress.
  2. Tambahkan gambar ke galeri.
  3. Tampilkan galeri di area mana pun di website.

Di samping itu, kami juga akan menjabarkan tujuh plugin gallery WordPress terbaik yang menawarkan berbagai fitur unik bagi website Anda.

Langkah #1: Upload Gambar yang Anda Inginkan ke Galeri WordPress

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk membuat galeri WordPress adalah gambar atau foto. Di tutorial ini, sebagai contoh, kami akan menggunakan gambar anak anjing untuk mempermudah penjelasannya.

Pertama-tama, masuk ke dashboard WordPress dan buka tab Media > Library. Setelah tab terbuka, klik pilihan Add New yang ada di bagian atas:

Menambahkan Gambar Baru di Cara Membuat Gallery di WordPress

Klik Select Files untuk membuka folder atau file di komputer:

Opsi Select Files

Agar prosesnya lebih cepat dan ringkas, satukan dulu semua gambar yang ingin diupload ke dalam sebuah folder. Sebagai contoh, kami membuat folder yang dinamai puppies di komputer:

Folder Puppies

Jika Anda mengupload banyak gambar secara bersamaan, maka WordPress akan menampilkan progress masing-masing gambar:

Upload Banyak Gambar

Tunggu selama beberapa saat sampai proses unggahan semua gambar berhasil dilakukan. Waktu unggahan tergantung pada kecepatan internet serta ukuran (dan juga jumlah) gambar yang diupload.

Apabila proses unggahan memakan waktu yang lama, maka sebaiknya batalkan proses tersebut dan cobalah optimasi gambar sebelum menguploadnya kembali ke website. Gambar dengan resolusi tinggi memberikan tampilan akhir yang lebih optimal. Namun, biasanya gambar dengan definisi tersebut ‘berat’ untuk diload. Oleh karena itu, Anda harus meng-compress gambar tanpa mengurangi kualitasnya – proses ini disebut ‘optimasi gambar’.

Ada banyak plugin WordPress yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi gambar secara otomatis, dan juga aplikasi optimasi di web, seperti TinyPNG:

Meng-compress gambar dengan TinyPNG

Langkah #2: Menambahkan Gambar ke Galeri WordPress

Setelah semua gambar berhasil diupload, tentukan halaman di mana Anda ingin menampilkan galeri, kemudian bukalah dengan menggunakan WordPress editor (atau buat halaman baru).

Proses menambahkan galeri ke suatu halaman sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggerak-gerakkan kursor di area di dalam editor di mana Anda ingin menempatkan galeri. Setelah itu, klik Add Media:

Cara membuat album foto di WordPress

Layar baru akan muncul dan telah dilengkapi dengan opsi untuk menampilkan gambar dari media library, membuat galeri, atau membuat media playslist. Klik Create Gallery, kemudian buka tab Media Library:

Membuat library untuk galeri media

Klik semua gambar yang ingin Anda tampilkan di galeri. Setelah itu, pilih Create a new gallery.

Langkah #3: Menambahkan Galeri WordPress ke Website

Sampai di tahap ini, layar baru bernama Edit Gallery akan muncul dan menampilkan semua gambar yang telah Anda tambahkan di langkah #2. Pada layar ini, Anda dapat memilih berapa banyak kolom yang akan dimasukkan ke galeri, ukuran thumbnail, dan urutan gambar:

Mengedit Galeri

Anda juga dapat menambahkan caption ke masing-masing gambar, serta link jika memang gambar tersebut tertaut ke suatu situs. Secara default, WordPress akan mengarahkan visitor ke halaman file attachment apabila mereka mengklik salah satu gambar. Tampilannya seperti pada contoh di bawah ini:

File attachment

Setelah itu, klik Insert Gallery dan galeri gambar akan muncul di dalam WordPress editor:

Tampilan akhir galeri

Sayangnya, WordPress tidak memungkinkan Anda menampilkan galeri yang sama di halaman lain. Apabila hendak menggunakan galeri yang sama, maka Anda harus mengulangi prosesnya, yakni memilih gambar dan mengikuti pengaturan yang sama seperti galeri pertama dibuat. Untungnya, prosesnya tidak memakan waktu lama karena gambar sudah terupload di website.

Jika ingin menampilkan widget Gallery WordPress ke sidebar atau footer, buka tab Appearance > Widgets dan cari widget Gallery:

Widget Gallery

Drag widget tersebut ke sidebar atau footer, dan tempatkan di mana saja. Tambahkan gambar yang ingin Anda tampilkan di galeri:

Widget sidebar

Anda juga bisa menyertakan caption ke widget, dan memberi judul pada galeri:

Contoh sidebar

Klik Save untuk menyimpan semua perubahan yang dilakukan. Kini Anda sudah bisa melihat galeri di website:

Contoh front end sidebar

Hanya saja, cara membuat gallery di WordPress dengan menggunakan langkah-langkah default tidak serta-merta menjadikan galeri foto Anda kaya akan fitur. Agar galeri terlihat lebih profesional dan menarik, Anda harus menginstall plugin. Di bawah ini, kami akan membahas tujuh gallery plugin WordPress terbaik.

7 Plugin Gallery WordPress untuk Menampilkan Gambar

Sebenarnya, tidak ada yang kurang dari fitur galeri WordPress default. Hanya saja, jika Anda menginginkan berbagai fitur baru yang canggih, maka Anda harus menginstall plugin yang tepat. Berikut 7 plugin gallery WordPress yang layak masuk dalam daftar!

1. Photo Gallery by 10web

Photo Gallery by 10web adalah salah satu Plugin Gallery WordPress terbaik

Photo Gallery by 10web memperbarui sistem galeri WordPress secara keseluruhan. Plugin ini menyediakan berbagai layout, termasuk slideshow, compact albums, dan lain sebagainya. Bahkan plugin ini dapat digunakan untuk mengaktifkan efek lightbox yang akan menampilkan gambar berukuran penuh pada saat seseorang mengkliknya.

10 Web Mosaic

Dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan gambar dan juga video ke galeri yang sama. Bahkan tersedia berbagai macam opsi widget, tidak seperti yang ditawarkan WordPress secara default, hanya satu widget saja. Kesimpulannya, plugin ini merupakan opsi terbaik jika Anda ingin membuat galeri yang kaya akan fitur.

Fitur Unggulan:

  • Menyediakan layout yang unik untuk membuat galeri WordPress
  • Menambahkan gambar dan video ke galeri yang sama
  • Menyediakan efek lightbox untuk galeri WordPress
  • Menawarkan berbagai macam widget untuk membuat galeri

Harga: Versi dasar dari plugin ini bersifat gratis. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak efek, tema, widget, serta fitur lainnya, maka silakan upgrade ke versi premium.

2. Gallery by Robo

Gallery by Robo, salah satu gallery plugin WordPress

Gallery by Robo merupakan plugin pilihan yang wajib diinstall jika menginginkan kontrol penuh terhadap style dan sistem galeri Anda. Sama seperti plugin sebelumnya, plugin Gallery by Robo menyediakan beragam layout galeri. Selain itu, dengan plugin ini, Anda juga dapat menambahkan slideshow dan efek, mengkustomisasi pengaturan, dan menyertakan border di sekitar gambar.

Border pada Robo

Kelebihan lain dari plugin ini adalah mengatur kembali ukuran gambar (resize) secara otomatis pada saat proses upload berlangsung. Dengan pengaturan seperti ini, Anda dapat menghemat ruangan atau space karena sebagian besar situs tidak membutuhkan gambar yang berukuran sangat besar. Plugin ini pun memastikan bahwa semua galeri yang Anda buat bersifat mobile-friendly.

Karena kemudahan dan fleksibilitas kustomisasinya, Gallery by Robo merupakan plugin terbaik jika Anda ingin memaksimalkan setiap aspek di galeri situs.

Fitur Unggulan:

  • Tersedia berbagai layout untuk galeri WordPress
  • Adanya beragam tipe efek yang dapat diaplikasikan ke gambar.
  • Mengatur kembali ukuran gambar (resize) secara otomatis pada saat proses upload berlangsung.
  • Mengaktifkan lazy loading yang telah dilengkapi dengan banyak elemen pada galeri
  • Membuat galeri yang mobile-friendly tanpa harus melakukan proses atau langkah tambahan

Harga: Dengan versi gratis, Anda dapat membuat hingga tiga galeri atau Anda bisa membeli versi premiumnya seharga $30 untuk memperoleh lisensi tak terbatas atau unlimited.

3. GridKit Portfolio Gallery

GridKit Portfolio Gallery

Walaupun ada kata portfolio di namanya, plugin ini dapat Anda gunakan untuk membuat galeri apa pun di WordPress. Selain foto dan gambar, plugin GridKit Portfolio Gallery juga memperbolehkan Anda untuk menyertakan video dari berbagai sumber dan produk WooCommerce. Di samping itu, plugin ini telah dilengkapi dengan opsi sharing di media sosial sehingga visitor dapat memperlihatkan galeri Anda ke rekan dan juga teman virtual mereka.

Contoh penggunaan GridKit Portfolio Gallery

Sama seperti plugin yang telah kami bahas sebelumnya, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk membuat galeri yang mobile-friendly. Bahkan plugin ini merupakan salah satu opsi terbaik bagi Anda yang ingin menampilkan logo klien, membuat area team member, dan masih banyak lagi. Kesimpulannya, jika Anda mencari plugin galeri yang sangat fleksibel, maka GridKit Portfolio Gallery adalah pilihan terbaik.

Fitur Unggulan:

  • Membuat galeri gambar dan video
  • Menampilkan produk WooCommerce di galeri
  • Membuat area team member
  • Tersedia berbagai tipe layout galeri

Harga: GridKit merupakan plugin gratis. Jika ingin memperoleh tambahan fitur premium, maka Anda harus mengupgradenya ke versi berbayar.

4. Responsive Lightbox & Gallery

Plugin Responsive Lightbox & Gallery

Sampai di sini, plugin yang sudah kami bahas sebelumnya adalah tool yang memberi perubahan besar dan signifikan terdapat sistem galeri WordPress. Namun, Responsive Lightbox & Gallery merupakan plugin yang berbeda. Plugin ini mudah digunakan. Dengan Responsive Lightbox & Gallery, Anda dapat membuat galeri yang responsif dan juga memiliki fitur serta fungsionalitas lightbox.

Contoh penggunaan plugin Responsive Lightbox & Gallery

Responsive Lightbox & Gallery memungkinkan Anda untuk mengonfigurasikan cara kerja lightbox, memilih tiga layout dasar untuk galeri, dan menggunakan widget untuk menempatkan gambar atau foto di mana pun Anda inginkan. Responsive Lightbox & Gallery adalah salah satu gallery plugin WordPress yang paling intuitif yang pernah kami coba. Bahkan plugin ini merupakan tool yang menawarkan sejumlah kemudahan.

Fitur Unggulan:

  • Membuat galeri yang mudah digunakan dan mobile-friendly
  • Tersedia tiga layout dasar dan sederhana untuk galeri gambar
  • Mengonfigurasikan pengaturan galeri lightbox

Harga: Plugin ini dapat diinstall dengan gratis melalui WordPress Plugin Directory. Untuk membeli ekstensinya, silakan akses website developer plugin ini.

5. Video Gallery – YouTube Gallery

Plugin Video Gallery – YouTube Gallery

Ada banyak plugin yang memungkinkan Anda untuk menambahkan video ke galeri WordPress. Namun, hanya sedikit saja yang benar-benar berfokus pada galeri video.

Contoh penggunaan plugin Video Gallery – YouTube Gallery

Dengan Video Gallery – YouTube Gallery, Anda dapat membuat koleksi video yang responsif. Anda juga dapat memasang link keluar ke beberapa platform video, termasuk YouTube dan Vimeo, menambahkan efek ke thumbnails, menyertakan lightbox, dan masih banyak lagi. Di samping itu, Anda juga dapat menempatkan galeri video di mana saja di situs menggunakan sistem shortcode sederhana.

Fitur Unggulan:

  • Memasang video dari YouTube, Vimeo, atau file di situs Anda
  • Menempatkan galeri video secara manual atau dengan menggunakan shortcode
  • Tersedia berbagai tema dan layout untuk galeri

Harga: Plugin ini sepenuhnya gratis.

6. Photo Gallery

Plugin Photo Gallery

Meskipun namanya tidak seunik plugin yang lain, Photo Gallery tetap menjadi salah satu pilihan terbaik yang kami punya. Plugin ini menawarkan all-in-one approach ke galeri WordPress dan juga sejumlah fitur yang ada di plugin lain.

Contoh penggunaan plugin Photo Gallery

Sebagai contoh, dengan tool ini, Anda dapat menambahkan hover dan efek transisi ke galeri gambar. Bahkan plugin ini juga men-support pembagian atau kategorisasi gambar dan navigasi galeri sehingga pengecekan library lebih mudah. Di atas semuanya ini, Photo Gallery dilengkapi dengan opsi untuk menambahkan video ke galeri, mengaktifkan lazy load gambar, serta menawarkan fitur share di media sosial.

Singkatnya, jika Anda hanya ingin mengatur tampilan dan cara kerja sistus, maka plugin ini jangan sampai dilewatkan. Dengan Photo Gallery, Anda dapat mengedit berbagai aspek di galeri.

Fitur Unggulan:

  • Menambahkan hover dan efek transisi ke galeri
  • Mengategorisasikan gambar dan memudahkan navigasi yang ada di galeri WordPress
  • Menambahkan video dan opsi sharing ke media sosial di galeri WordPres
  • Mengaktifkan lazy loading

Harga: Versi gratis dari plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat hingga dua galeri dan menempatkannya ke postingan atau halaman tertentu. Sementara itu, versi premiumnya memungkinkan Anda untuk membuat galeri sebanyak apa pun, unlimited, dan bisa menempatkannya di mana saja bahkan telah dilengkapi dengan bantuan tambahan.

7. Envira Gallery

Plugin Envira Gallery

Envira Gallery adalah salah satu plugin yang menawarkan fitur yang paling user-friendly. Sebagai contoh, tool ini memiliki galery-building wizard sehingga pembuatan galeri menjadi lebih mudah.

Wizard Envira Gallery

Envira Gallery bertujuan untuk membantu Anda membuat banyak galeri dan mengonfigurasikannya dengan mudah. Selain itu, plugin ini juga menawarkan template galeri WordPress, fungsionalitas slideshow, dan fitur sharing media sosial. Apabila Anda mencari gallery WordPress plugin yang mudah digunakan, maka Envira Gallery adalah salah satu pilihan terbaik.

Fitur Unggulan:

  • Membuat galeri WordPress dengan menggunakan wizard bawaan
  • Memiliki banyak template galeri
  • Membuat slideshow gambar
  • Menambahkan fitur sharing media sosial ke galeri
  • Extend fungsionalitas plugin dengan menggunakan add-ons.

Harga: Anda bisa menginstall versi gratisnya atau membeli versi premiumnya untuk menikmati berbagai fitur tambahan, support, dan bahkan opsi untuk membuat CSS.

Kesimpulan

Galeri WordPress adalah elemen yang sederhana namun sangat berguna. Cara membuat gallery di WordPress pun mudah meskipun memang memerlukan waktu yang tak sedikit dalam memilih gambar atau foto yang tepat yang ingin diunggah. Setelah galeri berhasil dibuat, tentukan area di mana Anda ingin menampilkan gambar tersebut. Anda juga bisa menginstall plugin gallery WordPress yang dedicated untuk memaksimalkan opsi kustomisasi.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara membuat album foto di WordPress? Silakan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln