Domain Email

Cara Membuat Email Pribadi (dan Install Aplikasi Mail)

Email sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari komunikasi dan marketing online. Di artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat email dengan domain sendiri agar bisnis Anda berjalan mulus dan kepercayaan konsumen semakin meningkat. Di samping itu, kami juga akan membahas sejumlah cara konfigurasi aplikasi email sehingga Anda dapat mengelola dan mengatur semua pesan baru yang masuk ke inbox dengan lebih efisien.

Keberadaan perangkat mobile yang kian menjamur sekarang ini memudahkan siapa pun dalam mengecek kotak masuk mereka. Mereka tak harus mengaktifkan laptop atau komputer terlebih dulu untuk membaca pesan masuk. Kemajuan teknologi ini sangat menghemat waktu, bukan? (fun fact: lebih dari setengah jumlah email yang dikirim dan diterima oleh orang-orang di dunia dilakukan melalui smartphone).

Hingga saat ini, lebih dari 90% populasi orang dewasa di Amerika Serikat mengaku menggunakan email setiap hari. Berdasarkan fakta ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa menerapkan email marketing bisa menjadi metode paling jitu untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Bagi pemilik bisnis, email merupakan salah satu tool komunikasi terbaik yang dapat digunakan untuk menjembatani konsumen dan partner. Karena itulah, penting bagi pelaku bisnis untuk memiliki email pribadi yang profesional. Salah satu caranya adalah membuat email dengan domain sendiri (contoh, john@mydomain.com) alih-alih email gratis yang sangat umum tampilannya (misalnya, john@gmail.com). Dengan membuat email pribadi, Anda akan:

  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand – email dengan nama doman sendiri akan meningkatkan kredibilitas.
  • Memiliki kontrol lebih – manajemen email lebih mudah, Anda bebas membuat dan menghapus mailbox!
  • Mempromosikan bisnis – orang-orang pasti ingin mencari tahu lebih dalam tentang apa yang website Anda tawarkan.

Tanpa basa-basi lagi, kami akan membahas cara membuat email sendiri dengan nama domain di bawah ini.

Langkah 1: Buat dan Daftarkan Nama Domain

Cara membuat email dengan domain sendiri

Langkah pertama dalam pembuatan email pribadi adalah dengan mendaftarkan nama domain. Di Hostinger, tersedia fitur cek domain untuk mengecek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Harga domainnya sendiri dimulai dari Rp. 10.819!

Cek domain

Masukkan nama domain yang ingin didaftarkan ke tool cek domain. Tunggu beberapa saat sampai tool tersebut menampilkan beberapa opsi nama domain yang tersedia.

Hasil cari nama domain

Untuk informasi selengkapnya, silakan baca tutorial kami mengenai cara beli domain.

Tahukah Anda kalau kami menyediakan domain gratis untuk pembelian paket hosting Premium atau Bisnis dengan durasi 12 bulan atau kelipatannya? Dapatkan web address, hosting, dan layanan email hanya dengan sekali pembelian!

Cek Penawaran

Anda juga bisa menggunakan nama domain yang dimiliki saat ini. Tambahkan domain tersebut ke akun hosting dan arahkan DNS ke server Hostinger. Atau transfer nama domain ke Hostinger (metode ini opsional).

Transfer nama domain ke Hostinger

Langkah 2: Pilih Provider Email Hosting

Cara membuat email pribadi

Setelah mendaftarkan nama domain, langkah selanjutnya adalah memilih email hosting. Selain paket hosting reguler, Hostinger juga menawarkan layanan Email Hosting. Sebenarnya, masih banyak provider yang menyediakan layanan yang sama. Namun kami memberikan yang terbaik bagi para konsumen! 😉

Berikut dua hal yang Anda butuhkan untuk buat email pribadi:

  1. Hostinger email default. Semua paket web hosting di Hostinger dilengkapi dengan fitur email. Anda bahkan tak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut.
  2. Layanan email premium. Anda juga bisa memilih layanan email hosting premium yang menawarkan fitur tambahan, volume pengiriman email yang lebih banyak, dan berbagai tool untuk meningkatkan alur kerja.

Bagi user premium Hostinger, email premium dapat dicari di Power Store yang ada di member area.

Layanan email di Hostinger

Jika Anda hanya membutuhkan email hosting, layanan premium adalah opsi terbaik yang harus dimanfaatkan. Namun, jika di saat bersamaan Anda juga berencana untuk membuat website, maka kami rekomendasikan paket web hosting standar yang menawarkan berbagai opsi, fitur, dan kemudahan.

Langkah 3: Cara Membuat Email Pribadi dengan Domain Sendiri

Cara membuat email sendiri

Cara membuat email sendiri tentu berbeda-beda, tergantung pada layanan mail yang dipilih.

Hostinger Email

Karena semua paket web hosting kami menyertakan email secara default, maka yang perlu Anda lakukan adalah memastikan domain telah diarahkan dengan benar. Setelah itu, buat kotak email dan gunakan sejumlah tool terkait yang ada di control panel.

Tool manajemen email

Untuk membuat akun email, buka Email Accounts dan cari tool yang dibutuhkan.

Membuat akun email

Selesai! Anda sudah bisa mulai menggunakan email pribadi yang baru saja dibuat.

Layanan Email Premium

Di sini kami menawarkan tiga pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Jika untuk saat ini Anda belum berencana menggunakan hosting, layanan email premium bisa dijadikan solusi. Kelebihan dari menggunakan email premium adalah Anda tidak perlu membuat akun web hosting.

Layanan Email Bisnis

Layanan ini merupakan solusi dengan harga bersahabat tapi kaya akan tool powerful yang memungkinkan Anda untuk melakukan email marketing.

Deskripsi email business

Segera setelah membeli layanan ini, setup wizard akan muncul di control panel.

Setup email business

  1. Klik dan jalankan setup wizard. Masukkan nama domain dan ubah informasi DNS.
  2. Apabila domain diarahkan ke Hostinger, maka proses selanjutnya dilakukan secara otomatis.
  3. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman manajemen. Di halaman ini, Anda dapat membuat kotak email dan mengakses webmail.

Panel email business

Layanan Enterprise Email

Layanan ini menawarkan tool ekstra dan limit pengiriman email yang lebih banyak. Enterprise email didesain khusus untuk bisnis berskala besar.

Enterprise Email

Proses pembuatan email dengan layanan ini hampir sama dengan layanan Email Bisnis.

Setup email enterprise

  1. Tambahkan domain, kemudian ubah DNS zone.
  2. Apabila domain Anda diarahkan ke nameserver Hostinger, maka kami akan mengubah DNS secara otomatis.
  3. Anda sudah bisa membuat akun email dan mencoba mengirim email.

Panel Email Enterprise

GSuite

GSuite merupakan tool mail yang powerful dan dikembangkan oleh Google (tool ini juga tersedia di platform kami).

Deskripsi GSuite

Segera setelah menginstall tool ini, setup wizard akan muncul di control panel.

Setup GSuite

  1. Apabila domain diarahkan ke Hostinger, maka semua MX record yang diperlukan akan ditambahkan secara otomatis.
  2. Jika tidak diarahkan ke Hostinger, maka Anda harus mengubah Google MX record secara manual.
  3. Setelah itu, buka panel manajemen untuk membuat akun email admin dan mengelolanya.

Panel GSuite

Klik opsi Create yang berwarna hijau untuk memulai setup administrative mailbox.

Membuat akun email GSuite

Setelah memasukkan semua informasi yang dibutuhkan, buka akun admin yang baru saja dibuat.

Membuka akun admin GSuite

Verifikasi domain di Google dan selesaikan proses setup agar bisa menggunakan layanan email.

Verifikasi domain Google berhasil

Langkah 4: Konfigurasikan Alamat Email

Membuat email dengan domain sendiri

Sebelum mulai mengirim email ke banyak akun, akan lebih baik untuk melakukan personalisasi terhadap alamat email terlebih dulu. Hal ini untuk memberi kesan lebih dekat dengan konsumen, serta meningkatkan kepercayaan mereka.

  • Bagi pemilik bisnis, buatlah email untuk beberapa keperluan (misalnya, contact@contoh.com atau support@contoh.com).
  • Untuk outreach, maka Anda butuh sesuatu yang berbeda. Personalisasi email adalah salah satu langkah terbaik agar kampanye marketing berjalan lancar. Buatlah email, seperti namapertama@contoh.com atau namapertama.namaterakhir@contoh.com.

Menurut suatu penelitian terhadap aktivitas email, sekitar 60% pengguna email melihat keterangan from untuk memutuskan apakah sebaiknya membaca pesan elektronik tersebut atau mengacuhkannya.

Poin lain yang layak dipertimbangkan agar email memiliki kesempatan besar untuk dibaca oleh konsumen adalah karateristik bisnis Anda (signature). Tambahkan informasi penting mengenai perusahaan, misalnya informasi kontak dan logo, ke email untuk meningkatkan brand visibility dari bisnis Anda.

Berikut beberapa tool gratis yang dapat digunakan untuk membuat email signature yang menarik dan profesional:

Buka pengaturan email dan paste-kan alamat email yang sudah dibuat. Jika, misalnya, Anda menggunakan webmail Hostinger, maka semua tindakan dilakukan di area Webmail > Settings > Identities.

HTML Email Signature

Langkah 5: Menginstall Aplikasi Email

Buat email pribadi

Apabila Anda punya banyak akun email, maka menginstall aplikasi email adalah salah satu cara terbaik untuk mengelolanya hanya dari satu tempat. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara mengonfigurasikan aplikasi Thunderbird atau Mac Mail (dan cara menemukan informasi atau detail yang dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi).

Mencari pengaturan server IMAP/POP3 dan SMTP

Pertama-tama, masuk ke control panel hosting. Pengaturan konfigurasi berbeda-beda tergantung pada layanan email yang dipilih. Berikut pembahasan singkat mengenai cara untuk menemukan pengaturan yang Anda perlukan.

Email Hostinger

Buka Email Accounts yang ada di bawah kategori Emails. Scroll ke bawah dan Anda akan lihat tabel Email Details dengan semua pengaturan mail server.

Contoh informasi email server Hostinger

Business/Enterprise Email

Buka interface Webmail dan masuk ke akun email.

Buka Webmail

Buka Settings, caranya adalah dengan memperbesar tampilan menu di sudut kanan atas (disimbolkan dengan tiga garis horizontal berwarna putih dengan warna latar biru).

Klik tab Accounts. Setelah itu, klik opsi Edit untuk melihat informasi mail server yang masuk dan keluar.

Email masuk dan keluar enterprise business mail server

GSuite

Buka dan log in Gmail. Klik ikon roda gigi yang ada di sisi kanan atas layar dan pilih Settings. Cari tab Forwarding and POP/IMAP.

Aktifkan IMAP dan simpan perubahan yang dilakukan. Area tambahan yang memuat pengaturan konfigurasi aplikasi email akan muncul.

Konfigurasi aplikasi email GSuite

Untuk informasi selengkapnya, silakan baca panduan resmi Google mengenai setup IMAP.

Menambahkan Mailbox ke Aplikasi Email

Setelah mendapatkan semua detail mail server yang masuk dan keluar, maka langkah terakhir adalah menambahkan informasi tersebut ke aplikasi email. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan detail mail server ke dua aplikasi email terpopuler: Thunderbird dan Mac Mail.

Thunderbird

Buka aplikasi Mozilla Thunderbird. Di bawah tab Accounts, klik opsi Email.

Tambahkan akun email ke Thunderbird

Masukkan informasi umum: nama, alamat email, dan password.

Setup aplikasi mail Thunderbird

Kemudian masukkan value incoming/outgoing mail server dan ports. Berikut tampilannya jika menggunakan layanan email default milik Hostinger.

Setup aplikasi mail Thunderbird

Selesai! Anda kini sudah bisa mengirimkan email dan mengelola semuanya langsung dari aplikasi Mozilla Thunderbird.

Mac Mail

Masuk ke aplikasi Mac Mail dan buka Mail > Preferences > Accounts. Klik simbol “+” untuk membuat akun email baru. Tampilannya seperti pada screenshot di bawah ini:

Setup aplikasi Mac Mail

Untuk langkah pertama, masukkan informasi dasar: nama, alamat email, dan password.

Setup aplikasi Mac Mail 2

Kemudian masukkan value incoming/outgoing mail server dan ports, seperti yang digunakan di aplikasi Mozilla Thunderbird. Setelah itu, klik opsi Sign In yang berwarna biru untuk menyelesaikan proses setup.

Setup aplikasi Mac Mail 3

Selamat! Sekarang Anda sudah bisa mengelola dan mengatur semua mailbox secara efektif hanya dari satu tempat.

5 Tips untuk Memperoleh Performa dan CTR Email Terbaik

Mengirimkan banyak email dalam sekali klik memang bukan perkara yang sulit. Hanya saja, mempersiapkan email dengan konten serta campaign berkualitas membutuhkan usaha dan dedikasi.

Berikut beberapa tips untuk menaikkan performa dan click-through-rate email:

  1. Perbaiki kolom subjek. Meskipun terkesan sepele, subjek memainkan peranan yang cukup besar terhadap performa email. Menurut suatu penelitian tentang email, sekitar 70% pengguna melaporkan email sebagai spam hanya dengan membaca subjek saja.
  2. Personalisasi email. Dengan menambahkan nama penerima di kolom subjek atau badan teks, maka Anda memperbesar kemungkinan email untuk dibaca. Jangan berhenti sampai di sini saja. Gunakan kesempatan ini untuk lebih mengenal audiens dan lakukan optimasi konten agar sesuai kebutuhan mereka.
  3. Tambahkan CTA. Idealnya, user yang membaca email Anda akan melakukan sebuah aksi. Inilah yang menjadi tujuan dari pembuatan marketing campaign. Oleh karena itu, membuat CTA yang meyakinkan sangatlah penting demi tercapainya visi dan misi Anda.
  4. Buat email yang mobile-friendly. Menurut sebuah artikel yang ditulis di CampaignMonitor, konversi pengguna smartphone lebih baik daripada mereka yang membuka email melalui komputer atau laptop. Bahkan orang-orang kini lebih suka membuka dan membaca email melalui smartphone daripada dengan komputer.
  5. Periksa email sebelum dikirimkan. Karena ada banyak hal yang harus diatur dan disesuaikan, maka mengirim email uji coba ke email Anda yang lain merupakan tindakan yang sangat diperlukan. Pastikan Anda juga mengecek bagaimana tampilan email jika dibuka di smartphone!

Kesimpulan

Sampai di sini, Anda sudah tahu cara membuat email dengan domain sendiri untuk mempromosikan bisnis yang digeluti. Menjangkau konsumen dengan metode email marketing membutuhkan waktu yang lama. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih paket email hosting dan buat email pribadi sekarang!

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln