WordPress

Cara Membuat Blog

Bagaimana cara membuat blog? Pertanyaan ini kerap kali didengar atau bahkan diterima oleh para webmaster. Jika Anda sedang mencari informasi lengkapnya, maka tutorial ini akan menjelaskan secara rinci mengenai cara bahkan metode apa saja untuk membuat blog.

Sekarang ini hampir semua orang ‘diharuskan’ untuk memiliki blog. Bisnis online sederhana, toko online, atau blog personal, semuanya bisa dituangkan dalam bentuk blog atau website. Di sisi lain, blogging juga bisa memberikan manfaat untuk Anda:

  1. Mengembangkan diri dan kemampuan. Sebagian besar orang memilih membuat blog sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan ide mereka dan juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Blog yang dibuat dan dikembangkan dengan baik mampu menunjukkan level kemampuan dan pengetahuan Anda, terlebih jika ingin mencari pekerjaan atau menjadi seorang pekerja lepas.
  2. Semakin banyak orang yang tahu dan mengenal brand Anda. Meningkatkan awareness terhadap brand Anda adalah salah satu hal terpenting dalam mengelola bisnis online baik yang kecil maupun besar. Dengan eksekusi yang tepat, popularitas bisinis online Anda akan semakin menanjak.
  3. Blog berpotensi untuk menjadi platform akuisisi user. Berbicara tentang mendapatkan lebih banyak user baru, sebagian besar saluran atau channel akuisisi mengharuskan Anda untuk menginvestasikan sejumlah uang (misalnya, GoogleAds). Membuat blog membutuhkan waktu dan usaha, tapi setelah traffic yang masuk ke situs cukup banyak, maka keuntungan akan bisa Anda dapatkan. Platform yang solid dan konversi yang meningkat bukan lagi sekadar angan belaka.
  4. Semakin sering muncul di mesin pencari. Blogging merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan pencarian organik. Perlu diingat, mempertahankan aliran traffic yang stabil tapi cepat merupakan hal terpenting untuk website apa pun yang dionlinekan.

Meskipun membutuhkan dedikasi, waktu, dan persiapan yang tepat, Anda sudah berada di jalan yang benar jika sedang mencari tahu berbagai hal untuk mulai mengonlinekan blog!

Di artikel ini, kami akan membahas apa pun yang Anda butuhkan untuk membuat dan mengonlinekan blog yang nantinya mendatangkan keuntungan dan traffic dalam jumlah besar. Hal-hal yang akan kami uraikan adalah:

  • Mana platform blogging terbaik untuk blog baru?
  • Bagaimana cara memilih web hosting yang bagus?
  • Bagaimana cara membuat blog dan berhasil menarik lebih banyak pengunjung?

Agar terlihat lebih profesional, buatlah blog di web hosting. Manfaatkan kupon spesial untuk pembelian hosting di Hostinger. Jaminan 30 hari uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan kami!

Penawaran Terbatas – Buat Blog Sekarang Juga dengan Memanfaatkan Diskon 58%

 

Cara Membuat Blog (dengan 6 Langkah Mudah)

Cara membuat blog dengan 6 langkah mudah

Proses dan cara membuat blog terdiri atas 6 langkah, yakni:

  1. Memilih niche blog;
  2. Memilih platform blogging;
  3. Memilih web hosting;
  4. Mendaftarkan nama domain;
  5. Mengaktifkan platform blogging;
  6. Mempublish konten dan mengembangkan blog.

Kami akan membahasnya satu per satu beserta tips membuat website blog yang unik dan berbeda!

Langkah 1: Memilih niche blog

Jika Anda ingin menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis, maka buatlah blog yang berisikan tentang layanan, produk, dan tujuan perusahaan. Orang-orang pun akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang visi dan misi serta layanan yang Anda tawarkan.

Tersedia juga beragam pilihan platform bagi Anda yang ingin membuat website pribadi atau sederhana. Pun berbagai hal bisa dijadikan berita dan informasi. Mulai dari tema perjalanan, teknologi, berita, hingga makanan, musik, dan sepatu – ada banyak sekali topik yang bisa dijadikan pembahasan utama blog.

Memilih niche blog tidak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi dengan terburu-buru. Lakukanlah riset dan perbandingan terlebih dulu. Dengan begini, Anda tidak akan kesulitan mencari niche blog yang tepat.

Tulislah yang Anda sukai. Pada akhirnya, melakukan sesuatu berdasarkan hobi dan kesukaan akan memberikan hasil yang lebih baik. Dan sudah pasti pembaca atau pengunjung setia blog Anda akan merasa puas.

Jangan berhenti jika sampai sekarang Anda belum tahu topik apa yang harus dibahas di blog Anda. Sebagian besar blog yang sukses di dunia internet mencoba segala pendekatan dan topik sebelum akhirnya memperoleh jumlah traffic yang tinggi dan menuai keuntungan yang banyak.

Saran kami, cobalah terus dan jangan takut gagal!

Langkah 2: Memilih platform blogging

Selanjutnya, pilih platform di mana Anda akan menulis dan menerbitkan konten. Karena blog memuat konten, gunakan sistem manajemen konten (CMS).

Dengan memilih CMS untuk menjadi platform blogging, Anda bisa:

  1. Setup blog tanpa harus memahami coding atau bahasa pemrograman.
  2. Menulis dan mempublish konten baru.
  3. Fokus pada penulisan daripada mengkhawatirkan berbagai aspek teknis.
  4. Kemudahan dalam menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan modul.
  5. Mengonfigurasikan tampilan desain dengan memanfaatkan kumpulan tema gratis.

Belakangan ini, sistem manajemen konten menjadi populer. CMS telah menjadi platform bagi hampir semua website di internet.

Statistik penggunaan CMS

Seperti yang disebutkan pada gambar di atas, ada banyak pilihan CMS. Dan beberapa di antaranya populer di kalangan user atau pemilik website.

Tiga platform blogging terbaik yang kami rekomendasikan adalah:

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal

Kabar baiknya, Anda bisa menginstall ketiga platform terbaik tersebut di Hostinger hanya dengan sekali klik. Bahkan Anda tak perlu melakukan langkah-langkah berbau teknis lainnya!

Kami akan membahas lebih jauh tentang masing-masing CMS di atas untuk memudahkan Anda memilih platform terbaik bagi blog Anda.

WordPress

Cara membuat blog di WordPress

Dikenal sebagai salah satu CMS populer dan paling banyak digunakan, WordPress merupakan platform yang solid untuk membuat blog. Sistem manajemen konten ini sangat mudah di-setup, digunakan, bahkan pengelolaannya tidak mengharuskan Anda untuk memahami coding atau bahasa pemrograman lainnya!

Supaya Anda tahu, kami menggunakan WordPress sebagai platform untuk blog dan tutorial Hostinger.

KelebihanKekurangan
Mudah dikelola oleh pemula.Terlalu sering update.
Banyak plugin dan tema gratis.Melakukan maintenance secara berkala.
Manajemen yang mudah dan SEO friendly.

Joomla

CMS Joomla

Joomla merupakan salah satu platform open source bagi banyak blog di internet. Bahkan CMS ini dikenal sebagai salah satu saingan WordPress terbesar.

Untuk mengaktifkan CMS ini, Anda tidak harus menguasai bahasa pemrograman sehingga janganlah heran jika proses penginstallannya cepat. Bahkan beberapa user mengatakan bahwa mempublish konten di Joomla lebih mudah jika dibandingkan dengan platform lain. Namun, semua ini tergantung pada persepsi dan pengalaman masing-masing.

Dengan beragamnya ekstensi dan plugin gratis, Joomla adalah tempat yang tepat untuk membuat blog apa pun yang Anda inginkan.

KelebihanKekurangan
Cocok bagi pemula.Kurang fleksibel jika dibandingkan dengan WP atau Drupal.
Dashboard admin yang intuitif.Sistem keamanan pernah bermasalah.
Multibahasa (lebih dari 70 bahasa).

Drupal

Pengenalan CMS Drupal

Sebagai salah satu sistem manajemen konten tingkat lanjut, Drupal memiliki tempat yang khusus di hati para developer.

Drupal menawarkan opsi kustomisasi terbaik jika ingin menerapkan fitur yang lebih kompleks. Meskipun memang Anda harus tahu cara menggunakannya.

Jika Anda sudah familiar dengan coding dan ingin membuat blog yang lebih fleksibel, maka Drupa adalah jawabannya!

KelebihanKekurangan
Cocok untuk para developer.Learning curve yang lebih sulit.
Memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsi yang lebih kompleks.Mengharuskan pemahaman akan hal-hal yang teknis.
Fleksibel dan aman.Komunitas lebih kecil.

Langkah 3: Memilih web hosting

Cara membuat blog dengan memilih web hosting terlebih dulu

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan jika ingin memilih platform hosting untuk blog:

  • Berapa banyak traffic yang Anda inginkan?
  • Seberapa cepat proses setupnya?
  • Apakah disediakan bantuan?
  • Fitur apa saja yang disediakan untuk membuat tampilan blog Anda canggih dan profesional?
  • Berapa biayanya?

Untungnya, Anda tidak perlu lagi mencari hosting terbaik karena kami sanggup menyediakan apa yang Anda butuhkan!

Di Hostinger, selama bertahun-tahun, kami menyediakan infrastruktur server terbaik dan sempurna demi kenyamanan dan pengalaman menyenangkan saat blogging.

Dengan control panel yang terus-menerus dikembangkan oleh tim Hostinger, Anda bisa menginstall platform blog hanya dengan satu kali klik. Kapan pun Anda membutuhkan bantuan, tim support kami akan selalu ada 24/7.

Sebagai permulaannya, manfaatkan kupon diskon spesial dan mulailah membuat dan mengonlinekan blog sekarang juga!

Penawaran Terbatas – Buat Blog Sekarang Juga dengan Memanfaatkan Diskon 58%

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhitungkan jenis hosting yang hendak digunakan, tentu saja tergantung pada skala proyek yang dibuat. Mari kita lihat beberapa di antaranya!

Shared Hosting

Membuat blog di shared hosting

Sebagai salah satu jenis hosting terbaik untuk mengonlinekan website atau blog, shared hosting dapat digambarkan sebagai transportasi umum atau asrama murid.

Di shared hosting, berbagai website berada di bawah naungan satu server fisik. Semua resourcenya (seperti disk space, RAM, bandwidth) dibagi di antara masing-masing situs dari satu pool.

Secara sistematis, server-server tersebut dioptimasi dan dimonitor setiap saaat untuk memastikan bahwa semua website memiliki performa dan kecepatan terbaik!

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang shared hosting:

KelebihanCons
Murah dan mudah digunakan.Harus berbagai server resource dengan user lain.
Uptime serta update server ditangani oleh provider hosting.Opsi konfigurasi yang terbatas.
Bantuan pelanggan 24/7.Tidak ada akses root.
Memiliki fitur 1-click untuk menginstall platform blogging.

Cloud Hosting

Membuat blog di Cloud Hosting

Ditujukan untuk pemilik bisnis dan proyek yang lebih besar, cloud hosting menyediakan power dari virtual server dengan tetap mempertahankan kemudahan yang ditawarkan oleh shared web hosting.

Jenis hosting ini merupakan platform yang solid dan andal bagi siapa pun untuk membuat blog karena Anda akan memperoleh banyak resource guna meng-handle sebanyak apa pun traffic yang mengarah ke situs Anda.

Selain itu, semua resource-nya didedikasikan hanya bagi Anda sehingga banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan website.

KelebihanKeuntungan
Resource dan alamat IP yang dedicated.Lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis hosting lain.
Bantuan pelanggan 24/7.Opsi konfigurasi terbatas.
Resource yang sepenuhnya didedikasikan bagi Anda.Tidak ada akses root.
Memiliki fitur 1-click untuk menginstall platform blogging,
Bisa dengan mudah diupgrade dari shared hosting.

VPS Hosting

Membuat blog di VPS hosting

VPS, singkatan dari virtual private server, merupakan pilihan hosting yang unik karena membuat pemiliknya lebih bebas dalam mengendalikan websitenya.

Bagi Anda yang belum begitu paham dengan manajemen server, jenis hosting ini sedikit sulit untuk digunakan.

Jika Anda ingin membuat blog atau situs sederhana, maka VPS bukanlah jawabannya. Kami rekomendasikan Anda untuk memilih hosting lain, misalnya shared hosting.

Namun, jika Anda hendak mengonlinekan beberapa website sekaligus, maka memiliki virtual server adalah suatu keharusan dalam membangun platform yang sempurna dan canggih.

KelebihanKekurangan
Menyediakan akses root.Mengharuskan penggunanya memiliki pengetahuan teknis.
IP dan resource yang dedicated.User wajib memiliki keahlian manajemen server.
Lebih fleksibel jika dibandingkan dengan semua paket hosting yang ada.Unmanaged.
Anda memiliki kendali dalam mengontrol server.Memiliki learning curve yang lebih sulit.
Anda bisa mengubah pengaturan di sisi server.

Langkah 4: Mendaftarkan nama domain

Mendaftarkan nama domain

Setiap website disertai dengan alamat, demikian juga dengan blog atau website Anda. Memilih nama domain memang bukan hal yang mudah, tapi semua ini bisa dilakukan dengan cepat di Hostinger!

Di Hostinger, jika Anda membeli paket web hosting dengan durasi 12 bulan atau kelipatannya, maka Anda akan mendapatkan nama domain .com; .net; .org; .id; atau .xyz gratis di tahun pertama pembelian.

Anda juga bisa membeli nama domain secara terpisah di halaman domain murah milik kami. Manfaatkan tool mencari domain. Ketikkan nama domain yang Anda inginkan di kolom pencarian dan Anda akan melihat nama domain yang tersedia dan yang sudah digunakan oleh user lain.

Mencari nama domain dengan tool khusus

Beli juga ekstensi domain populer termurah mulai dari Rp. 13.212, termasuk:

  • .xyz
  • .com
  • .co.id
  • .id

Jika ingin informasi lebih lanjut, bacalah tutorial kami tentang cara membeli domain di Hostinger.

Langkah 5: Mengaktifkan platform blogging

Mengaktifkan platform blogging

Setelah membeli dan mengaktifkan web hosting serta nama domain, maka langkah selanjutnya adalah mendesain dan mengelola situs Anda.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada tiga platform blogging terbaik yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini, kami akan membahas satu per satu dari cara membuat blog pada ketiga platform tersebut.

Membuat Blog di WordPress

Karena WordPress banyak digunakan, mari kita terlebih dulu membahas CMS ini.

Instalasi

Setup WordPress terbilang mudah, apalagi jika Anda mengaktifkannya di Hostinger. Anda hanya perlu membuka opsi Auto Installer yang ada di control panel.

menginstall blog WordPress

Pilih WordPress dan ikuti tiga langkah sederhana untuk setup wizard.

Mengisis informasi yang dibutuhkan untuk menginstall WordPress

Admin Area

Agar manajemen blog lebih mudah, WordPress menyediakan dashboard yang intuitif.

Anda bisa mengakses dashbord dengan mengetikkan domainanda.com/wpw-admin di browser.

Tampilan admin area WordPress

Tema

Di bagian Appearance, Anda akan melihat banyak tema gratis. Pilihlah tema yang Anda sukai.

Menu Appearance WordPress

Jika kesulitan memilih mana tema terbaik, Anda bisa membaca terlebih dulu artikel kami tentang tema WordPress gratis.

Plugin

Bagian Plugins menawarkan kumpuln ekstensi gratis. Anda bisa mengasumsikan plugin tersebut sebagai add-on yang mengembangkan fungsionalitas blog.

Direktori plugin WordPress

Sama seperti tema, plugin yang ditawarkan pun tidak berbayar alias gratis!

Berikut 3 plugin terpenting yang harus dimiliki oleh setiap blog:

  1. Yoast SEO, memudahkan Anda untuk mengoptimasi post agar lebih SEO friendly.
  2. Akismet Anti-Spam, menjaga kolom komentar Anda tetap bersih dari spam.
  3. Jetpack, memiliki berbagai fitur yang terkait dengan keamanan, performa, statistik, dan masih banyak lagi!
Membuat post dan halaman blog

Seperti namanya, bagian Pages merupakan area yang tepat jika Anda ingin membuat halaman di blog (misalnya, Tentang KamiHubungi Kami, dan sebagainya).

Menambahkan halaman blog

Sementara itu, di bagian Posts, Anda bisa membuat postingan untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Menambahkan postingan terbaru di WordPress

Membuat Blog di Joomla

CMS berikutnya yang paling banyak digunakan adalah Joomla.

Instalasi

Di Hostinger, menginstall dan mengaktifkan Joomla tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah penginstallan yang ada di bagian Auto Installer.

Menginstall Joomla

Admin Area

Setelah itu, ketik domainanda.com/administrator untuk membuka dashboard admin Joomla.

Demo panel admin Joomla

Template

Di bagian Templates, Anda bisa mengubah tampilan dan desain halaman.

Menu template di dashboard Joomla

Modul

Jika Anda hendak mengelola fungsi atau fitur, buka bagian Modules.

Menu modules di dashboard Joomla

Berikut 3 plugin terbaik Joomla yang harus dimiliki setiap blog:

  1. K2 adalah ekstensi yang menyediakan beragam tambahan fitur untuk manajemen artikel yang lebih baik.
  2. EasyBlog adalah ekstensi yang digunakan untuk menggantikan sistem artikel default dengan sistem yang lebih efisien.
  3. Komento untuk mengelola dan moderasi komentar.
Membuat post blog

Hal terpenting untuk setiap blog yang baru dibuat adalah menambahkan postingan terbaru. Anda bisa membuat post di bagian Articles.

Membuat post blog di dashboard Joomla

Membuat Blog di Drupal

Selain menawarkan fleksibilitas, Drupal juga dikenal sebagai platfrom yang powerful di kalangan developer.

Instalasi

Di Hotinger, Anda bisa setup Drupal dengan menggunakan tool Auto Installer yang bisa ditemukan di control panel.

Menginstall Drupal

Admin Area

Ketik domainanda.com/user/login pada browser untuk membuka dashboard admin Drupal.

Demo panel admin Drupal

Tema

Untuk mengubah tampilan dan desain blog, buka bagian Appearance.

Menu Appearance di dashboard Drupal

Modul

Di tab Extend, Anda bisa menjalankan fitur dan fungsinalitas baru dengan modul.

Menu modules Drupal

Berikut tiga ekstensi terbaik yang harus dimiliki setiap blog yang diaktifkan di Drupal:

  1. Admin Toolbar, berfungsi untuk menggantikan toolbar yang sudah ada dengan toolbar yang lebih efisien.
  2. ShareThis memudahkan Anda membagi postingan ke berbagai platform media sosial.
  3. Image Effects memudahkan Anda untuk menambahkan efek yang menarik pada gambar di postingan blog.
Membuat post blog

Terakhir, tab Content memudahkan Anda untuk membuat halaman dan postingan baru serta hal-hal lain terkait konten.

Membuat postingan blog terbaru di Drupal

Langkah 6: Mempublish konten dan mengembangkan blog

Cara membuat blog yang keenam

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat blog dengan menggunakan tiga platform CMS terbaik.

Pilihlah platform yang menurut Anda terbaik dan mulailah membuat dan mengonlinekan blog. Kalau kami, CMS yang nyaman dan mudah adalah WordPress.

Karena sebagian besar sistem manajemen konten membiarkan Anda untuk membuat konten sebanyak mungkin tanpa harus bersusah payah, maka tugas Anda adalah menuliskan dan menerbitkan artikel yang berkualitas.

Semakin cepat Anda menulis dan mengonlinekan sebuah artikel, maka hasilnya akan lebih baik. Mengapa? Faktanya, satu artikel membutuhkan waktu selama beberapa minggu sebelum akhirnya dilihat dan ditampilkan di mesin pencari.

Idealnya, Anda ingin blog memperoleh traffic yang terus meningkat setiap saat. Untuk mewujudkan keinginan ini, Anda harus kreatif dan bersiap untuk berusaha lebih keras. Alasan inilah yang mendorong kami untuk merangkumlan 10 tips blogging terbaik agar blog yang dionlinekan sukses dan meraih banyak pembaca.

10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog

Tips blogging terbaik

Apa pun yang Anda lakukan, membuat rencana itu perlu. Tak hanya memudahkan pekerjaan Anda dan memunculkan hasil yang lebih efisien, tapi perencanaa juga memberikan visi yang lebih jelas ke mana langkah Anda mengarah.

Sebagian besar blog memperoleh visitor baru melalui organic traffic. Mem-publish postingan yang berkualitas adalah salah satu cara mengalihkan perhatian orang-orang ke blog Anda. Ingatlah prinsip ini: konten adalah raja.

Berikut beberapa tops blogging sehingga blog Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung dan traffic kian naik:

1. Memahami dasar SEO

Meskipun opstimasi mesin pencari sedikit rumit, Anda tidak boleh menyerah dalam mempelajari dan memahami SEO karena kemampuan dan pengetahuan inilah yang Anda butuhkan dalam membangun sebuah blog.

SEO yang baik dan benar akan membuat blog Anda lebih unggul dari para kompetitor, meski Anda juga tidak bisa mengesampingkan konten yang harus relevan dan memiliki informasi akurat.

Berikut beberapa artikel yang layak Anda baca agar bisa memahami SEO dengan baik:

2. Lakukan riset keyword atau kata kunci.

Idealnya, postingan blog harus menargetkan beebrapa kata kunci dan frasa yang sering diketikkan orang di mesin pencari.

Menerbitkan konten tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu sama seperti menembak dalam kegelapan. Mungkin tembakan Anda mengenai sesuatu, tapi Anda tidak yakin.

Pemahaman tentang keyword serta volume pencarian (search volume) dan mengetahui konten yang saat ini berada di peringkat teratas mesin pencarian memberikan Anda gambaran umum apa yang diinginkan oleh visitor atau pembaca. Setelah Anda mengetahui hal-hal dasar semacam ini, maka membuat blog menjadi lebih mudah.

Sebagai contoh, kami tunjukkan kenaikan traffic blog tutorial Hostinger dalam grafik dan angka.

Kenaikan traffic blog tutorial Hostinger

Berdasarkan gambar di atas, Anda kini sudah tahu betapa pentingnya melakukan riset keyword, terlebih jika ingin membuat blog.

Di bawah ini merupakan beberapa artikel dan tool yang bisa membantu Anda dalam meriset keyword:

3. Lakukan riset terhadap kompetitor atau saingan Anda.

Terkadang blog-blog baru kesulitan dalam menentukan arah yang tepat. Jika begini, mau tak mau harus ada contoh blog terbaik yang dijadikan acuan atau panutan.

Melakukan riset terhadap beberapa blog dengan performa terbaik yang juga memiliki niche yang sama dengan blog Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide atau gambaran umum.

Pertama-tama, buatlah daftar 5-10 blog atau website terbaik dengan niche yang sama seperti yang dimiliki oleh blog Anda. Setelah itu, gunakan tool, misalnya SimilarWeb, untuk membuat laporan.

Contoh laporan website terbaik menurut SimilarWeb

Sayangnya, laporan statistik web terbatas pada versi gratis SimilarWeb. Meskipun demikian, Anda masih bisa melihat metric dari 5 kata kunci yang organic dan berbayar. Kini Anda sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai konten yang tepat untuk blog Anda.

4. Membuat rencana konten atau content plan.

Buat spreadsheet sederhana dan lakukan brainstorm tentang artikel-artikel yang sekiranya berpotensi. Mulailah dengan membuat topik yang lebih luas, kemudian persempit ke topik yang lebih spesifik. Jika Anda berpengalaman dalam suatu bidang, maka tulislah konten terkait terlebih dulu.

Setelah mempublish konten pertama, blog Anda tidak serta-merta memperoleh banyak pengunjung dan traffic yang tinggi. Jangan menyerah dan disiplinkanlah diri Anda dengan membuat deadline untuk artike dan selalu memonitor perkembangan blog secara keseluruhan.

Usahakan untuk membuat konten yang seimbang antara kualitas dan kuantitas. Teruslah berpegang pada rencana yang sudah dibuat dan luangkan sedikit waktu untuk melihat hasil yang telah diraih.

5. Membuat dan mengaktifkan platform media sosial

Menyatakan keberadaan Anda di dunia online itu penting, terlebih jika Anda membuat blog. Untungnya, saat ini sudah ada platform media sosial yang menjadikan segalanya mungkin.

Profil Twitter Hostinger Internasional

Kegunaan media sosial yang pertama adalah meningkatkan awarenes user. Anda bisa membuat notifikasi kepada para followers bilamana menerbitkan artikel baru, membuat rencana, dan menginformasikan pembaharuan atau update.

Mengaktifkan media sosial juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan interaksi antara Anda dan user. Kesalahan terbesar baik dari blogger maupun pemilik bisnis adalah seringnya mereka melupakan keberadaan dan apa yang diinginkan oleh para klien, atau visitor, atau pembaca.

Dengan diaktifkannya profil di Facebook dan Twitter, Anda bisa mendapatkan banyak feedback dari pembaca secara langsung. Seiring dengan berkembangnya web Anda, mungkin saja suatu saat Anda ingin memfokuskan situs ke bisnis online atau website jenis lain. Tentu saja Anda memanfaatkan mdia sosial untuk mengumumkannya.

Platform media sosial selalu bisa ‘menjaring’ pembaca baru, tentu saja hal ini tergantung pada konten yang dibuat di blog Anda. Jika bagus, postingan Anda akan di-share, terus-menerus, di media sosial oleh para follower setia. User yang tadinya tidak mengikuti Anda, karena penasaran, dia akan mengklik dan mulai mejadi pembaca atau audience setia blog Anda.

6. Membuat guest post.

Salah satu kesulitan yang akan ditemui setelah membuat blog adalah membuat orang-orang mengetahuinya. Langkah Anda mungkin akan sedikit terhenti karena banyak saingan atau kompetitor yang sudah lebih dulu memiliki nama. Alhasil, postingan Anda membutuhkan waktu untuk muncul di halaman nomor satu mesin pencarian.

Namun jangan khawatir, selalu ada cara untuk membuat orang-orang membaca postingan Anda. Membuat guest post adalah salah satunya.

Guest post adalah salah satu bentuk postingan yang dilakukan secara teratur oleh sebagian besar blogger, penulis, dan pemilik bisnis.

Ide dasarnya adalah mempublish sebuah konten yang di dalamnya tertanam link atau tautan yang mengarah ke blog Anda. Tentunya konten ini diterbitkan di website lain. Dua manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan guest post adalah:

  • Peringkat SEO blog Anda akan naik karena adanya link ke website Anda yang tertanam di situs lain.
  • Meningkatnya organic traffic untuk situs Anda.

Jika tertarik untuk mencoba, silakan baca artikel tentang guest post yang ditulis oleh tim Ahrefs.

7. Mengaktifkan Google Analytics.

Memonitor traffic situs Anda merupakan salah satu langkah paling penting agar berhasil membuat dan mengonlinekan blog.

Mengetahui dan mengenal audience Anda serta apa yang mereka inginkan mampu membuat situs Anda selangkah lebih maju.

Dan tool terbaik untuk menangaini ini semua adalah Google Analytics. Tool ini melacak visitor, kebiasaan mereka, berbagai metric sosial, dan masih banyak lagi.

Contoh Google Analytics

Untungnya, software ini gratis sehingga para webmaster bisa dengan mudah melacak dan mencari tahu apa yang diinginkan oleh pembaca atau visitor blog mereka.

Jika Anda membuat blog di WordPress dan ingin mengaktifkan Google Analytics, maka bacalah artikel dari kami terlebih dulu.

8. Submit konten baru ke Google

Setiap harinya, ribuan website baru dibuat dan dionlinekan. Dan pastinya jumlah postingan dan artikel baru bisa mencapai jutaan.

Dengan fakta yang seperti itu, Google dan mesin pencari lainnya membutukan waktu lebih lama untuk mengindeks konten baru yang Anda terbitkan. Kabar baiknya, ada ‘jalan pintas’ yang bisa dimanfaatkan agar artikel Anda bisa lebih cepat terindeks oleh mesin pencari.

Dengan menambahkan situs ke Google Search Console, Anda berkesempatan untuk:

  • Memonitor performa blog.
  • Mendapatkan peringatan jika ada error.
  • Menggunakan berbagai testing tool.
  • Memperkaya pengetahuan dengan artikel serta tutorial yang lengkap.

Dan hal terpentingnya, Anda bisa submit blog post baru dan ‘memaksa’ Google untuk mengindeksnya.

Contoh fetch as google

9. Membuat backlinks.

Jika ingin postingan Anda berada di hasil pencarian teratas Google, maka membuat backlink adalah cara terjitu yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, backlink merupakan salah satu faktor penentu peringkat yang dipertimbangkan Google saat mengevaluasi suatu website.

Memang benar bahwa blog baru harus lebih fokus pada konten dan pengelolaan berbagai halaman yang sudah ada. Namun, Anda tidak bisa menampilk bahwa akan ada suatu saat di mana Anda mampu menghasilkan konten berkualitas.

Terkadang, konten berkualitas tinggi sekalipun tidak melihat keuntungan adanya Google SERP, terlebih jika Anda tidak terlalu peduli untuk membangun profil backlink.

Kami persembahkan dua artikel tentang betapa pentingnya backlink yang harus Anda baca dan ketahui:

10. Kesabaran adalah kunci.

Ada satu hal yang harus Anda ingat baik-baik: membuat blog berarti Anda melakukan investasi jangka panjang. Apa pun postingan baru yang Anda onlinekan, tentu saja membutuhkan usaha dan waktu agar bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari.

Hal yang paling pertama dan terutama, Google membutuhkan waktu sebelum akhirnya melihat dan menyadari keberadaan blog Anda. Banyak ahli SEO yang mengklaim bahwa ada suatu masa yang harus dilewati sebelum akhirnya konten Anda muncul (sering disebut juga Google Sandbox).

Jadi, jika ingin berhasil menjalankan blog, maka Anda harus bersabar. Selain mengharapkan yang terbaik, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk hasil yang terburuk.

Mengapa Anda Harus Membuat Blog?

Mengapa harus membuat blog

Tentu saja ada kalanya Anda bertanya-tanya, mengapa penting untuk memiliki blog?

Berikut beberapa alasan yang kami coba paparkan untuk Anda:

  1. Pengetahuan Anda semakin bertambah. Untuk membuat atau menuliskan postingan blog yang berkualitas, Anda harus mempelajari niche terkait dan melakukan riset di berbagai bidang. Selama proses ini, Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dan pengetahuan berharga yang berguna bagi Anda di masa depan. Siapa tahu, dengan banyaknya riset yang dilakukan, Anda bisa cukup percaya diri untuk memulai bisnis online.
  2. Tempat untuk menyalurkan ide dan pendapat Anda. Pernah melihat atau mungkin mengalami suatu keadaan di mana banyaknya ide atau pendapat yang ‘berseliweran’ tapi tak ada platform atau media untuk menampungnya? Blog adalah platform terbaik untuk menampung semua ide dan pendaat Anda. Kini semua orang di dunia akan tahu isi pikiran, keinginan, dan kreativitas Anda!
  3. Memperoleh jumlah traffic yang konsisten. Banyak proyek dan bisnis baru yang berjuang mati-matian untuk menampilkan ide atau produk terbaru mereka ke para audience. Secara tidak langsung, hal ini bisa menghambat kesuksesan dan ekspansi bisnis mereka. Namun, dengan membuat blog atau situs, Anda bisa membangun traffic yang lebih baik dan mengonversinya menjadi calon pelanggan atau user!
  4. Mendapatkan banyak kesempatan baru. Membuat blog memang susah pada awalnya, tapi setelah berkembang, Anda akan mendapatkan banyak kesempatan baru. Setelah berhasil mengukuhkan keberadaan online Anda, maka semakin banyak orang yang akan bergabung di circle Anda. Dan Anda blogger terbaik berikutnya!
  5. Menunjukkan pada siapa pun tentang apa yang sedang Anda kerjakan atau rencanakan. Bahkan di era yang serba teknologi dan modern ini, kata-kata yang tertulis masih dianggap lebih baik dalam menyampaikan pesan. Jika Anda sedang mengelola suatu proyek, maka memiliki blog adalah salah satu cara untuk menunjukkan pencampaian yang telah dilakukan selama ini. Dengan kekuatan internet, Anda bisa mencapai bagian dunia mana saja yang diinginkan!
  6. Menjadi influencer terkenal. Setiap postingan blog yang dionlinekan akan membawa Anda menuju popularitas. Apabila Anda berpengalaman dalam suatu bidang, blogging dapat membantu Anda agar bisa dikenal dengan lebih baik. Dapatkan lebih banyak audience, buat koneksi baru, paparkan ide Anda, dan lampaui semua batasan yang ada!
  7. Selangkah menuju impian. Tak ada hal yang lebih baik dari bekerja sekuat mungkin untuk mewujudkan impian Anda. Jangan sampai Anda bilang tidak tahu atau tidak mampu karena tidak mencoba. Jika Anda benar-benar menyukai sesuatu dan ingin mewujudkannya, blog adalah platform terbaik untuk dimanfaatka agar passion Anda bisa diraih dan direalisasikan.

Beberapa tahun yang lalu, blogging tidak dianggap serius. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak user yang mengubah blog mereka menjadi bisnis online yang andal dan tepercaya.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu semua hal yang dibutuhkan agar sukses menjalankan blog. Tunggu apalagi? Buat dan onlinekan blog Anda sekarang dengan Hostinger!

Jika Anda memiliki pertanyaan, inquiry, atau tips terkait blogging, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

22 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]