Cara Install Ulang WordPress dengan Tepat
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Install Ulang WordPress dengan Tepat

Mungkin ada beberapa alasan bagi Anda membaca tutorial cara install ulang WordPress saat ini. Mungkin Anda memiliki masalah dengan website WordPress seperti error yang tidak Anda ketahui cara memperbaikinya, atau bahkan (skenario terburuk) website Anda diretas. Atau… Anda hanya ingin memulai hal baru dengan website Anda. Apapun alasannya, kami dapat membantu Anda!

Ada dua cara untuk meng-uninstall dan reinstall WordPress. Anda dapat menginstall ulang WordPress Anda, tetapi konten yang ada tetap Anda simpan. Atau, menghapus semua file dan menginstall semua dari awal. Kami akan memberikan cara melakukan kedua hal tersebut, lalu membagikan metode berbeda untuk melakukannya.

Apapun keputusan Anda, kami sangat menyarankan untuk melakukan backup file WordPress Anda sebelum melakukan perubahan apapun. Anda dapat melakukannya dengan cara menyalin semua file WordPress Anda ke komputer atau cloud drive. Hal ini perlu untuk dilakukan karena Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami masalah saat melakukan perubahan apapun pada website Anda. Jadi, menyimpan file backup terlebih dahulu merupakan langkah yang tepat.

Cara Install Ulang WordPress Melalui Dashboard Admin

Cara ini merupakan cara yang paling ringkas untuk menginstall ulang sekaligus menyimpan konten Anda. Cara ini dilakukan dengan menggunakan dashboard admin WordPress. Jika Anda tidak dapat mengakses dashboard, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan reinstall secara manual melalui FTP. Yang mana, kami akan membagikan caranya di bagian lain dari artikel ini.

Dalam kasus tertentu, menggunakan dashboard WordPress memanglah nyaman. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melihat sidebar, lalu klik Dashboard -> Updates dan klik tombol Re-install Now.

install ulang wordpress

Proses ini sepenuhnya otomatis, Anda hanya perlu menunggu beberapa detik untuk menyelesaikannya.

Cara Install Ulang WordPress dengan Menggunakan FTP

Jika Anda mengalami masalah yang menjengkelkan atau apapun itu yang membuat Anda tidak dapat mengakses dashboard WordPress, Anda dapat menggunakan FTP. Cara ini mirip dengan metode yang kami jelaskan sebelumnya, perbedaannya hanyalah ketika menggunakan FTP, Anda akan melakukan prosesnya secara manual, alih-alih menggunakan one-click installer.

Berikut ini langkah-langkah cara install ulang WordPress dengan FTP:

  1. Download salinan website WordPress terbaru Anda .
  2. Ekstral file ZIP-nya
  3. Upload semua file kecuali folder /wp-content/

Sekarang, mari pikirkan cara melakukanya satu-per-satu.

Pertama, masuk ke website WordPress.org dan download versi WordPress terbaru yang disediakan.

download wordpress

Setelah selesai mendownload filenya, ekstrak seluruh konten dari file ZIP ke komputer Anda dan hapus folder wp-content. Langkah ini sangat penting. Bila tidak dihapus, konten Anda akan ter-overwrite.

folder wp content

Sesudah itu, Anda perlu menyambungkan akun Anda dengan FTP client dan mengupload file ke tempat WordPress di-install. Secara default, file tersebut adalah root folder bernama public atau public_html. Sementara itu, Anda akan melihat prompt yang menyatakan “target file already exists”. Oleh karenanya, Anda perlu meng-overwrite file yang ada.

overwrite ftp

Apa yang dilakukan di langkah ini tepatnya akan mengganti file inti WordPress, dan selanjutnya akan membuat file-file baru. Karena Anda menghapus folder wp-content, konten Anda seperti tema dan plugin tidak akan berubah.

Cara Install Ulang WordPress Menggunakan WP-CLI

WordPress juga dapat diinstall ulang dengan menggunakan WP-CLI. WP-CLI adalah tool command line yang digunakan untuk mengkustomisasi instalasi WordPress. Tool ini mampu menambah/menghapus user, kategori, post, memasukkan test data, dan juga menggantikan atau mencari file di database.

WP-CLI memiliki banyak fitur, namun kami tidak akan membahasnya di sini. Di bawah ini telah kami tampilkan command line yang dapat Anda gunakan untuk menginstall ulang WordPress tanpa mengubah/menghapus tema dan plugin Anda. Ngomong-ngomong, WP-CLi ini sudah terinstal dan didukung oleh semua paket hosting Hostinger.

wp core download --skip-content --force

Cara Install Ulang WordPress Secara Keseluruhan (hapus semua file)

Sebelum melanjutkan langkah berikutnya, tolong dipahami bahwa: dengan menggunakan metode ini, semua data terkait fle konten akan dihapus secara permanen. Pastikan dahulu bahwa tidak ada konten yang memang ingin disimpan, karena setelah Anda menghapusnya, Anda tidak dapat mengembalikan file-file yang telah dihapus.

Mungkin, Anda ingin melakukan langkah ini saat Anda mengalami eror yang tidak dapat diperbaiki. Atau, Anda hanya ingin membersihkan semuanya dan memulainya dari awal.

Karena Anda mengalami masalah tersebut, maka hanya ada dua langkah untuk me-reinstall WordPress. Pertama, hapus semua file WordPress yang ada. Kedua, install WordPress baru menggunakan metode yang Anda kehendaki. Untuk menghapus file, gunakan file manager atau sambungkan melalui FTP.

hapus semua file

Anda tidak perlu menghapus database WordPress, walaupun Anda memiliki rencana untuk memiliki database baru. Namun, jika Anda memang ingin memulai semuanya dari awal, menghapus database juga tidak masalah. Di Hostinger, Anda dapat menghapus database dengan cara masuk ke menu MySQL Databases.

hapus database

Anda juga dapat menggunakan phpMyAdmin untuk men-Drop database, yang juga menghapus database secara keseluruhan.

Setelah selesai dengan langkah tersebut, maka tidak akan ada yang tersisa. Sekarang Anda dapat melanjutkan dan mulai dengan menginstal WordPress baru seolah-olah itu adalah situs web baru. Seperti menginstal ulang WordPress itu sendiri, ada beberapa cara untuk melakukan ini, baik secara otomatis atau manual tergantung pada host Anda. Jika Anda dengan host seperti Hostinger, ada fitur bernama 1-click auto installer yang siap menginstal WordPress dalam hitungan detik. Atau, Anda dapat melakukan ini secara manual yang tentunya akan mengulur waktu Anda sekitar 5 menit. Kami juga telah membahas berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menginstal WordPress.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan semua hal, menginstal ulang WordPress adalah proses yang cukup sederhana. Untuk rekap cepat, berikut caranya:

  • Dengan menggunakan tombol bawaan Re-install now di dasbor WordPress.
  • Dengan mendownload dan kemudian upload file WordPress, dengan mengecualikan folder wp-content ke server Anda.

Jika Anda memang ingin memulai semua dari nol Anda hanya perlu menghapus semua file WordPress dan (atau) database. Kemudian cukup instal WordPress yang baru dengan metode yang Anda pilih.

Kami harap Anda dapat mempelajari tutorial kami dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!