phpbb

Cara Install PhpBB Forum

Cara Install PhpBB Forum

Pengenalan

Membuat phpbb forum adalah cara yang tepat bila Anda ingin membuat komunitas. Forum mampu memberikan banyak manfaat, tergantung website seperti apa yang Anda buat. Pertama, bisa memungkin pengunjung website Anda untuk memberikan feedback tentang website Anda. Tentu akan menarik, bila Anda mendapatkan banyak masukan/ide/isu dari komunitas dan mengizinkan mereka untuk langsung melaporkannya kepada Anda. Kemudian, Anda juga berpotensi mendapatkan traffic lebih banyak. Hal yang paling penting adalah, Anda memiliki peluang untuk lebih memahami pengunjung website Anda. Salah satu tugas yang paling penting yang harus dilakukan oleh web developer agar project websitenya berhasil adalah mengetahui sebanyak mungkin tentang audiencenya. Karena, nantinya hal ini mampu memberikan Anda gambaran umum tentang audience Anda dan kemana arah project Anda. Forum bisa jadi tempat santai, berdiskusi bahkan menjalin relasi baru.

Apa itu phpBB?

Ada banyak script forum yang bisa Anda pilih dan salah satunya adalah phpBB. Nama phpBB adalah singkatan dari PHP Bulletin Board. Ini adalah script open source dan gratis serta bisa digunakan untuk membuat forum Anda sendiri. Script ini tersedia dalam banyak bahasa dan Anda bisa melakukan banyak fungsi di dalamnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menginstall forum phpBB. Kita akan bahas di dalam tutorial ini:

  • Menginstall phpBB secara manual
  • Menginstall phpBB via Auto Installer Hostinger
  • Menginstall phpBB via Softaculous

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai, yang Anda butuhkan adalah:

  • Akses ke akun hosting
  • Akun hosting Anda harus memenuhi persyaratan ini
  • Akses FTP/File Manager

Opsi 1 Menginstall phpBB secara manual

Menginstall phpBB secara manual bisa dilakukan di semua platform hosting, namun ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Cara ini juga berguna jika Anda tidak memiliki auto-installer atau jika Anda ingin melakukan semua secara manual.

Langkah 1 – Membuat database MySQL dari forum phpBB

Pertama Anda harus membuat database MySQL, user dan memasangkan user tersebut ke database MySQL Anda. Jika Anda menggunakan cPanel, lihat tutorial ini untuk instruksi lengkap mengenai cara membuat database MySQL di cPanel.

Di Hostinger, Anda bisa membuat database MySQL dan user melalui Member Area -> bagian Database.

Hostinger Databases section

Masukkan database MySQL Anda, username dan password. Tekan Create dan database MySQL Anda akan dibuat bersama dengan user yang dipasangkan dengannya.

Hostinger MySQL Database creation

Langkah 2 – Meng-upload instalasi forum phpBB ke hosting Anda

Anda perlu men-download phpBB dengan versi terbaru. Setelah itu, buka akun hosting Anda melalui FTP atau File Manager dan upload instalasi phpBB.

Upload phpBB installation

Setelah itu, unzip file-nya dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Unzip phpBB installation

PENTING! Pastikan Anda meng-unzip instalasi di direktori yang sama dimana Anda ingin meletakkan forum Anda.

Langkah 3 – Menginstall forum phpBB

Sekarang, buka instalasi phpBB Anda melalui nama domain di browser. Jika Anda meng-uploadnya ke direktori tertentu, masukkan namadomainanda.com/direktori agar proses instalasi dimulai. Di halaman overview phpBB, buka bagian Install untuk memulai.

phpBB manually 1

Karena database MySQL untuk phpBB sudah dibuat di Langkah 1, Anda bisa menekan tombol Install sekali lagi untuk melanjutkan.

phpBB manually 2

Kemudian, Anda perlu memasukkan informasi login admin phpBB Anda, kemudian tekan tombol Submit.

phpBB manually 3

Pada bagian instalasi selanjutnya, masukkan detail informasi MySQL Anda.

phpBB manually 4

  • Database Type tergantung pada penyedia layanan hosting Anda. Jika Anda menggunakan Hostinger, pilih MySQL with MySQLi Extension. Opsi lainnya yang tersedia adalah MySQL dan SQLite 3.
  • Database server hostname or DNS biasanya diisi dengan localhost, namun bisa juga bervariasi. Di Hostinger, Anda bisa melihatnya di MySQL Host di Member Area -> Databases.
  • Database server port bisa dikosongkan, kecuali port custom digunakan oleh penyedia hosting. Port default-nya adalah 3306.
  • Database Username bisa diisi dengan nama user yang Anda buat untuk forum phpBB sebelumnya di Langkah 1.
  • Database Password bisa diisi dengan password user yang Anda buat sebelumnya.
  • Prefix for tables in database secara default di-set sebagai phpBB_. Anda bisa menggantinya, karena perlindungannya akan menjadi lebih baik melawan MySQL injection. Hacker biasanya menyerang pengaturan-pengaturan default terlebih dahulu, karena biasanya pengguna tidak berpikir untuk mengubahnya. Anda bisa menambahkan beberapa huruf/angka tambahan, misalnya phpBBfrm_. Hanya dengan penambahan sederhana seperti itu, setidaknya keamanan Anda sudah lebih baik dari sebelumnya.
    Setelah memasukkan semua informasi database MySQL, klik Submit untuk melanjutkan. Di bagian selanjutnya, Anda akan mengisikan Server configuration.
    phpBB manually 5
  • Cookie Secure akan membuat data pengunjung Anda lebih aman. Namun, fitur ini membutuhkan sertifikat SSL. Jika Anda tidak menggunakan sertifikat SSL, pilih No sebagai opsi karena akan berpotensi mengacaukan forum phpBB Anda.
  • Force server URL settings: akan memaksa URL dari HTTP menjadi HTTPS. Jika Anda ingin menggunakan HTTPS untuk phpBB Anda, pilih Yes. Jika Anda ingin menggunakan HTTP, pilih No. Bila Anda ingin install sertifikat SSL, Anda bisa melakukannya nanti.
  • Domain name bisa diisi dengan nama domain yang ingin Anda gunakan untuk forum phpBB.
  • Setting default untuk Server Port adalah 80. Ganti bila hosting Anda menggunakan port custom.
  • Script Path menentukan lokasi forum phpBB Anda. Jika Anda ingin meletakkannya langsung pada domain Anda, masukkan /. Jika Anda ingin membuatnya di direktori lain seperti domain.com/forum, isi dengan /forum. Ingatlah bahwa anda harus menggunakan direktori dimana instalasi di-upload pada Langkah 2.
    Setelah menekan tombol Submit, Anda akan masuk ke bagian Email Configuration untuk forum phpBB Anda.
    phpBB manually 6
  • Enable board-wide emails memungkinkan Anda untuk mengaktifkan/menonaktifkan pengiriman email melalui phpBB. Proses instalasi ini menyarankan agar Anda menonaktifkan fitur ini jika Anda tidak memiliki sertifikat SSL.
  • Use SMTP server for email memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi protokol SMTP untuk forum phpBB Anda. Jika Anda pilih Yes, Anda perlu mengisikan detail SMTP Anda seperti SMTP server address, SMTP server port, Authentication method for SMTP, SMTP username dan SMTP password. Di Hostinger, Anda bisa menemukan informasi ini di bagian Members Area -> Details.
    SMTP settings for phpBB in Hostinger
    Setelah Anda mengkonfigurasi bagian tersebut, tekan Submit untuk melanjutkan dan Anda akan masuk ke bagian deskripsi forum.
    phpBB manually 8
  • Default language memungkinkan Anda untuk mengatur bahasa forum Anda. Forum secara default menggunakan Bahasa Inggris, namun bila Anda ingin menambahkan bahasa lain, Anda bisa download bahasanya disini.
  • Masukkan judul phpBB Anda dan buat deskripsi singkat. Bagian ini merupakan bagian akhir dari proses instalasi. Setelah menekan tombol Submit, instalasi phpBB akan selesai.
    phpBB manually finish

Selamat! Sekarang phpBB Anda sudah selesai di-install secara manual. Anda bisa mengaksesnya melalui URL menggunakan browser Anda.

PENTING! Halaman admin phpBB bisa diakses setelah Anda menghapus direktori install dari direktori root Anda.

Opsi 2 – Menginstall phpBB melalui Auto Installer Hostinger

Di Hostinger, Anda bisa menginstall phpBB melalui Auto Installer.

Langkah 1 – Mengakses Auto Installer

Proses instalasi phpBB bisa dimulai dari Members Area -> Auto Installer.

hostinger auto installer location

Langkah 2 – Menginstall phpBB

Di kotak pencarian, ketikkan phpBB dan klik icon untuk memulai proses instalasi.

hostinger phpBB install location in auto installer

Kemudian Anda akan melihat halaman instalasi phpBB.

hostinger phpBB auto installer setup screen

  • Kolom URL bisa diisi dengan lokasi phpBB yang Anda inginkan. Jika Anda ingin forum phpBB di-install langsung di domain Anda, kosongkan kolom tersebut.
  • Pada bagian Language, pilih bahasa untuk forum Anda. Instalasi phpBB melalui auto-installer sudah menyediakan beberapa jenis bahasa. Pilih bahasa yang Anda inginkan.
  • Di kolom Administrative, masukkan informasi halaman admin yang Anda inginkan.
  • Anda juga bisa langsung memberikan nama untuk forum Anda di bagian Website Title.

Setelah semuanya selesai, tekan tombol Install yang akan membawa Anda ke langkah selanjutnya.

hostinger phhBB install success

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan Anda bisa mengakses forum melalui URL di browser Anda.

Opsi 3 – Menginstall phpBB melalui Softaculous Apps Installer

Jika Anda menggunakan hosting cPanel, Anda bisa mulai instalasi forum menggunakan Softaculous Apps Installer.

Langkah 1 – Buka Softaculous

Anda bisa membuka Softaculous dari cPanel.

Softaculous Apps Installer location in cPanel

Di kolom pencarian, ketikkan phpBB dan pilih.

phpBB forums in softaculous

Langkah 2 – Menginstall phpBB

Untuk mulai menginstall, tekan tombol Install Now.

phpBB forums in softaculous

Kemudian Anda perlu mengisikan informasi yang diminta.

phpBB forums installation in softaculous 1

  • Choose Protocol memungkinkan Anda untuk memilih apakah phpBB akan di-install di protokol HTTP atau HTTPS. Anda bisa memilih HTTP untuk di awal dan beralih ke HTTPS kemudian.
  • Choose Domain memungkinkan Anda memilih nama domain untuk instalasi phpBB Anda. Anda juga bisa meletakkan phpBB di subdomain. Cukup dengan menambahkan subdomain sebelum mulai proses instalasi dan pilih subdomain Anda di menu drop-down.
  • In Directory akan menentukan direktori utama untuk forum phpBB Anda. Secara default, letaknya akan berada di domain.com/phpbb. Namun, jika Anda mengosongkan bagian ini, maka phpBB akan langsung di-install di domain utama Anda (domain.com).
  • Board Settings bisa diisi dengan informasi minor seperti Board Name, Site Description dan Board Email.
    phpBB forums installation in softaculous 2
  • Di bagian Admin Account, Anda perlu mengisikan informasi administratif yang akan digunakan untuk mengakses halaman admin phpBB.
  • Di bagian Choose Language pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk forum phpBB.
  • Advance Options memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi backup otomatis untuk phpBB. Anda bisa memilih berapa banyak backup untuk phpBB. Setelah mencapai batas rotasi, Softaculous akan menghapus backup phpBB Anda yang paling lama dan membuat yang baru. Backup ini akan menggunakan ruang disk pada server Anda, jadi pilihlah rotasi backup yang sesuai dengan ketersediaan ruang di akun hosting Anda.

Setelah semua kolom selesai dikonfigurasi, tekan tombol Install untuk menyelesaikan proses instalasi.

phpBB forums installation in softaculous success

Sekarang phpBB Anda sudah bisa diakses dari browser menggunakan URL.

Kesimpulan

phpBB adalah salah satu script forum yang terbaik dan open source. Dalam panduan ini Anda telah mempelajari 3 cara menginstall phpBB yaitu:

  • Install phpBB secara manual
  • Install phpBB melalui Auto Installer Hostinger
  • Install phpBB melalui Softaculous Apps Installer

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penggunaan phpBB, Anda bisa melihat halaman resminya.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rp.9
900
/bln
  • Bantuan 24/7
  • Optimasi WordPress
  • SSL & Nama Domain Gratis

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln
[href]
[href]
[href]
[href]