VPS

Cara Install Anaconda pada Ubuntu 18.04

Anaconda merupakan platform Python/R Data Science yang populer dan banyak digunakan oleh data scientist dan komunitas scientist lainnya. Platform ini tersedia sebagai distribusi open source, yang berarti bahwa Anda dapat menjalankan Python/R Data Science and Machine Learning pada sistem operasi yang umum digunakan, seperti Linux, Windows, dan Mac OS X.

Anaconda merupakan package gratis. Platform ini juga berfungsi sebagai pengelola lingkungan perangkat yang mencakup seluruh package dan library yang dibutuhkan untuk bahasa pemrograman Python atau R development ketika menginstal IDE (Integrated Development Environment).

Anda juga dapat menginstall dan memasukkan lebih dari 1.500 package open source secara terpisah dari repositori. Anaconda umumnya digunakan untuk pemrosesan data, scientific computing, dan Prediktif Analitik.

Cara Install Anaconda pada Ubuntu

Saat artikel ini ditulis, kami menggunakan Anaconda 2018.12. Mungkin pada saat Anda membaca artikel ini, Anaconda telah merilis versi terbarunya. Walaupun demikian, prosedur penginstallannya tetap sama. 

Pertama-tama, login ke VPS terlebih dulu dengan menggunakan SSH. Jika lupa caranya, tutorial ini akan membantu mengingatkan Anda dalam membuat koneksi via PuTTY. Apabila menggunakan Linux atau MAC OS, Anda hanya perlu membuka terminal. 

Jika sudah berhasil login ke VPS, beralihlah ke direktori /tmp dan gunakan curl untuk mengunduh Anaconda installer melalui repositori resminya. 

cd /tmp
curl -O https://repo.anaconda.com/archive/Anaconda3-5.2.0-Linux-x86_64.sh

Setelah progress bar terisi dan proses unduhannya selesai, kami akan memverifikasi integritas data dari package tersebut. Untuk melakukanya, jalankan command ini pada command line:

sha256sum Anaconda3-5.2.0-Linux-x86_64.sh

Notifikasi akan muncul saat ada error yang terjadi. Karena pada kasus kami saat menjalankan command di atas tidak ada masalah, maka proses instalasi akan dilanjutkan. Berikut adalah command untuk menjalankan Anaconda bash script: 

bash Anaconda3-5.2.0-Linux-x86_64.sh

Setelah bash command dijalankan, Anda akan diarahkan ke Anaconda setup. Namun, sebelum memulai proses install Anaconda python, Anda harus membaca dan menyetujui perjanjian lisensi. Tekan Enter untuk melanjutkan prosesnya.

Perjanjian lisensi dengan konten yang panjang akan ditampilkan ke hadapan Anda. Tekan tombol spasi beberapa kali untuk sampai ke bagian akhir perjanjian. Di sini Anda bisa menyatakan setuju dengan ketentuan penggunaan yang ada.  Ketik Yes dan tekan Enter

Setelah menyetujui syarat yang tertera pada lisensi, prompt selanjutnya akan meminta Anda untuk masuk ke direktori di mana Anaconda Python akan diinstall pada perangkat Ubuntu seperti yang ditunjukkan di atas. Lokasi default berada pada direktori HOME Ubuntu. Sebaiknya install Anaconda di lokasi ini.. Tekan Enter untuk mengonfirmasi lokasi defaultnya (Anda dapat mengganti lokasi instal ke path yang dikehendaki dengan cara memasuki direktori yang diinginkan)

Prompt selanjutnya menampilkan proses instalasi yang sudah dimulai. Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai. 

Setelah Anaconda Phyton berhasil diinstall, prompt berikutnya akan meminta Anda untuk menambahkan lokasi Anaconda Phyton yang terinstall ke Path Ubuntu 18.04. Ketik Yes dan tekan tombol Enter

Setelah instalasi selesai, prompt selanjutnya akan meminta Anda untuk menginstal Visual Studio Code – code editor yang dibuat oleh Microsoft yang baru saja bekerja sama dengan Anaconda.

Jika pilih VSCode editor, ketik Yes untuk menginstallnya dan tekan Enter jika Anda ingin menyudahi instalasi. Apabila bukan VSCode editor yang dipilih, ketik No. Tutup terminal, lalu membukanya kembali agar perubahan yang dilakukan dapat diterapkan. Kini Anda dapat menggunakan Terminal untuk menjalankan Anaconda Python pada VPS Ubuntu 18.0.

Kesimpulan

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengetahui cara install Anaconda Phyton di perangkat Ubuntu 18.04. Gunakan tool ini untuk mengoptimalkan proyek yang Anda buat. Silakan tinggalkan pertanyaan atau saran pada kolom komentar di bawah ini!

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln