Tutorial WordPress

Apa Itu WordPress Importer dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

featured image untuk cara import wordpress

Pernahkah Anda ingin memindahkan konten dari satu blog ke blog WordPress lainnya?Sekilas hal ini terasa sulit dilakukan. Namun, kenyataannya Anda hanya perlu tool yang bernama WordPress importer.

Apa itu WordPress Importer?

Importer merupakan tool yang disediakan WordPress untuk memindahkan konten dari satu website ke website WordPress lainnya.. Anda juga dapat menggunakan tool ini untuk memindahkan situs dari localhost ke server online.

Anda dapat memindahkan berbagai data dengan WordPress importer. Contohnya:

  • Post, halaman, dan jenis custom post lainnya
  • Komentar
  • Custom field dan post meta
  • Category, tag, dan term pada kustomisasi taksonomi
  • Author

WordPress importer juga dapat digunakan untuk mengimpor konten dari platform blogging lain. Pemindahan ini dilakukan kalau Anda benar-benar memutuskan untuk memakai WordPress dan tidak mengandalkan platform blogging lainnya lagi.

Bagaimana cara menggunakan WordPress Importer?

Kini Anda sudah tahu apa itu WordPress Importer, dan cara menggunakannya pun tidak begitu sulit.

Alih-alih memindahkan data secara manual, Anda punya tool yang bisa melakukannya. Hasilnya pun akan rapi.

Agar instruksi di bawah ini mudah dipahami, situs yang hendak diimpor kontennya akan kami sebut sebagai Situs A, sedangkan situs baru yang dituju adalah Situs B.

Langkah 1: Di Situs A, Tentukan Konten yang Hendak Dipindah, Lalu Export File

Kelebihan menggunakan tool WordPress Importer yang terintegrasi adalah Anda bisa memilih data yang hendak ditransfer. Anda dapat memindahkan seluruh halaman atau salah satu konten, halaman dan lain sebagainya.

Masuk dashboard WordPress Situs A dan klik Tools > Export

ragam menu pada halaman export wordpress

Di halaman ini, Anda bisa memilih konten apa saja yang hendak diekspor. Jika ingin mengekspor semuanya, pilih “All content”.

Namun, jika Anda hanya berencana mengekspor beberapa bagian dari konten lama, di screenshot ini tertera apa yang harus dipilih untuk dipindahkan:

memilih file yang mau dipindah

Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Contohnya, jika ingin memindahkan post, eskporlah post yang hanya ada di kategori tertentu, post yang hanya ditulis oleh author tertentu, post yang dipublikasikan dalam rentang waktu tertentu, dan lainnya.

Jika sudah memutuskan file mana yang ingin diekspor, pilih “Download Export File” dan simpan file XML-nya di komputer Anda.

Hanya itu saja yang perlu Anda lakukan di Situs A. Untuk langkah selanjutnya, masuk dashboard WordPress Situs B.

Langkah 2: Pada Situs B, Install WordPress Importer

Agar proses impor konten dari situs A berhasil, persiapkanlah tool di Situs B terlebih dulu. Pada dashboard, klik Tool > Import untuk impor halaman.

tampilan halaman wordpress importer

Klik Install Now di bawah WordPress jika Anda belum menginstal WordPress importer. Setelah berhasil menginstal tool tersebut, klik Run Importer.

Protip: WordPress Importer memungkinkan Anda untuk impor file dari platform blogging lainnya.

Langkah 3: Import file XML yang Telah Diekspor

impor file xml yang sudah diekspor di awal

Cari file XML yang sudah diekspor sebelumnya dan unggah ke situs baru Anda.

Untuk melakukannya, pertama-tama klik Choose File dan pilih file XML yang sudah Anda simpan tadi. Kedua, klik Upload File, lalu klik Import, kemudian tunggulah selama beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Durasi upload tergantung pada ukuran file Anda.

Protip: Jika ukuran file XML yang telah diekspor lebih besar dari 128 MB, maka Anda dapat meningkatkan batas maksimum upload file di WordPress dengan membaca informasi selengkapnya di sini.

Langkah 4: Pilih Author

Situs WordPress baru bisa saja memiliki author yang berbeda dari situs sebelumnya. Itulah mengapa Anda perlu memilih author.

menu untuk memilih author yang dipercaya

Klik Import Attachment jika ingin mengunduh lampiran gambar.

Jika Anda sudah selesai, klik Submit. Tungulah selama beberapa saat sampai semua prosesnya selesai. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman berikut ini.

halaman ketika proses import wordpress berhasil dilakukan

Selamat! Anda telah berhasil mengimpor konten lama ke situs yang baru. Perlu diketahui, tutorial ini hanya berlaku untuk mengimpor konten blog. Jika ingin memindahkan data lain selain konten, gunakan tool pihak ketiga.

Pihak ketiga memiliki tool terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses transfer.

Plugin WordPress Importer

Sebagai bonusnya, kami berikan daftar berbagai plugin WordPress Importer yang fungsinya lebih dari sekadar mengimpor konten. Setiap plugin memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan karena itu pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Widget Importer & Exporter (digunakan untuk impor dan ekspor widget)
  • Export WordPress data to XML/CSV (memungkinkan Anda untuk mengedit data WordPress pada Excel, memiliki antarmuka drag-and-drop)
  • Ultimate CSV Importer (untuk mengimpor gambar dari URL eksternal)
  • Import users from CSV with meta (untuk mengimpor user bersamaan dengan meta data mereka)

Keempat plugin di atas sangat berguna bagi mereka yang menginginkan sejumlah fitur canggih untuk mengimpor dan mengekspor data WordPress. Pada awal penggunaan, keempat plugin tersebut mungkin terkesan rumit. Namun begitu begitu digunakan, semua pekerjaan Anda lebih dimudahkan.

1. Widget Importer & Exporter

instalasi plugin widget importer and exporter wordpress

Tool Importer WordPress bawaan tidak bisa digunakan untuk mengimpor dan mengekspor widget. Namun, hal ini bisa diatasi dengan penggunaan plugin Widget Importer & Exporter.

Meskipun ada penambahan opsi untuk membuat file ekspor dalam format JSON dan bukannya XML, proses ekspor dan impornya tetap sama dengan tool importer bawaan. Kini Anda tak perlu lagi menambahkan widget secara manual!

2. Export WordPress data to XML/CSV

kemudahan drag and drop importer

Jika Anda lebih suka mengedit data dengan Excel, maka plugin ini wajib dimiliki.

Selain itu, plugin ini memungkinkan Anda untuk mengekspor bagian-bagian tertentu dari suatu postingan dengan menggunakan software antarmuka drag and drop. Proses tersulit sekalipun dapat dilakukan dengan mudah.

Walaupun Anda tidak berencana untuk memindahkan konten ke situs lain, Anda masih bisa menggunakan plugin ini untuk mengedit dan mengatur data.

3. Ultimate CSV Importer

plugin ultimate csv importer wordpress

Ultimate CSV Importer memiliki opsi untuk mengekspor data dalam format CSV. Terlebih lagi, tool ini memiliki fitur canggih yang akan menghemat waktu Anda dalam mengelola impor data.

Anda bisa langsung mengimpor gambar dari URL eksternal dalam file CSV. Metode ini menjadi penghemat waktu nyata bagi blogger yang memiliki konten yang penuh dengan foto dan video berukuran besar dan lain-lain.

4. Import users from CSV with meta

plugin wordpress import users from csv with meta

Plugin impor data CSV ini mempermudah Anda dalam mengimpor user dan metadatanya sekaligus. Anda mungkin menemukan ini bermanfaat jika Anda adalah pemilik toko online dengan banyak pelanggan terdaftar.

Dengan plugin ini, Anda dapat mengubah situs tanpa harus memasukkan kembali database user.

Plugin ini berfungsi sama seperti alat importir lainnya. Anda dapat mengekspor data pengguna ke file CSV dan mengimpornya ke situs baru dengan cepat.

Ringkasan

Memindahkan konten dari satu situs ke situs lainnya adalah pekerjaan sederhana tapi bermanfaat.

WordPress Importer menghemat waktu Anda dalam memindahkan data – menghapus semua langkah yang tidak perlu dan membuat proses pemindahan menjadi lebih mudah.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln