Cara Forward Email cPanel
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Forward Email cPanel

Di tutorial ini, Anda akan mempelajari cara forward email. Anda akan mengetahui cara membuat email forwarder untuk akun email Anda dengan mengimplementasikan fitur Email Forwarder di control panel Hostinger dan Forwarder cPanel.

Penting untuk mempelajari tutorial ini jika Anda ingin tahu cara forward email ke akun email yang berbeda. Sebagai contoh, di tutorial ini, kami akan menambahkan forwarder ke akun email test@thomvtutorials.com sehingga emailnya dapat di-forward-kan ke letsforwardhere@thisdomain.com. Anda dapat menggunakan cara yang sama untuk memforward email ke Gmail atau provider email lain.

Anda akan memerlukan

  • Akses ke control panel akun hosting Anda

Cara 1 – Cara forward email di control panel Hostinger

Di Hostinger, memforward email merupakan perkara mudah. Namun, Anda harus memastikan bahwa akun email yang digunakan untuk memforward pesan Anda aktif dan berfungsi dengan baik.

Langkah 1.1 – Cari tool Email Forwarder

Sebagai permulaan, Anda perlu mencari bilah Email Forwarder di control panel. Anda dapat menemukannya di kategori Email.

email forwarder hostinger

Langkah 1.2 – Menambahkan dan mengelola forwarder

  • Di bagian Email Account, Anda harus memasukkan nama dari kotak email yang ingin Anda forward.
  • Forward to e-mail memerlukan detail penerima email yang diforward.

membuat email forwarder

Begitulah cara membuat email forwarder dari test@thomvtutorials.com ke letsforwardhere@thisdomain.com. Informasi tentang forwarder ini akan muncul di bagian Manage Forwarder. Anda dapat menggunakannya untuk Edit forwarder, jikalau Anda melakukan suatu kesalahan atau Delete forwardernya jika memang sudah tidak digunakan.

mengelola forwarder

Cara 2 – Forward email di platform cPanel hosting

Jika Anda menggunakan cPanel, maka Anda juga memiliki tool yang dapat digunakan. Tutorial ini akan mencakup cara menggunakan fitur Forwarder cPanel untuk mengelola email.

Langkah 2.1 – Temukan fitur “Forwarder”

  1. Cari search bar di bagian atas screen cPanel, seperti yang terlihat di screenshot ini:
    letak search bar
  2. Masukkan keyword “Forward” di search bar dan klik link Forwarder yang muncul di bawah bagian Email:
    memasukkan keyword forward

Langkah 2.2 – Gunakan fitur “Add Forwarder”

Setelah klik tombol Forwarder, Anda akan melihat jendela Forwarder:

berbagai opsi di jendela forwarder

Ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih:

  • Managing – Di sini, Anda dapat memilih antara mengelola salah satu domain dari daftar atau seluruh domain yang ada di akun cPanel.
  • Add Forwarder – Anda akan lebih mencurahkan fokus Anda di opsi ini. Add Forwarder memungkinkan Anda untuk membuat email forwarder untuk satu akun email tertentu.
  • Add Domain Forwarder – Opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat forwarder domain wide. Pada dasarnya, domain wide forwarder berarti bahwa semua akun email dalam nama domain tertentu akan memiliki forwarder yang akan meneruskan semua email masuk ke domain yang berbeda. Kami akan membahas opsi ini nanti dalam tutorial ini.

Untuk sekarang, mari pilih opsi Add Forwarder. Anda akan membuka jendela Add a New Forwarder:

menambahkan forwarder

Anda harus memasukkan informasi di bawah ini:

  • Address to Forward – Anda harus memasukkan email yang ingin Anda tambahkan forwarder. Di kasus kami, kami akan menambahkan test (sebelum memulai tutorial ini, kami telah membuat akun email test@thomvtutorials.com). PENTING! Anda tidak harus membuat email untuk mengaktifkan forwarder!
  • Domain – Dari daftar ini, Anda harus memilih nama domain yang memiliki akun email test.

Setelah membuat dua pilihan pertama, kami mendapatkan pemberitahuan bahwa forwarder akan diatur pada akun email ini: test@thomvtutorials.com

Destination – Untuk destination, Anda memiliki beberapa opsi:

  • Forward to Email Address – opsi ini lah yang akan kami pilih. OPsi ini mem-forward email kami ke akun email lainnya. Di dalam kasus kami, kami memilih untuk memforward email ke letsforwardhere@thisdomain.com
  • Discard and send an error to the sender – Opsi ini dapat digunakan jika Anda ingin SEMUA email yang masuk ke akun email tertentu akan dibuang secara otomatis dan pesan otomatis akan dikirim ke pengirim. Pesan otomatis tersebut dapat dituliskan di kolom Failure Message. Kami mengatur pesan otomatis “No such person at this address.” untuk dikirimkan secara otomatis ke pengirim yang emailnya terbuang.

Setelah mengklik “Advanced Options”, maka akan muncul beberapa opsi tambahan:

  • Forward to a system account – Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan opsi ini karena semua email akan di-forward ke akun sistem cPanel default (banyak penyedia hosting tidak mendukung fitur menggunakan akun sistem untuk kebutuhan pribadi).
  • Pipe to a Program – Opsi ini sangat advanced, kami tidak akan membahasnya dalam tutorial ini, tetapi pada dasarnya opsi ini memungkinkan Anda mem-forward email Anda ke program yang ada di direktori Home Anda.
  • Discard – Opsi ini menghapus SEMUA email masuk tanpa mengambil tindakan lebih lanjut. Kami tidak merekomendasikan opsi ini karena pengirim tidak akan menerima pesan peringatan bahwa emailnya tidak sampai ke penerima.

Di tutorial ini, kami memilih untuk menggunakan opsi Forward to Email Address. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, klik tombol “Add Forwarder“. Setelah itu, Anda akan menerima pesan konfirmasi ini:

pesan konfirmasi

Jika mengklik Go Back, Anda harus mengetahui bahwa Forwarder muncul di bagian Email Account Forwarder:

klik go back dan temukan domain forwarder

 

Selamat! Kini, Anda telah berhasil mensetup email forwarder. Anda pun dapat mengelolanya dengan fitur:

  • Email Address – Di bagian ini, Anda akan melihat alamat email yang telah Anda setup forwarder-nya.
  • Forward To – Kolom ini menunjukkan ke mana semua email Anda akan di-forward-kan.
  • ActionsTrace memungkinkan Anda melihat rute yang dilalui oleh email yang di-forward.
  • Delete – Opsi ini digunakan untuk menghapus email forwarder.

Langkah 2.3 – Menggunakan fitur Add Domain Forwarder

Pada jendela Forwarder utama, pilih opsi Add Domain Forwarder. Setelah itu, Anda akan melihat jendela ini:

tambahkan domain forwarder

 

Di jendela ini lah Anda dapat men-setup forwarder domain wide. Fitur ini akan mem-forward SEMUA email yang masuk ke domain spesifik yang dipilih ke domain tujuan yang berbeda. Di kasus ini, kami memilih untuk mem-forward semua email dari thomvtutorials.com ke thisdomain.com, contohnya, jika ada email yang dikirim ke alamat email test@thomvtutorials.com atau test2@thomvtutorials.com, email tersebut akan dikirim secara otomatis ke alamat email yang berkaitan dengan thisdomain.com (test@thisdomain.com or test2@thisdomain.com).

PENTING! Seperti yang tercantum di cPanel Documentation:

Forwarder domain hanya meneruskan email ketika sistem tidak dapat mengirimkannya ke alamat atau penjawab otomatis. Misalnya, jika pengguna mengirim email ke alamat john@example1.com, tindakan berikut mungkin terjadi:

  • Jika alamat john@example1.com atau autoresponder ternyata ada, cPanel tidak akan mem-forward email.
  • Jika alamat john@example1.com atau autoresponder ternyata tidak ada, cPanel akan mem-forward email.

Terakhir, klik tombol Add Domain Forwarder, maka Anda akan melihat jendela konfirmasi seperti ini:

jendela konfirmasi

Kesimpulan

Di tutorial ini, Anda telah mempelajari cara untuk membuat dan mengelola Email Forwarder dengan control panel Hostinger dan juga mengimplementasi fitur Forwarders cPanel. Kami berharap tutorial ini telah mencakup semua aspek utama dari email forwarder dan akhirnya, Anda tahu cara forward email.

Jika Anda memiliki tips and trick yang ingin dibagikan, silakan tinggalkan komentar di bawah!

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial pilihan

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!