Cara Embed Video Youtube di WordPress
access_time
hourglass_empty
person_outline

Cara Embed Video Youtube di WordPress

Selain gambar, video menjadi media lain untuk menarik, menggaet, dan membawa pengunjung kembali ke website Anda. Embed video juga dapat membuat halaman Anda mendapatkan posisi ranking yang lebih baik di Google. Karena itu, kami akan membagikan beberapa cara embed video Youtube ke WordPress dan menunjukkan beberapa plugin yang dapat membantu Anda untuk embed video.

Cara Embed Video di Post atau Halaman

Di bagian ini kami akan meng-embed video YouTube. Namun, langkah yang persis dapat juga dilakukan ke platform video sharing lainnya.

Metode oEmbed

oEmbed adalah protokol yang memungkinkan untuk meng-embed video, gambar, teks, dan lainnya dari situs A ke B hanya dengan memasukkan URL sumber.

Cara ini merupakan cara termudah untuk meng-embed video di WordPress. Anda tidak perlu memahami koding untuk melakukan ini. Berikut adalah langkah-langkah cara embed video YouTube:

  1. Masuk ke YouTube
  2. Temukan video yang ingin Anda embed.
  3. Arahkan pointer mouse Anda ke bar URL dan salin URL vide.
  4. Sekarang, masuk ke visual editor WordPress
  5. Tempel (paste) URL video yang tadi Anda salin dan WOrdPress akan meng-embed videonya secara otomatis.

Contoh:

oembed di post wordpress

Hasil akhir:

Metode Inframe

Metode kedua memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi tampilan video pada pada post atau halaman. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Share yang terletak di atas tombol subscribe.
  2. Klik Embed.
  3. Anda akan menemukan kode inframe dan beberapa kotak opsi. Kotak pertama akan memungkinkan Anda untuk meng-embed video YouTube di menit tertentu. Untuk menyesuaikan waktunya, Anda perlu menonton videonya terlebih dahulu dan mem-pause-nya di menit yang Anda inginkan. Anda juga dapat menunjukkan tombol control dari playernya dengan mencentang kotak kedua.
    cara embed video youtube di wordpress
  4. Salin kode inframe dan masuk ke visual editor WordPress.
  5. Ganti mode visual ke mode teks dan tempel kode embed-nya.

Embed video di sidebar

Kadang, Anda lebih memilih untuk menambahkan video Anda ke sidebar alih-alih menambahkannya ke post. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menyematkan video ke sidebar WordPress Anda:

  1. Dari dashboard admin, arahkan Appearance -> Customize dan klik Widgets.
  2. Anda mungkin memiliki beberapa area sidebar untuk menambahkan video. Pilih sidebar yang diinginkan, dan klik Add a Widget button.
  3. Sekarang, ketikkan ‘video’ di search box.
  4. Setelah itu, Anda akan mendapati widget video berada di bagian kiri. Klik Add Video, dan pilih Insert from URL.
  5. Lalu, salin dan tempel URL video dari YouTube di kotak tersebut.
  6. Setelah itu, preview video akan ditampilkan, klik Add to Widget untuk mengonfirmasinya.
    menggunakan widget untuk embed video
  7. Jika Anda ingin menambahkan judul video, judul tersebut dapat di tambahkan di bagian kiri widget.
  8. Terakhir, klik Save & Publish untuk mengonlinekan videonya.

WordPress juga mendukung auto-embed untuk berbagai platform lain selain YouTube. Anda juga dapat meng-embed post Facebook dan tweet di WordPress. Di bawah ini, kami berikan daftar platform yang mendukung fitur auto-embed WordPress.

  • Vimeo
  • Flickr
  • DailyMotion
  • Hulu
  • Instagram
  • Photobucket
  • Reddit
  • Scribd
  • SlideShare
  • SoundCloud
  • Spotify
  • TED
  • Tumblr
  • WordPress plugin directory
  • WordPress.tv

Alasan Mengapa Anda Tidak Seharusnya Mengupload Video Langsung ke Hosting

Sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus meng-embed video alih-alih menguploadnya ke website secara langsung? Sebenarnya, ada beberapa alasan mengenai hal itu.

Menjaga resource server

Mengupload video akan memakan resource server Anda. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan shared hosting, Anda juga akan mempengaruhi website lain yang menggunakan resource yang sama dengan Anda. Mengelola video juga akan membutuhkan plugin-plugin tambahan. Nah, plugin ini juga akan meningkatkan load server Anda nantinya. Alhasil, performa situs Anda menurun. Jadi, embed video adalah solusi yang tepat untuk Anda jika ingin menambahkan value ke website Anda dengan menambahkan konten tanpa harus kehilangan performa di kemudian hari.

User experience lebih baik

Ketika meng-embed video dari platform video-based seperti youTube, Anda juga memasukkan user experience YouTube yang mengesankanke website Anda. Platform video-based mampu menyesuaikan kualitas resolusi video terbaik dengan mengidentifikasi kualitas tiap perangkat dan kualitas jaringan. Selain itu, penonton diberi kebebasan untuk memilih sendiri resolusi video yang diinginkan. Fitur control player seperti tombol play/pause, volume, dan fast forward pun disediakan oleh platform-nya. Sedangkan, WordPress memroses video dengan cara berbeda. Jika Anda menguploadnya ke WordPress, Anda tidak akan mendapatkan user experience seperti ketika Anda meng-embed video.

Mendapat lebih banyak trafik, visibilitas, dan share

YouTube adalah website yang paling banyak dikunjungi ketiga di dunia. Jadi, ketika Anda mengupload video dari YouTube, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dan trafik, dibandingkan dengan menguploadnya ke website Anda sendiri. Selain itu, mengelola video dari YouTube juga lebih mudah.

Plugin Video Embedding

Anda telah mempelajari bahwa cara embed video WordPress merupakan perkara yang mudah. Namun, plugin embed video yang kami ulas akan membantu Anda dalam melakukan video embedding dan mengelola video Anda dengan lebih baik.

1. Video Embed & Thumbnail Generator

Plugin WordPress gratis ini merupakan tool yang sempurna untuk Anda yang ingin mengubah website Anda menjadi website video-based seperti YouTube. Dengan menggunakan plugin ini, Anda akan mendapatkan beberapa opsi yang dapat digunakan di video player berbeda seperti Video.js, Mediaelement.js, JW Player 6 atau Adobe Strobe Media Playback Flash Player. Yang terbaik dari plugin ini adalah video yang Anda embed akan diubah ukurannya dan akan disesuaikan dengan tempat manapun tanpa peduli player apa yang Anda gunakan. Plugin ini juga akan membuat thumbnail video.

2. ARVE Advanced Responsive Video Embedder

Plugin ini mungkin adalah plugin terlengkap yang mendukung video embedding WordPress. Pertama, plugin SEO-friendly ini akan membantu Anda dalam indexing seperti dengan menentukan judul, deskripsi, dan juga tanggal upload. Seperti namanya juga, plugin ini begitu responsif untuk melakukan video embedding. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan semua fitur tersebut tanpa harus berkutat dengan setting yang ribet. Cukup tempelkan URL video seperti yang Anda lakukan di metode oEmbed.

3. YouTube Embed

Plugin embed yang satu ini dibuat secara khusus untuk user yang suka meng-embed video youTube. YouTube Embed memiliki beberapa fitur utama yang menarik. Pertama, Anda dapat membuat playlist video Anda sendiri dan me-replaynya semau Anda. Keua, Anda dapat membuat playlist dan memberikan rekomendasi berdasarkan pencarian atau username. Terlebih lagi, plugin ini juga mendukung penyesuaian ukuran video secara dinamis sehingga akan sangat cocok untuk tema Anda yang responsif.

Kesimpulan

Video memang menjadi salah satu media untuk memperkaya konten dan memberikan value ke website Anda. Walaupun Anda dapat mengupload video langsung ke WordPress, meng-embed video tentu saja lebih direkomendasikan. Karena Anda juga telah mempelajari beberapa cara embed video YouTube ke WordPress dan juga mengetahui deretan plugin yang dapat mengelola video embed, Anda harus mencobanya. Apakah Anda memiliki pengalaman meng-embed video sebelumnya? Bagikan kisah Anda di kolom komentar.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!