10 Blog Name Generator Terbaik
access_time
hourglass_empty
person_outline

10 Blog Name Generator Terbaik

Saat ini Anda sudah memiliki gambaran tentang blog baru dan memilih platform blogging. Maka salah satu langkah penting selanjutnya adalah menentukan nama blog. Untuk mendapatkan ide nama blog yang apik dan sesuai, Anda bisa menggunakan blog name generator.

Pada artikel ini, kami akan membahas 10 blog name generator terbaik di tahun 2020. Namun, kami ingatkan bahwa blog generator ini hanya kompatibel dengan bahasa Inggris. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

Mengapa Nama Blog Itu Penting?

Sebelum membahasnya lebih jauh, kami akan menjelaskan tentang blog name generator terlebih dulu. Blog name generator adalah tool online yang membuat dan menyarankan nama blog yang unik berdasarkan kata-kata yang Anda ketikkan. Bahkan beberapa blog name generator juga bisa mengecek apakah nama blog yang Anda buat tersedia sebagai domain atau tidak.

Lalu, mengapa nama blog itu penting? Nama blog adalah identitas online yang Anda miliki. Penggunaan nama pada blog sama pentingnya dengan nama untuk perusahaan baru.

Jika ingin beralih dari blogger biasa ke blogger profesional, maka Anda membutuhkan nama blog yang unik tapi mudah diingat.

Beberapa contoh blog yang sudah sukses dan punya nama unik adalah Dooce, Everyday Carry, dan The Everywhereist.

Untuk mendapatkan nama yang eksentrik dan menarik seperti contoh di atas tentunya tidak mudah. Anda harus mengumpulkan sejumlah calon nama blog. Namun, dengan blog name generator, Anda bisa mendapatkan ide nama blog hanya dalam hitungan detik.

Nama Berbasis Brand vs Nama Berbasis Keyword

Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk membuat nama blog maupun domain: berdasarkan pada brand dan berdasarkan pada kata kunci.

Nama Berbasis Brand

Sebagian besar orang pasti sudah pernah mendengar Google, Amazon, dan Facebook. Tiga platform ini memiliki nama brand yang sukses di dunia online. Namanya mudah diingat, dilafalkan, dan juga unik.

Nama berbasis brand biasanya merupakan kombinasi kata-kata yang terinspirasi dari seorang figur atau suatu peristiwa. Terkadang nama-namanya juga bisa berasal dari jargon kekinian, misalnya netizen, atau kata-kata yang dibuat secara acak.

Nama tersebut tidak harus relevan atau memiliki arti. Pastikan saja nama yang dibuat terdengar menarik dan catchy agar blog Anda punya potensi untuk berkembang dan memiliki brand yang baik.

Nama Berbasis Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa yang diketikkan user pada kolom pencarian ketika mereka mencari informasi tertentu. Contohnya, seorang kutu buku akan mengetikkan “buku yang bagus untuk dibaca” di kolom pencarian untuk mencari buku baru agar koleksinya semakin lengkap. Di sini “buku yang bagus untuk dibaca” adalah kata kuncinya.

Nama berbasis keyword berasal dari kata-kata yang punya relasi dengan konten yang dicari orang-orang.Nama yang berbasis kata kunci dibuat berdasarkan kaya-kata yang berhubungan dengan konten yang

Anggap saja Anda berencana untuk membuat blog yang mengulas tentang lagu. Anda memberinya nama Songs Reviews 101 dan domain yang dipilih adalah songsreviews101.net. Jika setelah dicek ketersediaannya domain tersebut telah digunakan oleh user lain, maka Anda bisa mengandalkan kata awalan atau akhiran untuk membuat varian nama domain.

Beberapa user lebih suka menggunakan nama blog berbasis keyword karena mereka bisa mencetak awalan atau permulaan yang baik di mesin pencari. Orang-orang juga lebih mudah mencari blog jika nama atau domainnya sesuai dengan sebagian atau semua top keyword.

Tentunya Anda tidak ingin orang-orang menghindari blog Anda hanya perkara nama yang rumit, kan? Maka dari itu, pastikan nama apa pun yang dipilih untuk blog Anda haruslah mudah diingat, singkat, dan simpel.

Blog Name Generator Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, blog name generator adalah tool online yang akan membantu Anda dalam menentukan ide nama blog. Berikut 10 blog name generator terbaik.

1. Name Generator

blog name generator

Sebagai salah satu blog name terbaik, Name Generator punya kemampuan untuk membuat nama blog yang orisinil dan menarik. Nantinya tool ini akan menanyakan semua informasi terkait blog, mulai dari kata kerja, kata sifat, nama hingga tempat tinggal Anda.

Jika enggan memasukkan informasi pribadi, klik opsi Suggest dan sistem akan memunculkan daftar nama yang disarankan secara acak. Daftar nama inilah yang jadi keunggulan utama tool ini: Anda akan menemukan nama dengan format klasik, berima, bahkan kombinasi kata-kata yang dibuat otomatis oleh komputer.

Sayangnya, jumlah nama yang disarankan terbatas dan juga tool ini tidak punya fitur untuk mengecek ketersediaan domain. Namun satu yang pasti, Anda tetap bisa mencari nama yang tepat untuk blog.

Meskipun tool ini membantu Anda dengan ide nama blog, Anda masih tetap harus menggunakan tool online lainnya untuk mengecek apakah nama blog yang ditargetkan sudah terpakai atau belum.

2. Zyro Business Name Generator

Zyro Business Name Generator's Homepage

Zyro’s AI-powered business name generator yang dikembangkan oleh Zyro adalah pilihan hebat lainnya yang harus Anda coba. Alat ini secara hati-hati terintegrasi dengan teknologi AI, yang memungkinkannya mengikuti contoh industri terbaik saat menghasilkan nama bisnis yang catchy untuk Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan keyword yang terkait dengan niche, bisnis, atau blog Anda. Lalu, tunggu satu atau dua detik, dan periksa daftar nama alat yang dihasilkan.

3. Wordoid

Wordroid homepage

Sesuai dengan namanya, Wordoid akan menyarankan daftar kata yang menarik untuk merepresentasikan sebuah ide atau konsep baru. Generator ini bahkan memiliki software antarmuka cerdas yang memudahkan usernya untuk meninjau lebih banyak pilihan nama.

Wordoid mendukung lima bahasa, yaitu Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, dan Italia. Anda bisa menggabungkan lebih dari satu bahasa untuk membuat varian nama domain.

Selain itu, tool ini menawarkan opsi quality level yang menentukan kualitas nama blog yang dihasilkan. Anda bisa memilih levelnya mulai dari high, medium, hingga low. Semakin tinggi level kualitasnya, maka semakin natural kata-kata yang dibuat oleh generator ini.

Pola wordroid juga dapat disesuaikan. Anda dapat menggunakan kata tertentu sebagai awalan, isi, atau akhiran.

Sementara itu, untuk panjang frasanya, Anda dapat mengatur maksimal 15 dan minimal 5 karakter. Anda pun bisa menampilkan atau menyembunyikan kata-kata dengan kombinasi domain.com dan .net yang tidak tersedia.

4. DomainWheel

domain wheel blog name generator

DomainWheel merupakan online tool gratis yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh nama, domain, dan bahkan URL blog yang tepat. Anda bisa memasukkan satu atau beberapa keyword ke generator ini. Setelah itu, akan muncul sejumlah opsi nama blog yang bisa dijadikan rekomendasi.

Jika ingin memfilter atau menyaring pencarian berdasarkan ekstensi yang dipilih, gunakan opsi Search Domain yang tersedia. Namun bila nama blog yang ditampilkan tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, Anda bisa scroll ke bawah untuk mengecek berbagai nama blog yang disarankan secara acak.

DomainWheel juga akan merekomendasikan kata-kata yang punya rima dan bunyi serupa dengan keyword yang Anda masukkan. Setelah domain yang diinginkan tersedia untuk dimiliki, segeralah mendaftarkannya dengan mengklik opsi View Details.

5. Name Mesh

name mesh blog name generator

Name Mesh adalah blog name generator terbaik jika Anda sudah punya daftar keyword yang hendak digunakan. Cara memakai tool ini sederhana, cukup masukkan satu atau beberapa keyword ke kolom pencarian dan klik Generate. Karena ada delapan kategori yang ditawarkan oleh tool ini, maka hasil pencarian akan ditampilkan satu per satu menurut kategori tersebut.

Keunggulan lain yang ada di Name Mesh adalah tersedianya berbagai pilihan domain premium beserta daftar harganya.

Generator ini pun memudahkan Anda yang ingin menyaring hasil pencarian berdasarkan panjang karakter dan ekstensi. Apabila nama yang ditargetkan bisa digunakan, Anda bisa langsung mendaftarkannya ke daftar registrar yang disediakan oleh Name Mesh.

6. Lean Domain Search

lean domain search blog name generator

Tahukah Anda kalau orang-orang di balik Lean Domain Search adalah orang-orang yang juga mengembangkan WordPress? Maka tak heran kalau platform ini dibuat semudah mungkin dan juga gratis. Anda hanya perlu memasukkan keyword, lalu menekan Search, kemudian akan muncul ribuan varian domain .com yang tersedia.

Tool ini memungkinkan Anda untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan popularitas, panjang karakter, atau alfabet. Selain itu, Anda juga bisa menyortir nama yang dimulai atau diakhiri dengan keyword.

7. DomainsBot

domains bot blog name generator

DomainsBot merupakan blog name generator yang mudah digunakan. Hal ini tak lepas dari tampilan dashboard-nya yang rapi. Setelah mengetikkan keyword dan mengklik Search, sistem platform ini akan menampilkan daftar nama domain yang tersedia beserta opsi pendaftaran.

Untuk menyaring hasil pencarian, Anda cukup beri tanda centang pada kategori yang tersedia di interface yang terletak di sisi kiri. Anda bisa memilih ekstensi mulai dari top-level domain (TLD hingga generic top-level domain (gTLD).

8. Panabee

panabee homepage

Desain yang menarik, performa yang cepat, dan kemudahan penggunaan menjadikan Panabee sebagai salah satu tool yang paling banyak digunakan untuk membuat nama blog dan mencari rekomendasi nama domain. Ketikkanlah satu atau dua kata yang mendeskripsikan konten blog Anda dan sistem tool ini akan memprosesnya.

Cara kerja Panabee adalah dengan menggabungkan dua kata kunci, menghilangkan atau menggandakan huruf, serta menukar kata kunci terkait.

Panabee menyediakan ekstensi domain .com, .org, .net, .us, dan lain-lain. Anda bisa memilih salah satu yang diinginkan dan mengecek ketersediaannya.

Satu hal yang membedakan Panabee dari tool generator lain adalah tersedianya fitur yang memungkinkan Anda untuk mengecek apakah nama blog yang dipilih belum digunakan di berbagai platform media sosial. Keberadaan fitur ini sangat membantu perkembangan bisnis dan usaha Anda.

9. Blog Title Generator

blog title generator

Blog Title Generator yang dikembangkan oleh SEOpressor cenderung digunakan sebagai tool untuk mencari judul atau konten blog daripada tool untuk membuat nama domain atau brand. Anda pasti cukup familiar dengan versi premium dari plugin ini jika menggunakan WordPress.

Selain gratis, generator ini juga menyediakan tips membuat headline dan judul yang menarik untuk konten blog.

10. NameStation

namestation blog name generator

NameStation juga termasuk blog name generator yang paling banyak digunakan. Hanya saja, fitur yang disediakan cukup terbatas.

Ketikkan kata kunci di bagian Keyword Domains Generator yang ada di halaman Domains Search. Sistem tool ini akan mengolah keyword tersebut dan kemudian menampilkan daftar nama domain secara acak. Sebagian besar nama blog yang disarankan merupakan gabungan dari keyword yang Anda masukkan dan kata-kata yang tidak terkait.

Satu-satunya fitur Name Station yang mungkin bisa menarik perhatian user adalah kontes nama. Akun yang sudah terdaftar bisa berkontribusi dalam kontes dengan memposting ide nama blog atau domain untuk user lain.

Kesimpulan

Memilih nama blog itu penting sebagaimana nama blog mencerminkan identitas online. Buatlah nama yang mudah dipasarkan secara luar jika Anda berencana untuk membawa blog ke ranah bisnis. Jika ingin blog Anda ramah SEO, kami sarankan untuk membuat nama berbasis keyword.

Mencari ide nama blog memang tidak begitu mudah. Namun dengan adanya blog name generator, Anda bisa mendapatkan nama yang tepat.

DomainWheel dan Nameboy adalah tool generator yang mudah digunakan dan sangat sesuai bagi user yang ingin mencari nama blog atau domain dengan cepat. Sementara itu, bagi user yang ingin memperoleh hasil pencarian yang mendetail, gunakan Wordoid, Name Mesh, dan Panabee.

Pilihlah satu dari 10 blog name generator terbaik di atas dan buatlah nama blog yang unik dan tak terlupakan.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!