access_time
hourglass_empty
person_outline

Bagaimana Cara Merintis Bisnis Dropship?

Anda mungkin pernah bermimpi untuk memiliki bisnis online dropship. Tetapi Anda tidak tahu pasti bagaimana harus memulainya. Tenang saja, lewat artikel ini kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda ketahui selengkapnya. Mari, kita mulai!

Apa itu Bisnis Dropship?

Pertama-tama, kami akan menjelaskan tentang definisi dari dropship.

Singkatnya, ini adalah model bisnis dimana Anda bisa menjual produk tanpa harus memiliki bentuk fisik produk yang ingin dijual. Jadi, supplier produk akan mengirim langsung kepada pembeli setelah melakukan transaksi.

Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan? Anda bisa mendapatkannya dengan cara menetapkan harga barang sendiri. Itu berarti Anda harus memasang harga yang lebih tinggi dibanding harga yang telah ditetapkan oleh supplier.

Oleh karena itu, mekanisme bisnis dropshipping akan menjadi seperti ini:

  1. Pelanggan membeli produk dari dropshipper.
  2. Dropshipper memesan produk kepada supplier.
  3. Supplier mengirimkan produk kepada pelanggan.

Meskipun sedang naik daun, bisnis dropship juga memiliki keuntungan dan kerugian yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berkecimpung di dunia drop shipping.

Keuntungan

Dalam daftar berikut akan ditampilkan beberapa faktor yang membuat bisnis dropshipping layak untuk dicoba:

  • Mudah untuk memulainya – hal ini berbeda dengan bisnis lain yang mengharuskan Anda untuk mengikuti prosedur yang rumit dan memiliki sumber tertentu. Anda hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang stabil untuk memulai bisnis online drop shipping.
  • Minim resiko – hanya ada satu hal yang perlu menjadi catatan yakni produk yang akan ditawarkan kepada konsumen
  • Modal usaha kecil – Anda tidak perlu pusing dengan modal atau mempekerjakan orang untuk menanganinya. Modal usaha akan jauh lebih kecil dari yang diperkirakan.
  • Menjual beraneka macam produk – sebagai dropshipper, Anda memiliki kesempatan menjual produk lebih dari satu supplier. Ini membuat Anda menjadi lebih kreatif dalam menentukan produk apa yang ingin Anda jual kepada konsumen.
  • Fleksibel – dengan laptop, Anda bisa bekerja dan berbisnis dimanapun Anda mau.

Kerugian

Walaupun bisnis ini terdengar sangat menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi sebelum Anda memulai bisnis dropshipping:

  • Persaingan ketat – ada banyak orang bergabung dalam bisnis dropship, oleh karenanya Anda akan harus bekerja keras untuk menjadi lebih dari yang lain.
  • Keuntungan rendah – karena Anda akan dihadapkan dengan banyaknya vendor yang berkompetisi, perang harga mungkin saja terjadi. Ini berarti Anda harus menetapkan harga serendah mungkin untuk membuat tawaran yang lebih menarik. Tetapi, hal ini dapat dihindari jika Anda menemukan niche produk yang akan dijual dengan persaingan bisnis yang tidak begitu ketat.
  • Masalah supplier – jika Anda memilih supplier yang buruk, Anda bisa saja mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan supplier yang buruk akan merusak reputasi Anda dengan pengiriman yang bermasalah, pengemasan yang buruk dan respon yang lama.  Bagaimanapun, kesalahan ada di luar kendali Anda.
  • Sulit untuk mengelola persediaan – Anda harus sering memastikan ketersediaan barang kepada supplier untuk menyesuaikannya dengan jumlah barang yang tersedia di toko Anda.
  • Pelayanan – Anda adalah satu-satunya orang yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Jika terjadi suatu masalah, Anda harus dengan sabar mendengarkan komentar pelanggan.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dropshipping?

Sejauh ini Anda sudah tahu hal-hal mendasar tentang bisnis dropshipping. Sekarang, kami akan memberitahu Anda tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk memulai bisnis ini.

Kami akan memberi tips mulai dari mencari ide produk untuk dipasarkan di toko dropshipping Anda. Berikut ini adalah langkahnya:

1. Mencari Ide Bisnis Dropshipping

Sebelum Anda terjun langsung ke pasar, terlebih dahulu ketahui produk apa yang akan Anda jual. Memilih produk berdasarkan keinginan Anda akan berakibat buruk kedepannya.

Pertama, identifikasi target pasar Anda. Ketahui masalah yang ada di target pasar dan pilih produk yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Jadi, produk Anda akan dipandang bernilai oleh konsumen.

Yang terpenting, produk harus bisa bernilai untuk pembeli dan penjual. Itulah mengapa Anda perlu memastikan jika produk yang ingin Anda tawarkan menguntungkan dan memiliki prospek di dunia industri kedepannya.

Dengan menggunakan Google trends Anda bisa mengecek apakah produk yang Anda pilih masuk kedalam tren atau tidak.

Anda dapat memasukkan keyword untuk mencari trend berdasarkan negara Anda

Jika Anda sudah yakin dalam memilih niche tertentu, langkah selanjutnya adalah menemukan supplier yang tepat.

Anda juga perlu membandingkan kandidat supplier dari segi kredibilitas, kebijakan perdagangan dan kualitas produk yang mereka tawarkan.

Pastikan bahwa supplier tidak akan memberi resiko besar pada bisnis Anda dalam jangka panjang. Lebihnya, Anda harus meyakinkan supplier untuk menjadi partner yang hebat dalam bisnis ini. Dengan kata lain, relasi antara keduanya haruslah saling menguntungkan.

Kemudian, ada beberapa pertanyaan yang bisa menjadi acuan Anda sebelum memilih produk:

  1. Seberapa populer niche produk tersebut?
  2. Supplier seperti apa yang Anda harapkan untuk bekerja sama?
  3. Di daerah mana saja Anda akan memasarkan produk tersebut?

Menjawab beberapa pertanyaan di atas akan membantu Anda dalam menemukan produk yang sesuai untuk bisnis dropship.

2. Mendapatkan Nama Domain

Mengetahui produk apa yang akan dijual menjadi salah satu hal yang penting. Selain itu juga tidak kalah pentingnya membuat pelanggan menemukan produk Anda.

Itulah mengapa Anda harus menjamin bahwa pelanggan tahu dimana harus mencari ketika mereka ingin membeli produk Anda.

Setiap toko membutuhkan alamat. Sama halnya dengan bisnis online yang membutuhkan alamat dalam bentuk nama domain.

Utamanya, Anda perlu membuat domain semudah mungkin untuk diingat dan membuatnya sesuai dengan target konsumen. Karena dengan domain, pelanggan akan mencari kapanpun mereka membutuhkan produk Anda.

Mungkin Anda sudah memiliki beberapa ide untuk nama domain. Namun, apakah itu masih tersedia?

Jangan khawatir, karena Anda bisa memeriksa ketersediaan nama domain pada tool cek domain Hostinger.

Cek domain murah

Cukup ketikkan nama domain Anda untuk melihat apakah tersedia atau tidak. Selain memberi informasi mengenai ketersediaan, Hostinger akan merekomendasikan nama domain yang lain.

3. Mewujudkan Toko Online

Jadi, Anda sudah memiliki nama domain sendiri. Lalu, bagaimana caranya membangun toko online?

Membangun toko online bisa dilakukan dengan menggunakan WordPress. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasangnya.

Untuk mempermudah prosesnya, gunakan WordPress automatic installer Hostinger. Setelah itu, WordPress akan secara otomatis terpasang dan siap untuk digunakan di situs Anda.

Setelah sukses mengonlinekan WordPress, Anda bisa menginstal plugin Woocommerce. Ini akan memudahkan  untuk membuat toko online di situs Anda.

tampilan website woocommerce

Terakhir, setelah WordPress dan Woocommerce selesai terinstal, Anda siap untuk melengkapi situs Anda dengan menambahkan produk dan merancang toko online.

4. Menetapkan Rincian

Menambahkan produk ke dalam toko online bisa jadi rumit. Karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

Biaya Pengiriman

Anda harus mempertimbangkan jenis tarif pengiriman apa yang akan dibebankan kepada pelanggan. Terkadang, pelanggan memeriksa dahulu biaya pengiriman sebelum membeli. Sementara itu, ada tiga jenis tarif pengiriman yang dapat Anda pilih:

  • Tarif per jenis – Untuk jenis ini biaya ditentukan berdasarkan ukuran produk. Ini berarti, produk yang berukuran kecil bisa dikenakan biaya yang lebih rendah dibandingkan produk yang lebih besar.
  • Tarif real time — pilihan ini lebih fleksibel karena harga akan mengacu pada berat produk dan tujuan pengiriman. Oleh karenanya, biaya pengiriman antar produk akan lebih bervariasi.
  • Tarif tetap – Tarif tetap adalah salah satu jenis tarif yang paling mudah untuk digunakan. Karena harga pengiriman akan disamakan untuk semua jenis pengiriman.

Pajak

Jika negara tempat Anda tinggal mengharuskan untuk membayar pajak penjualan, Anda harus mengetahui berapa besaran pajak yang akan dikenakan. Kemudian, biaya disesuaikan dengan total pembelanjaan yang harus dibayarkan pelanggan pada setiap produknya.

Untuk hal ini, akan lebih baik bertanya pada mereka yang ahli perpajakan.

Metode pembayaran

Metode pembayaran akan mempengaruhi pengalaman berbelanja pelanggan. Semakin nyaman metode yang ada, pelanggan akan semakin puas.

Anda bisa memanfaatkan popularitas beberapa metode pembayaran untuk menarik perhatian pelanggan. Lebih lanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa metode pembayaran memberikan biaya transaksi yang kecil.

5. Mempromosikan Bisnis Anda

Pada tahap ini, Anda harus memikirkan bagaimana mempromosikan bisnis dropship. Beberapa cara seperti digital marketing bisa menjadi pilihan untuk memasarkan bisnis Anda secara lebih luas.

Berikut ini, ada beberapa metode digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk bisnis online dropshipping:

SEO

Banyak orang menggunakan internet untuk melakukan pencarian, apabila Anda menggunakan promosi secara online, sudah pasti hal ini akan memberi keuntungan.

Salah satu metode yang paling terkenal dari pemasaran online adalah search engine optimization (SEO). Dengan menggunakan SEO, situs Anda akan memiliki peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Untuk mengelola performa SEO di situs Anda, beberapa riset dibutuhkan tentang bagaimana mesin pencari bekerja.

Jika Anda bisa memaksimalkan kinerja SEO, toko yang dikelola dapat dikenal oleh khalayak luas secara bertahap dengan meningkatkan peringkat situs Anda.

Iklan Berbayar (PPC)

Ada cara lain untuk membuat peringkat situs Anda berada di urutan atas pada halaman mesin pencari yaitu dengan search engine marketing (SEM). Ini bisa jadi salah satu strategi yang bisa digunakan untuk digital marketing.

Teknisnya, Anda membeli tempat iklan pada mesin pencari, lalu Anda perlu menawarkan kata kunci pada campaign yang ingin dijalankan. Keberhasilan penawaran bergantung pada kesesuaian kata kunci dengan iklan dan nilai dari tawaran Anda.

Untuk mengelola hal-hal ini, Anda bisa menggunakan Google Adwords.

tampilan google ads

Berbeda dengan SEO, metode ini membuat Anda mengeluarkan sejumlah uang. Sesuai dengan namanya, Anda perlu membayar berdasarkan seberapa banyak iklan tersebut diklik. Semakin sering iklan diklik, maka biaya yang harus Anda bayar akan semakin besar.

Namun disisi lain, toko online dropshipping Anda akan dikenal secara luas di tempat iklan berbayar yang aman

Selain pilihan PPC, sosial media bisa menjadi alternatif lainnya. Anda bisa memesan iklan berbayar melalui Facebook atau Instagram. Anda bisa menargetkan demografis tertentu sebagai target pasar Anda dan mengarahkan orang-orang untuk melihat bisnis dropshipping Anda.

Promosi melalui Email (Email Marketing)

Agar tidak kehilangan pelanggan, Anda bisa tetap terkoneksi dengan mereka melalui email marketing. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana metode ini bisa bekerja.

Langkah pertama dari email maarketing ini adalah menyusun email. Melalui email, Anda bisa menawarkan produk gratis, diskon dan beberapa penawaran menarik lainnya.

Dari sini, Anda bisa melakukan pemasaran lewat email marketing. Kirimkan newsletter, penawaran menarik, email yang menggerakan minat pembaca, dan lain lain. Strategi ini akan membantu Anda untuk menciptakan kedekatan dengan pelanggan.

Kesimpulan

Sebelum berkecimpung ke dalam bisnis dropshipping, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan memperhatikan keuntungan dan kerugian yang didapat. Jika Anda bersedia untuk berkomitmen mengerjakannya, sudah pasti bisnis Anda akan sukses.

Melalui artikel ini, Anda sudah belajar beberapa langkah untuk merintis bisnis dropshipping Anda. Berikut ringkasannya:

  1. Mencari ide bisnis dropshipping
  2. Mendapatkan nama domain
  3. Membangun toko online
  4. Menetapkan rincian
  5. Mempromosikan bisnis Anda

Sekian, semoga beruntung dan sukses membangun bisnis dropshipping milik Anda.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!