WordPress

Adakah Biaya Membuat Website WordPress? Berapa Jumlahnya?

Adakah Biaya Membuat Website WordPress? Berapa Jumlahnya?

“Apakah menginstall dan membuat website WordPress gratis sepenuhnya?” Pasti pertanyaan seperti ini yang muncul di benak Anda ketika memutuskan untuk menggunakan WordPress sebagai platform CMS website atau blog nantinya. Sayang sekali, jawabannya tidak semudah ya atau tidak. Ada dua versi WordPress yang harus Anda ketahui: WordPress.com dan WordPress.org. Di tutorial ini, kami akan membahas kedua versi WordPress tersebut dan juga biaya membuat website atau blog berbasis WordPress.

Sejarah Singkat WordPress

WordPress pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003 oleh dua pendirinya, Mike Little dan Matt Mullenweg. Seiring dengan berjalannya waktu, WordPress kini lebih dikenal sebagai sistem manajemen konten yang popularitasnya telah mendunia. WordPress dikembangkan oleh komunitas open source. Fakta ini mungkin benar adanya karena WordPress sejatinya dirilis di bawah naungan GPL (General Public License). Singkatnya, GPL menjadikan WordPress sebagai software yang open-source yang dapat didistribusikan, dimodifikasikan, dibagikan, dan lain sebagainya secara gratis. GPL menganut empat freedom atau kebebasan:

  • Bebas (freedom) menggunakan software untuk tujuan apa pun;
  • Bebas (freedom) mempelajari cara kerja software serta memodifikasikannya;
  • Bebas (freedom) mendistribusikan software;
  • Bebas (freedom) memperbaiki error, membuat perbaikan atau perubahan (improvement), menampilkan berbagai trik, dan mendistribusikan semua yang dilakukan atau dimiliki ke komunitas sehingga semua user memperoleh manfaat dan kelebihan yang sama.

Pada saat mengembangkan WordPress, Matt Mullenweg, co-founder WordPress, membuat Automattic. Perusahaan ini dibangun dengan tujuan untuk membantu orang-orang yang tidak punya keahlian atau kemampuan khusus dalam bidang teknis agar dapat membuat website dengan mudah.

Untuk menyasar semua user dari berbagai segmen, WordPress pada akhirnya merilis dua versi: WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress version 0.7

Apakah WordPress.com Gratis?

Beranda utama WordPress.com

WordPress.com berada di bawah kepemilikan Automattic. Platform ini merupakan versi modifikasi WordPress yang menawarkan layanan basic blogging untuk setiap usernya.

Automattic paham bahwa penggunaan WordPress saja tidak cukup untuk membuat website atau blog yang fungsional secara menyeluruh. Ada berbagai persyaratan teknis yang wajib dipenuhi, misalnya hosting, nama domain, dan bantuan teknis. Hanya saja, hal-hal teknis seperti ini kedengaran terlalu memberatkan bagi mereka yang hanya ingin membuat blog sederhana. Karena itulah, perusahaan kemudian melengkapi WordPress open source dengan semua layanan tambahan yang diperlukan agar user bisa membuat blog saat itu juga tanpa harus setup hosting, nama domain, atau bahkan memahami pengetahuan teknis terlebih dulu.

Membuat dan mengonlinekan blog di WordPress.com sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mendaftar dan membuat akun, menambahkan hal-hal mendasar tentang blog, dan selesai sudah! Blog siap online dan memikat perhatian pengunjung.

Paket dan Harga Website WordPress.com

WordPress.com menawarkan 6 paket berbeda:

  • Gratis
  • Blogger
  • Personal
  • Premium
  • Business
  • eCommerce

Jika menginginkan biaya membuat website WordPress gratis, maka pilihlah paket WordPress.com yang paling pertama. Sama seperti layanan gratis lainnya, paket Gratis WordPress.com juga memiliki keterbatasan dan kekurangan. Misalnya, Anda tidak bisa menggunakan nama domain premium. Bahkan Anda terpaksa menikmati ads atau iklan yang ditampilkan Automattic di website atau blog. Untuk kapasitas ruang penyimpanannya sendiri, WordPress hanya memberikan 3GB. Selain itu, Anda hanya bisa mengakses kustomisasi dasar dan tema gratis serta tidak mendapatkan plugin tambahan. Apabila ingin memasang fitur yang lebih canggih di website, maka Anda harus mengupgrade paket dasar ke paket yang lebih tinggi atau lebih besar nilainya. WordPress.com menawarkan 5 paket berbayar yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan website dan layanan yang ingin ditambahkan, misalnya custom domain, tema premium, dan bantuan teknis.

Berikut beberapa hal yang akan Anda dapatkan jika memilih WordPress.com:

  • Hosting – Untuk urusan hosting, WordPress.com yang akan menanganinya. Anda tidak perlu khawatir atau bahkan mencari hosting untuk memaksimalkan potensi WordPress.com.
  • Domain – Anda akan mendapatkan subdomain gratis WordPress (misalnya, contoh.wordpress.com) yang disertakan dalam paket dasar Gratis. Jika menginginkan domain yang unik dan bukannya subdomain, Anda harus upgrade ke paket berbayar.
  • Tidak Ada Code Access – Anda tidak punya akses ke kode website. Itu berarti Anda tidak bisa memodifikasi website. Hal ini tentu menjadi kekurangan WordPress.com jika Anda menginginkan layanan atau pilihan custom.
  • Tema Terbatas – Paket gratisnya memang menawarkan sejumlah tema. Sayangnya, opsinya sangat sedikit dan terbatas. Untuk pilihan tema yang lebih banyak serta premium, Anda harus upgrade ke paket berbayar. Hanya saja, bahkan jika yang dipilih paket berbayar, tema premium yang diterapkan hanya bisa dari direktori WordPress.com saja. Tema premium dari pihak ketiga tidak dapat disertakan.
  • Plugin Terbatas – Sama seperti tema, Anda juga harus upgrade ke paket Business untuk menginstall plugin ke website. Bahkan di paket yang paling mahal pun, Anda tetap tidak dapat mengaktifkan plugin dari pihak ketiga.
  • Kontrol Situs yang Terbatas – Anda tidak punya kontrol penuh terhadap data dan konten yang ada di situs. WordPress akan menindaklanjuti website yang data atau kontennya melanggar kebijakan WordPress.com.
  • Monetisasi – Pilih paket berbayar jika Anda ingin mendatangkan penghasilan lebih dari website atau blog.

Jadi, apakah WordPress.com gratis? Dengan paket dasar WordPress.com, Anda bisa membuat blog atau website tanpa biaya sepeser pun. Namun, paket dasar WordPress.com tidaklah cukup bahkan bagi blogger pemula sekalipun. Cepat atau lambat, Anda pasti akan mengupgrade ke paket berbayar yang disediakan WordPress.com.

Apakah WordPress.org Gratis?

Beranda utama WordPress.org

WordPress.org merujuk pada the real WordPress karena selain open source, software ini juga dikembangkan oleh komunitas WordPress. Siapa pun boleh mengunduh, menggunakan, dan mengustomisasikannya secara cuma-cuma.

Anda pastinya bertanya-tanya, mengapa developer rela menghabiskan waktu selama berjam-jam bahkan berhari-hari mengembangkan WordPress tanpa mendapatkan imbalan atau gaji?

Pertama, banyak orang yang suka berkontribusi dalam pengembangan software open source dan menganggap kesempatan ini sebagai jalan untuk meningkatkan kemampuan coding yang mereka miliki. Kedua, komunitas developer tidak memperoleh penghasilan dengan mengembangkan WordPress secara langsung, tetapi mereka mendapatkannya dengan membuat serta mengembangkan berbagai hal untuk WordPress. Kebanyakan developer menjual plugin dan tema WordPress atau menjalankan bisnis yang terkait dengan WordPress (misalnya, WordPress hosting). Jika WordPress kian membaik, maka permintaan akan software ini juga kian meningkat. Semakin banyak orang yang menggunakan WordPress, maka semakin banyak pula keuntungan yang mereka peroleh dengan menjual produk dan layanannya.

Versi ini bisa diunduh dan dijalankan secara gratis, tapi untuk ‘menghidupkan’ environment teknisnya, Anda harus membeli domain dan hosting. Tahukah Anda kalau hosting dan domain bisa didapatkan secara gratis? Silakan cari penyedia hosting gratis, seperti id.000webhost.com. Namun, apabila menginginkan fitur yang lebih canggih serta resource yang lebih banyak, Anda harus membeli layanan WordPress hosting.

Tak hanya menyediakan paket gratis saja, WordPress.org juga menawarkan beberapa kelebihan ini:

  • Hosting – Walaupun harus membeli layanan hosting, memiliki WordPress self-hosted akan memberikan kontrol penuh bagi Anda untuk mengelola website.
  • Domain – Dengan adanya kontrol penuh, Anda dapat membuat nama domain sendiri.
  • Code Access – Anda akan mendapatkan code access dan bisa membuat modifikasi ke seluruh file.
  • Tema – Install tema apa pun yang Anda inginkan.
  • Plugin – Sama seperti tema, Anda bisa menginstall plugin apa pun yang disukai. Anda bahkan diizinkan untuk menginstall plugin premium dari pihak ketiga.
  • Kepemilikan data – Anda punya kontrol penuh terhadap data dan konten website.

Jadi, apakah WordPress.org gratis? Jawabannya adalah ya! Softwarenya gratis dan dirilis di bawah naungan GPL. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda punya kontrol penuh terhadap website. Kembangkan dan modifikasikan website ke tampilan dan fungsi apa pun yang Anda inginkan. Namun, jika ingin memaksimalkan kekuatan WordPress ini, Anda harus membeli hosting premium dan juga nama domain. Tentunya biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Di bawah ini kami akan menjelaskan seberapa banyak estimasi biaya pembuatan website atau blog.

Berapa Biaya Membuat Website WordPress atau Blog?

Kini Anda sudah tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Anda juga sudah tahu berapa banyak biaya yang harus dibayarkan jika memilih WordPress.com, terlebih platform tersebut hanya menawarkan 5 paket berbayar. Akan tetapi untuk WordPress.org, harga website WordPress sedikit lebih beragam. Berikut ini kami akan mencoba menyebutkan estimasi biaya pembuatan website atau blog.

Biaya Utama

Ada dua hal paling penting dan utama yang wajib dimasukkan dalam pembiayaan ini:

Domain

Dalam istilah yang lebih sederhana, domain adalah alamat yang membantu para klien atau pelanggan yang ingin mengakses website Anda. Meskipun domain wajib dimiliki, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan domain dengan harga terjangkau. Banyak domain yang dijual dengan harga yang lebih bersahabat. Bahkan ada pula provider hosting, seperti Hostinger, yang menawarkan layanan hosting beserta domain gratis di dalamnya.

Hosting

Membeli hosting berarti Anda menyediakan ruang bagi server untuk menyimpan file website. Kecepatan dan keamanan website tergantung sepenuhnya pada hosting. Karena itulah, Anda harus berhati-hati dalam memilih layanan hosting.

Biaya Tambahan

Biaya tambahan bersifat opsional. Anda bebas memilih apakah ingin membeli tema dan plugin premium atau tidak.

Tema Premium

Jika menurut Anda desain website berperan penting dalam merepresentasikan brand atau Anda memang ingin mengaktifkan fitur custom tambahan, maka sudah saatnya Anda memilih tema WordPress berbayar. Namun, jika Anda ingin meminimalkan biaya membuat website seefisien mungkin, pilihlah tema gratis yang disediakan WordPress. Karena setiap tema memiliki tampilan dan fungsi yang berbeda, pastikan Anda memilih tema sesuai dengan visi dan misi website atau blog.

Plugin Premium

Plugin merupakan tool yang penting untuk setiap situs berbasis WordPress. Dengan menginstall plugin, Anda dapat menambahkan fungsionalitas tambahan ke situs.

Di dalam direktori plugin WordPress, terdapat lebih dari 45 ribu plugin gratis. Jika plugin yang tersedia belum cukup memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda, maka Anda bisa menginstall plugin premium lain dari pihak ketiga.

Kesimpulan

Menjawab pertanyaan “Apakah WordPress gratis?” tidaklah sesederhana yang dipikirkan. Ada dua versi WordPress: WordPress.com yang dimiliki oleh Automattic dan software gratis WordPress.org. Kedua versi WordPress ini dapat digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, jika menginginkan fitur premium, nama domain yang bisa dibuat sendiri (custom) serta akses ke semua tema dan plugin WordPress, maka Anda harus memilih untuk membeli paket WordPress berbayar di WordPress.com atau mengaktifkan WordPress.org di hosting berbayar.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln