19 Website Belajar WordPress untuk Pemula
access_time
hourglass_empty
person_outline

19 Website Belajar WordPress untuk Pemula

WordPress adalah salah satu Sistem Manajemen Konten (CMS) yang canggih, selalu diperbarui, dan mudah digunakan. Namun, keunggulan WordPress tidak hanya seputar tiga poin itu saja. Ada banyak hal yang akan Anda temukan jika meluangkan waktu untuk belajar WordPress dan menguasai platform ini.

Anda bisa belajar membuat website dengan WordPress, seperti situs eCommerce, portal berita, blog, portofolio online, forum diskusi, dan lain-lain.

Ada banyak sumber online untuk belajar WordPress, tetapi tidak semuanya kredibel. Di artikel ini, kami telah merangkum 20 website tepercaya bagi yang ingin tahu cara memakai WordPress dan mendalaminya.

Cari hosting untuk buat website WordPress? Segera berlangganan paket WordPress Hosting dan dapatkan diskon besar-besaran!

Beli Hosting

Hal yang Perlu Diketahui Tentang WordPress

Di internet, Anda akan menemukan berbagai konten tentang WordPress dan cara menggunakannya. Nah, agar Anda tahu konten yang pertama kali harus dibaca oleh user pemula, kami sudah memilihkan lima topik untuk dipelajari.

1. Pengertian WordPress dan Cara Install WordPress

WordPress adalah CMS yang menyokong lebih dari 455 juta website. Karena itu, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang WordPress. Dimulai dari hal-hal mendasar, seperti cara install WordPress hingga memilih plugin dan tema.

Anda juga perlu mengetahui kenapa domain dan hosting dibutuhkan untuk menginstall WordPress. Sebagian provider hosting menyediakan 1-click installer, tapi sebagian yang lain mengharuskan Anda untuk menginstall WordPress secara manual.

2. Glosarium Dasar WordPress: post, halaman, kategori, dashboard admin, editor visual, dan lainnya

Saat belajar WordPress, penting bagi Anda untuk mengenal nama tool dan fiturnya, seperti dashboard admin, visual editor, tema, plugin, dll. Semua nama ini disebutkan hampir di setiap tutorial WordPress.

3. Plugin WordPress

Plugin membantu Anda dalam menyempurnakan tampilan dan fungsionalitas website. Ada lebih dari 56 ribu plugin gratis dan berbayar di repositori WordPress. Selain itu, ada ribuan pihak ketiga yang membuat plugin premium. Oleh karena itu, Anda harus tahu plugin yang paling mendukung kebutuhan Anda dan juga cara menginstallnya.

4. Tema WordPress

Tema mencerminkan website. Sama seperti plugin, tema juga dapat ditemukan di repositori WordPress. Jika tidak ada tema WordPress yang disukai, Anda bisa membeli tema premium dari layanan pihak ketiga. Setiap tema memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Oleh sebab itu, pilihlah tema sesuai tujuan, fungsi, dan jenis website.

5. Kustomisasi WordPress

Karena keunikannya, kustomisasi setiap website berbeda-beda. Walaupun plugin dan tema mengubah tampilan website, pengaturan standarnya mungkin tidak sesuai dengan selera Anda. Dengan belajar CMS WordPress, Anda jadi tahu cara kustomisasi tampilan website agar lebih menarik.

Website untuk Belajar WordPress

Setelah mengetahui topik apa saja yang sebaiknya dipelajari oleh user pemula, kini Anda bisa memulainya dengan mengunjungi 19 website di bawah ini.

1. WordPress.org Codex (Gratis)

wordpress codex unutk belajar wordpress

WordPress Codex layaknya buku panduan WordPress online yang disusun oleh WordPress.org. Anda bisa belajar WodPress secara lengkap dari website ini, terlebih lagi ada artikel tambahan berisikan semua masalah teknis yang kerap terjadi di WordPress. Website ini sangat cocok untuk developer web, developer plugin, ataupun developer tema yang ingin mendalami hal-hal teknis seputar platform populer ini.

WordPress Codex juga seperti wiki. Artinya, Anda bisa berkontribusi dalam mengedit, menerjemahkan, dan juga mendiskusikan setiap informasi yang ada di repositori WordPress.

Kalau Anda hanya ingin mempelajari WordPress sekadarnya saja, website ini tidak terlalu kami rekomendasikan. Namun jika Anda memang ingin mendalaminya, tidak ada salahnya mendedikasikan sebagian waktu untuk belajar website WordPress di situs ini.

2. WordPress TV (Gratis)

Belajar WordPress di WordPress TV

Seperti WordPress Codex, WordPress TV juga dimiliki oleh WordPress.org. Penggunannya gratis, bahkan Anda tidak perlu membuat akun. WordPress TV menggunakan video sebagai media untuk membagikan pengetahuan kepada pengunjung. Selain mudah dipahami oleh pemula, video pembelajaran  yang dipublikasikan juga membahas berbagai topik, seperti cara menggunakan WordPress atau info terbru terkait pengembangan web.

Bagusnya lagi, video yang ada di website belajar WordPress ini dibuat oleh user-nya. Jadi, selama Anda mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda bisa mengajukan video yang diproduksi sendiri dan bergabung dengan komunitas user WordPress dari seluruh dunia.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh WordPress TV adalah pencarian konten berdasarkan bahasa yang dipilih. Gunakan tool ini untuk mencari konten dalam bahasa yang dimengerti atau jika Anda ingin mempelajari bahasa lain.

3. Lynda.com (Berbayar)

halaman depan lynda

Lynda menawarkan kursus online dengan berbagai topik, seperti bisnis, desain, fotografi, pengembangan software, dan lainnya. Topik cara menggunakan WordPress juga pasti masuk di dalamnya.

Tersedia layanan coba gratis selama sebulan dan sesudahnya akan dikenai biaya berlangganan sebesar 29.99 USD per bulannya. Jika ingin memperoleh diskon sebanyak 33%, pilih paket tahunan.  Meskipun Lynda tidak gratis, apa yang Anda akan dapatkan selama belajar di website ini sangat setimpal.

Anda dapat menonton video tutorialnya berulang kali, melatih kecakapan dengan mengikuti kuis, dan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Materi pembelajaran yang tersedia juga digolongkan berdasarkan level kemampuan, durasi, topik, pemateri, dan tipe pembelajaran. Cek juga jumlah view untuk memudahkan Anda dalam memilih video yang tepat.

4. Tutorial WordPress di Hostinger.co.id

Belajar WordPress di Blog Hostinger

Selain menyediakan layanan web hosting, Hostinger juga memiliki blog yang membahas berbagai informasi seputar website WordPress. Bahkan Anda bisa mempelajari hal lainnya, seperti tips SEO, membuat toko online, atau membuat website sendiri.

Setiap tutorial dan artikel di blog Hostinger bisa diakses secara gratis. Navigasinya pun mudah, cukup ketikkan kata kunci untuk mencari dan membaca tutorial tertentu. Apalagi kalau Anda sekalian berlangganan layanan hosting di Hostinger, blog ini seolah jadi panduan Anda dalam memaksimalkan kemampuan pengembangan website.

Tak hanya WordPress, Hostinger juga mengulas topik tentang sistem manajemen konten lainnya, seperti Joomla! dan Drupal.

5. Smashing Magazine (Free)

halaman depan smashing magazine

Smashing Magazine adalah majalah publikasi online yang mencakup berbagai macam topik mulai dari desain web, desain grafis, coding, hingga mobile development. Semua konten ini bisa dibaca secara gratis!

Majalah online ini menyediakan kategori tambahan yang secara eksklusif membahas WordPress. Agar mudah dibaca, Smashing Magazine menampilkan kontennya dengan struktur blog. Sayangnya, tidak semua artikelnya ditulis untuk user pemula.

Setiap artikel memiliki perkiraan waktu baca dan juga menyediakan kolom komentar. Di kolom ini, Anda bisa membaca pengalaman user lain, misalnya tips yang diberikan berhasil atau tidak.

6. Official WordPress Lesson (Gratis)

kursus resmi wordpress

Selain WordPress TV, WordPress.com juga merilis situs belajar WordPress untuk pemula, yaitu WordPress.com LEARN. Di sini, Anda akan mempelajari hal-hal dasar tentang WordPress secara gratis.

Official WordPress Lessons menyediakan tutorial yang akan membantu Anda dalam mengonfigurasi website langkah demi langkah. Topiknya meliputi install WordPress, pemilihan tema, personalisasi website, publikasi postingan dan halaman, dan fungsi dasar lainnya.

Meskipun tidak selalu dilengkapi dengan gambar atau video yang menarik, setiap langkah di tutorialnya mudah diikuti oleh pemula. Bagi yang sudah berada di level menengah, Official WordPress Lessons tidak disarankan.

7. WP101 (Berbayar)

wp101 penuh dengan tutprial video

WP101 merupakan platform belajar WordPress khusus pemula yang bahkan menjanjikan penguasaan CMS ini hanya dalam satu jam. Tutorialnya disuguhkan dalam bentuk video dan dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitan.

Di situs ini, Anda juga akan mengenal dan mempelajari plugin WordPress populer, seperti JetPack, Yoast SEO, Gutenberg, dan WooCommerce. Platform ini pun menyediakan bantuan bilamana Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang WordPress.

Setiap topik menghadirkan video tutorial gratis. Untuk mendapatkan akses penuh, Anda harus membayar biaya berlangganan sebesar 19 USD/bulan dan 49 USD/tahun untuk paket All-Access Pass atau 99 USD untuk seumur hidup.

Setelah membayar, Anda bisa mencoba layanan ini terlebih dulu selama seminggu. Jika tidak puas dengan materi yang disajikan, Anda boleh membatalkan langganan dan meminta pengembalian dana secara penuh.

8. WP Sessions (Berbayar)

Belajar panduan WordPress di WP Sessions

WP Sessions ditujukan bagi mereka yang sudah paham akan hal-hal dasar tentang WordPress dan ingin mendalaminya lebih jauh. Konten yang dihadirkan di situs ini memiliki tingkat kesulitan menengah (intermediate) dan atas (advance). Namun, dengan adanya koleksi video, Anda bisa lebih mudah dalam memahami platform WordPress.

Memang Anda tak perlu mendaftar menjadi anggota untuk mempelajari semua kontennya. Akan tetapi, tidak ada salahnya, kan, mengeluarkan sedikit biaya sebesar 15 USD per bulannya untuk berlangganan? Agar lebih hemat, beli paket tahunannya dan dapatkan 5 bulan tambahan secara gratis. Kelebihan dari paket ini adalah materi pembelajaran yang bisa diunduh, adanya tambahan kursus (bonus), dan panduan personal yang akan membantu Anda dalam memilih topik kursus berikutnya.

9. WP Apprentice (Gratis dan Berbayar)

Belajar WordPress lengkap di WP Apprentice

WP Apprentice menawarkan kursus singkat gratis (Quick Start) selama satu jam untuk mempelajari hal-hal dasar mengenai WordPress. Dengan adanya 10 video tutorial, platform ini menjadi tempat belajar WordPress yang pas bagi pemula.

Di level berikutnya, ada WordPress Essentials Course yang menyajikan lebih banyak panduan dan video pelatihan. Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan sebesar 15 USD/bulan untuk All-Access Pass atau 75 USD untuk durasi enam bulan. Baca tutorial gratisnya dan tonton video tutorial yang akan membantu Anda dalam mempelajari dan menguasai seluk-beluk WordPress.

Beberapa topik pembelajaran yang ada di WP Aprrentice adalah membuat konten yang menarik perhatian pembaca, menambah fitur bisnis, menjual produk dan layanan, dan menaikkan peringkat di halaman pencaran.

10. WPKube (Gratis)

Belajar WordPress untuk pemula di WPKube

Sebenarnya, WPKube lebih seperti blog daripada kursus online. Namun, situs ini punya banyak topik seputar WordPress. Ditambah lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk membaca panduan beserta ulasannya. Untuk mempersempit pencarian, Anda bisa menyaring konten dengan mengecek kategori.

Agar tidak ketinggalan konten terbaru WPKube, daftarkan diri Anda menggunakan alamat email dan buletin akan dikirimkan secara berkala.

11. iThemese Training (Gratis dan Berbayar)

Panduan WordPress di iThemes

iThemes memang dikhususkan untuk tutorial WordPress saja. Semua topik ada di sini, mulai dari cara login hingga cara menambahkan link.  Bahkan Anda bisa menonton webinar live gratis dengan mendaftarkan diri terlebih dulu atau menonton rekaman webinar tanpa harus membuat akun di situs iThemes.

Selain tutorial penggunaannya, iThemes juga menghadirkan panduan WordPress, misalnya, di bidang SEO atau plugin. Level pembelajarannya dimulai dari pemula (beginner) dan akan terus berlanjut hingga tingkat lanjut (advance).

Coba website ini selama 30 hari secara gratis.Setelah itu, Anda diharuskan untuk membayar 39 USD per bulannya.

12. The Tao of WordPress (Berbayar)

The Tao of WordPress

The Tao of WordPress merupakan panduan WordPress yang tak hanya dilengkapi dengan tips dan trik, tapi juga teknik terkini dan contoh nyata. Buku online ini memiliki semua topik mulai dari tingkatan pemula hingga tingkat lanjut (advance).

Setiap materi dijelaskan dengan langkah yang sederhana. Begitu pula dengan pengkodean yang kompleks, jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga yang pemula tidak merasa kewalahan.

Topik awal eBook ini berkisar di pengaturan dasar, misalnya pengaturan default, pengaturan tema dan plugin bawaan. Dari topik ini, Anda nantinya diharapkan tahu cara konfigurasi, cara mengamankan, dan cara mengoptimasi website.

Selain teknik-teknik dasar, panduan WordPress online juga memberikan banyak informasi seputar SEO. SEO sendiri sangat penting dipelajari oleh setiap pemilik website agar situsnya bisa terlacak mesin pencari dan muncul di halaman hasil pencarian. Di samping SEO, The Tao of WordPress juga mengajarkan cara menyesuaikan website agar selaras dengan konsep dan tujuan proyek online Anda, misalnya menambahkan fitur media sosial, forum, dan slider.

Di akhir buku digital ini, ada bab tambahan berisikan tips dan trik dalam menambahkan fungsi baru dan memodifikasi tampilan website. Bagusnya lagi, The Tao of WordPress memiliki satu tema gratis yang fleksibel, responsif, ringan, dan dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik WordPress. Selain belajar WordPress, Anda juga bisa menerapkan tips yang sudah didapat langsung di situs ini, yakni membuat dan mengatur tema.

Biaya berlangganan The Tao of WordPress adalah 38 USD. Nantinya Anda akan mendapatkan buku digital, satu tema eksklusif, akses ke member area, dan update gratis seumur hidup.

13. Udemy (Gratis dan Berbayar)

Udemy

Udemy menghadirkan banyak kursus dan tutorial online, termasuk tutorial WordPress. Sebagian besar topik pembelajarannya dilengkapi dengan video beresolusi tinggi, garis besar materi, dan konten yang dapat diunduh.

Bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk belajar WordPress, Udemy wajib dikunjungi. Video dan modul pembelajarannya lebih singkat dibandingkan dengan video tutorial di YouTube. Meskipun durasinya pendek, video tutorial Udemy padat isi. Selain itu, videonya bisa dijeda di tengah-tengah kursus dan bahkan diputar ulang seandainya Anda ingin mempelajarinya sekali lagi.

Untuk mengakses kontennya, Anda hanya perlu buat akun dan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci dan minat. Setiap konten disertakan ulasan dan rating. Jadi, konten yang mendapatkan rating tinggi dan juga ulasan yang banyak akan berada di posisi atas. Anda juga jadi lebih mudah dalam menyortir konten dan topik yang hendak dipelajari.

Konten gratisnya membahas berbagai macam topik, misalnya Langkah-Langkah Membuat WordPress dari Nol (Steps to Create a WordPress Site from Scratch), Panduan Lengkap Keamanan WordPress (Complete WordPress Security), dan Cara Mendesain Website (How to Build a Website for Your Web Design).

Jika Anda ingin mengikuti kursus yang diajarkan oleh tutor kelas atas, ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan. Harganya dimulai dari 12.99 USD.

Dengan berlangganan kursus berbayar, Anda akan diberikan akses chat dan pesan. Anda bisa langsung bertanya kalau-kalau kontennya rusak atau mengalami kendala teknis lainnya. Tidak ada konten yang dibatasi. Jika sudah membayar, semua modulnya dapat dibaca kapan saja, seumur hidup.

14. Joy of WP (Gratis dan Berbayar)

Joy of WP

Website belajar WordPress lainnya yang dapat diandalkan adalah Joy of WP. Di situs ini, ada lebih dari 50 video yang membahas berbagai info penting seputar WordPress. Jika ada pertanyaan tentang kursus yang diikuti, Anda bisa langsung bertanya pada pengelola websitenya.

Ada dua kursus gratis yang ditawarkan, yakni WP A to Z Series dan How to WordPress. Kursus yang disebutkan pertama memberikan enam modul dasar WordPress, yakni cara menginstall WordPress, link, tema, blogging, plugin, dan web hosting. Sedangkan untuk yang disebutkan terakhir, ada dua module, yakni panduan Gutenberg dan WP Potpourri.

Setiap modul membahas beragam topik dan disertakan video dan juga Quiz untuk mengetes seberapa jauh Anda memahami topik yang diberikan. Tidak ada syarat khusus untuk mengakses konten Joy of WP. Anda hanya perlu membuat dan mendaftarkan akun.

Apabila Anda ingin mendalami WordPress dan dilatih secara pribadi, Joy of WP menawarkan private training. Beberapa contoh topik yang dapat dipelajari di private training ini adalah Elementor, Gravity Forms, dan WooCommerce. Masing-masing topik pembelajaran memiliki biaya yang berbeda-beda, berkisar antara 85 USD sampai 200 USD.

Kelebihan lain Joy of WP adalah Anda bisa mendesain bahan pembelajaran sendiri. Sampaikan apa yang ingin dipelajari ke pengelola website dan mereka akan memberikan perkiraan biaya kursusnya.

15. LearnWoo (Gratis)

LearnWoo

LearnWoo menyediakan konten seputar platform eCommerce terpopuler, termasuk WooCommerce (plugin WordPress untuk menambahkan fungsi keranjang belanja). Meskipun demikian, Anda masih bisa mempelajari informasi terkait WordPress di situs ini.

Di halaman blognya, ada lebih dari 100 artikel yang membahas mengenai pemahaman dasar WordPress. Sebagian postingan blognya memuat topik pembuatan website gratis, penginstallan tema, dan WordPress debugging.

Selain tema, LearnWoo juga menghadirkan video informatif yang mencakup sejumlah topik, mulai dari plugin WordPress terbaik hingga cara mengamankan konten menggunakan password.

Kalau Anda tidak puas dengan artikel yang ada, LearnWoo memberikan solusi lain, yakni satu set eBook gratis tentang WordPress dan WooCommerce. Melalui buku digital ini, user pemula bisa belajar SEO WordPress dan juga pemasaran (marketing), optimasi performa situs, belajar membuat website toko online dengan WordPress, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan eBook LearnWoo, Anda harus menjadi anggota premium terlebih dulu. Di samping eBook, manfat lain dari mendaftar anggota premium adalah bebas mengajukan pertanyaan tentang WordPress.

Setelah berhasil membangun website WordPress sendiri dan ingin menyempurnakannya dengan tema atau plugin berbayar, Anda dapat menggunakan kupon WordPress dan WooCommerce yang ditawarkan LearnWoo.

16. WebsiteSetup.og (Gratis)

WebsiteSetup.org

WebsiteSetup ditujukan bagi user pemula yang ingin mempelajari desain web, pengembangan website, dan juga WordPress. Tujuan dibuatnya situs ini adalah untuk memudahkan Anda dalam membuat website, entah itu blog, website bisnis, atau website sederhana untuk proyek skala kecil.

Di situs ini, tersedia lebih dari 100 tutorial dan panduan WordPess. Sebagian besar artikel mencakup cara buat website dan blog, perbandingan layanan hosting, HTML & CSS, dan kustomisasi WordPress tingkat lanjut. Setiap postingan WebsiteSetup menampilkan level pembelajaran. Jadi, Anda bisa tahu postingan atau konten seperti apa yang harus dipelajari terlebih dulu.

Bagi yang tertarik dengan bidang pengembangan tema WordPress, WebsiteSetup menyediakan cheat sheet lengkap berisikan shortcut keyboard, perintah (command), dan fungsi yang paling umum digunakan.

Situs ini tidak menerapkan artikel bersponsor. Jadi, Anda tidak akan melihat adanya banner iklan, dan tampilan laman web lebih rapi. Konten WebsiteSetup diperbarui secara berkala berdasarkan topik trending dan tanggapan pembaca.

WebsiteSetup melengkapi situsnya dengan beberapa opsi kontak. Kalau ada pertanyaan, Anda bisa segera menghubungi mereka melalui pilihan kontak yang tersedia.

17. Toolset (Gratis)

Toolset

Toolset adalah plugin untuk menambahkan custom post type, custom post field, dan custom post taksonomi ke situs WordPress tanpa pengkodean. Selain meningkatkan kualitas performa blog, Toolset juga menyediakan kursus gratis. Salah satu topik yang diulas adalah custom type.

Mengetahui cara membuat halaman dan postingan sederhana saja tidaklah cukup jika Anda berencana memiliki website yang unik. Setidaknya Anda harus tahu cara menambahkan dan menggunakan custom post type dan custom post field. Untuk menguasai bidang ini, Anda bisa mengikuti kursus custom type milik Toolset.

Kursusnya sengaja dirancang untuk user pemula yang belum punya pengalaman sama sekali di lingkup pembuatan dan pengembangan website. Materi pembelajaran di kursus ini dibuat serapi dan semudah mungkin untuk dipahami. Namun tetap saja, akan lebih baik kalau Anda sudah mengerti panduan dasar WordPress.

Kursus Toolset terdiri atas tiga bab yang menjelaskan pemahaman dasar custom post type dan sejumlah teknik penggunaan untuk level tingkat lanjut. Masing-masing bab juga dilengkapi dengan video panduan yang dapat ditonton secara berurutan. Di akhir setiap bab, akan ada ringkasan dan beberapa pertanyaan untuk mengetes tingkat pemahaman Anda.

Untuk menyempurnakan belajar WordPress, Toolset juga memberikan training material yang dapat diunduh. Jadi, Anda bisa langsung menerapkan pengetahuan dan informasi yang diperoleh.

18. Hongkiat (gratis)

Hongkiat

Hongkiat memiliki banyak konten terkini seputar desain dan teknologi. Postingannya diterbitkan mingguan dan membahas banyak topik, mulai dari tutorial, tips dan trik, hingga rekomendasi tool.

Di dalamnya juga tersedia banyak artikel yang menjelaskan berbagai hal penting seputar WordPress. Sebagai contoh, ada konten yang membahas apa saja yang harus dilakukan setelah menginstall WordPress, seperti menginstall plugin, mengubah permalink, dan mengamankan website.

Selain pemahaman dasar WordPress, Hongkiat juga mempublikasikan konten dengan topik tema, plugin, dan keamanan WordPress. Anda bisa mempelajari soal plugin untuk pengembangan website, tool untuk mengamankan situs, panduan membuat tema WordPress yang punya nilai jual, dan masih banyak lagi.

Hongkiat juga menawarkan kursus belajar WordPress gratis untuk pemula. Anda hanya perlu menambahkan alamat email di mailing list mereka untuk memperoleh akses ke kursus yang disediakan.

19. MakeAWebsiteHub (Gratis)

MakeAWebsiteHub

MakeAWebsiteHub menyediakan banyak tutorial WordPress beserta ulasan produk yang ditulis selama beberapa tahun terakhir. Situs ini dirancang untuk membantu user pemula yang ingin mempelajari WordPress dan membuat website menggunakan platform populer ini.

Sebagian besar tutorialnya mudah diikuti, bahkan dilengkapi dengan informasi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu task. Beberapa konten khusus pemula seperti Cara Membuat Blog dengan WordPress (How to Start a Blog with WordPress), Panduan Keamanan WordPress Bagi Pemula (Beginners’ Guide to WordPress Security), dan Mempercepat Loading Website (Speed up Your Website).

MakeAWebsiteHub juga membuat ulasan tentang plugin WordPress. Ulasan ini akan membantu Anda dalam memilih plugin yang tepat. Selain plugin, platform ini juga mengulas tentang registrar domain dan provider web hosting terbaik.

Kesimpulan

Banyak yang menganggap WordPress masih sangat friendly untuk user pemula. Sayangnya, tidak semua aspek WordPress bisa langsung dipahami begitu saja oleh mereka. Oleh karena itu, dengan adanya 19 website belajar WordPress ini, user pemula maupun yang sudah berada di level menengah bisa memperoleh banyak info mengenai CMS ini.

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi salah satu panduan WordPress online di atas? Jika ya, Anda boleh berbagi pengalaman dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!