12 Resource Belajar WordPress untuk Pemula
access_time
hourglass_empty
person_outline

12 Resource Belajar WordPress untuk Pemula

WordPress adalah salah satu Sistem Manajemen Konten (CMS) powerful terkini. Banyak orang yang menyukai WordPress karena CMS ini mudah digunakan. Namun, saat Anda mulai mendalaminya, Anda akan merasa bahwa Anda perlu belajar WordPress.

Selain itu, dengan belajar WordPress, Anda dapat membuat berbagai jenis website. Dengan WordPress, Anda dapat membuat situs eCommerce, portal berita, portofolio online, forum diskusi, dan lain-lain. Ada banyak sekali resource di Internet, tetapi tidak semuanya kredibel. Itu lah mengapa kami telah membuat daftar resource panduan WordPress.

Apakah Anda mencari hosting yang mumpuni untuk website WordPress? Dapatkan di Hostinger segera dan dapatkan diskon menarik!

Beli WordPress Hosting

Hal Mengenai WordPress yang Perlu Dipelajari

Karena ada banyak sekali hal yang dapat Anda pelajari, Anda harus tahu setidaknya dari mana Anda harus memulai. Di artikel ini, kami memberikan daftar topik yang berguna ketika Anda pertama kali belajar WordPress.

1. Apa itu WordPress dan Bagaimana Cara Instal WordPress?

WordPress adalah CMS yang menyokong lebih dari 75 juta website. Karena itu, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang WordPress. Mulai dari dasar seperti cara menginstal WordPress, hingga memilih plugin dan tema.

Anda juga perlu tahu mengapa Anda membutuhkan domain dan layanan hosting untuk menginstal WordPress. Beberapa provider hosting mungkin menyediakan 1-click installer. Nmaun, ada beberapa provider yang mengharuskan Anda untuk menginstal WordPress secara manual.

2. Glosarium Dasar WordPress: post, halaman, kategori, dashboard admin, editor visual, dan lainnya

Sebagai pemula, mengetahui beberapa istilah mengenai WordPress tentunya akan menjadi hal yang baik. Istilah tersebut seperti dashboard admin, editor visual, tema, plugin, dan lainnya. Anda akan sering menemukan istilah-istilah tersebut di hampir seluruh panduan WordPress.

3. Plugin WordPress

Plugin membantu Anda dalam meningkatkan tampilan dan fungsionalitas website dengan ringkas. Ada lebih dari 56 ribu plugin gratis dan berbayar di repositori WordPress. Selain itu, ada ribuan ribuan produsen pihak ketiga yang membuat plugin premium untuk website Anda. Sehingga, Anda harus tahu plugin apa yang paling mendukung kebutuhan Anda dan juga mengetahui cara menginstal plugin di situs WordPress.

4. Tema WordPress

Tema situs adalah wajah dari website Anda. Layaknya plugin, ada ribuan tema yang dapat Anda temukan di repositori WordPress. Anda juga memiliki opsi untuk membeli tema premium dari pihak ketiga. Tiap tema memiliki keunikan dan fiturnya sendiri. Tiap website yang tujuannya berbeda tentu saja membutuhkan tema yang berbeda pula. Itu lah mengapa, Anda harus berhati-hati saat memilih tema WordPress untuk website.

5. Cara Kustomisasi WordPress

Tiap website itu unik, begitu pun kustomisasinya. Walau plugin dan tema dapat memberikan pengaruh tampilan dari awal, pengaturan defaultnya mungkin saja tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, Anda akan memerlukan kustomisasi untuk website Anda kedepannya.

Resource Rekomendasi untuk Belajar WordPress

Kami telah mengumpulkan daftar topik resource untuk belajar WordPress yang harus Anda pelajari. Sekarang, mari ulas 12 resource untuk belajar WordPress.

1. WordPress.org Codex (Gratis)

wordpress codex unutk belajar wordpress

WordPress Codex ini seperti buku panduan online milik WordPress. Dinaungi oleh WordPress.org, WordPress Codex menjadi resource yang terpercaya untuk mempelajari WordPress secara gratis. Halaman ini menawarkan dokumentasi tambahan yang semuanya terkait dengan WordPress. Oleh karena itu, resource ini sangat cocok untuk developer apapun – mulai dari web, plugin, ataupun tema, untuk belajar hal-hal teknis WordPress.

Hal yang menarik dari WordPress adalah resorce ini juga sebuah wiki.Yang artinya, Anda dapat mengambil bagian untuk mengedit, menerjemahkan, berkontribusi, dan juga berdiskusi tentang tiap bagian informasi yang ada di repositori WordPress.

Jika fokus utama Anda adalah mempelajari level permukaan WordPress, Anda dapat melewatkan WordPress Codex. Namun, jika Anda mencari informasi yang lebih mendalam, di sini lah tempatnya.

2. WordPress TV (Gratis)

wordpress tv platform belajar wordpress

Seperti WordPress Codex, WordPress TV dimiliki oleh WordPress.org. Resource untuk belajar WordPress ini juga gratis, dan Anda tidak perlu mendaftarkan akun untuk mempelajari panduannya. Seperti namanya, WordPress TV menggunakan video sebagai media untuk membagikan pengetahuan dengan pengunjung. Videonya mudah dipahami oleh pemula dan membahas topik yang luas seperti cara menggunakan WordPress atau berita terkait web development.

Selain itu, videonya dibuat oleh user WordPress. Selama Anda mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda dapat mengumpulkan video Anda dan bergabung dengan komunitas user WordPress seluruh dunia.

3. Lynda.com (Berbayar)

halaman depan lynda

Secara umum, Lynda menawarkan kursus online dengan berbagai topik, seperti bisnis, desain, fotografi, software development, dan lainnya. Tentunya, WordPress coaching menjadi salah satu hal yang ditawarkan.

Jika Anda memilih untuk belajar WordPress dengan Lynda, Anda akan mendapatkan uji coba sebulan gratis. Setelah itu, Anda akan dikenai biaya berlangganan sebesar 29.99 USD per bulan. Namun, Anda akan mendapatkan diskon 33% jika memilih paket tahunan. Walaupun tidak gratis, Lynda memberikan pelayanan yang setimpal. Anda dapat melihat video tutorialnya berulang kali, berlatih dengan kuis, dan mendapatkan sertifikat untuk lulus dari kursus. Topik yang tersedia juga terklasifikasi untuk tingkat pemula, menengah, dan lanjut.

4. Hostinger.com WordPress Tutorials

tutorial hostinger lengkap

Selain menjadi solusi web hosting, Hostinger juga memiliki knowledge base WordPress yang luas. Daftar tutorialnya adalah sumber yang bagus untuk memulai semua hal yang berhubungan dengan web. Di sana, Anda dapat menemukan banyak artikel yang akan membantu Anda mencapai ketenaran online Anda.

Tutorial di Hostinger sepenuhnya gratis dan situsnya ramah pemula, sehingga mudah untuk menemukan apa yang ingin Anda pelajari. Ini memiliki bagian yang diperluas untuk mengakomodasi semua hal tentang WordPress. Ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai setelah Anda memilih platform hosting Anda sebagai Hostinger.

Namun, jangan biarkan nama Tutorial menyesatkan Anda. Artikel-artikel tersebut tidak terbatas pada konten “Bagaimana-untuk”. Ini juga menyediakan berbagai topik seperti plugin dan rekomendasi tema atau hal-hal terkait teknis. Selain itu, Tutorial Hostinger juga menyediakan basis pengetahuan yang bermanfaat untuk sistem manajemen konten lainnya, seperti Joomla! dan Drupal. Anda dapat menemukan semua tutorial WordPress di sini.

5. Smashing Magazine (Free)

halaman depan smashing magazine

Smashing Magazine adalah majalah publikasi online yang mencakup topik mulai dari desain web, desain grafis, coding, hingga mobile development. Semua yang kami sebutkan tadi benar-benar gratis.

Kami memasukkan Smashing Magazine sebagai salah satu resource terbaik untuk belajar WordPress karena platform ini memiliki kategori luas yang secara eksklusif berisi semua hal mengenai WordPress. Artikel-artikel tersebut diatur dalam bentuk blog agar mudah dicerna oleh pembaca. Namun, Anda mungkin akan menemukan bahwa sebagian besar artikel tidak beginner-friendly.

6. Official WordPress Lesson (Gratis)

kursus resmi wordpress

Selain WordPress TV, WordPress.com juga merilis sumber daya super ramah untuk pemula di learn.wordpress.com. Sumber tutorial resmi ini akan membantu Anda mempelajari dasar-dasar WordPress secara gratis.

Pelajaran WordPress Resmi akan menuntun Anda langkah demi langkah untuk membuat bahkan konfigurasi paling dasar ke situs web Anda. Ini mencakup tutorial dari tahap persiapan, memilih tema, mempersonalisasi situs web Anda, mempublikasikan posting dan halaman, dan semua fungsi dasar lainnya. Meskipun tidak penuh dengan gambar atau video yang menarik, langkah-langkahnya dapat diikuti dengan mudah oleh pemula. Jika Anda ingin mempelajari WordPress di tingkat menengah, sumber ini tidak disarankan.

7. Team Treehouse (Gratis dan Berbayar)

treehouse untuk course wordpress

Team Treehouse adalah platform kursus online lain yang memungkinkan Anda untuk belajar WordPress. Berbeda dengan Lynda yang memberikan berbagai topik kursus online, Team Treehouse memiliki fokus untuk memberikan edukasi terkait dengan teknologi.

Team Treehouse juga menyediakan beberapa paket berbayar. Namun, Anda bisa mendapatkan uji coba gratis selama 7 hari untuk tiap paketnya. Paket basic dibanderol seharga 25 USD per bulan. Untuk yang ingin mempelajari semua fitur yang tercanggih, Treehouse menawarkan paket Pro dan TechDegree seharga masing-masing 49 USD dan 199 USD per bulan. Dengan pelajaran yang lebih advanced, Team Treehouse menawarkan berbagai keuntungan seperti akses tak terbatas, mendownload video untuk belajar offline, feedback yang dipersonalisasikan tergantung pada kode yang Anda buat, atau bahkan jadwal yang fleksibel. Selain itu, platform ini juga memberikan paket untuk team learning.

8. WP101 (Berbayar)

wp101 penuh dengan tutprial video

WP101 adalah platform video-based yang berfokus pada tutorial tentang WordPress. Platform ini sangat cocok untuk pemula. Selain itu, WP101 menjanjikan user pemulanya dapat mengerti dasar WordPress dalam 1 jam.

Video di WP101 juga dikategorikan menurut level kesulitan WordPress. Terlebih lagi, WP101 akan menunjukkan plugin populer kepada Anda, seperti JetPack, Yoast SEO, Gutenberg, WooCommerce, dan lain-lain. Platform edukasional ini juga menawarkan jawaban jika Anda memiliki beberapa pertanyaan seputar platformnya.

Untuk mendapatkan layanan di atas, Anda harus merogoh kocek sebesar 49 USD per tahun. Jika Anda ingin mendapatkan solusi WP101 secara gratis, Anda dapat membuka blog WP101.

9. WP Sessions (Berbayar)

platform wpsessions

WP Sessions adalah platform hebat ketika Anda siap melangkah dari tutorial level pemula ke tingkat menengah atau advanced. Tidak hanya itu, koleksi video WP Sessions tidak hanya dapat membantu Anda seputar situs WordPress. Platform ini juga membantu Anda dalam hal launching produk bisnis Anda dengan sebaik mungkin.

Anda harus menjadi member untuk mengakses konten pelatihan yang diberikan resource ini, Namun, hanya dengan merogoh kocek sebesar 8 USD per bulan, tentunya tidak akan membuat kantong Anda jebol. Jika Anda merasa cocok dengan WP Sessions dan ingin menaikkan subscription-nya, Anda dapat berlangganan paket tahunannya dan mendapatkan trial 5 bulan gratis. Plan berbayar memungkinkan Anda untuk men-download video training langsung ke perangkat Anda, mendapatkan bonus kursus dan bimbingan personal terkait hal yang akan dipelajari selanjutnya.

10. WP Apprentice (Gratis dan Berbayar)

wp apprentice untuk resource belajar wordpress

WP Apprentice memiliki Quick Start yang membantu Anda dalam mempelajari dasar-dasar WordPress dalam satu jam. Dengan 10 video tutorial yang beginner-friendly, WP Apprentice memberikan course yang sempurna untuk user pemula WordPress.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke WordPress Essentials Course, yang memiliki lebih banyak course singkat yang ditujukan untuk pemula. Anda dapat memanfaatkan konten WP Apprentice dengan sekali bayar sebesar 39 USD. WP Apprentice menawarkan video serta artikel untuk membantu Anda mempelajari WordPress.

11. WPKube (Gratis)

wpkube bentuk seperti blog

Style WPKube lebih condong sebagai blog daripada sebuah course, tetapi, WPKube tetap dapat membantu Anda untuk mempelajari WordPress. Terlebih lagi, Anda dapat mengaksesnya secara gratis. Anda dapat menilik panduan untuk pemula dan ulasan, sekaligus mencari artikel dengan kategori tertentu.

Cara terbaik untuk menggunakan WPKube adalah dengan mendaftarkan diri untuk berlangganan newsletter. Dengan begitu, Anda dapat tetap ter-update dengan konten yang disajikan langsung ke inbox email Anda.

12. iThemes Training (Gratis dan Berbayar)

halaman depan ithemes

ithemes memiliki bagian pelatihan yang dikhususkan hanya untuk tutorial WordPress. Tutorial tersebut benar-benar dari dasar, mulai dari cara masuk, cara menambahkan link, hingga yang lainnya. ithemes juga menyediakan webinar langsung gratis yang dapat Anda daftarkan dengan mudah di situs mereka. Dan jika Anda tidak dapat membuat yang akan datang, Anda bisa menonton webinar sebelumnya, tidak perlu mendaftar.

Situs ini tidak hanya menawarkan tutorial WordPress, Anda dapat mempelajari cabang-cabang WordPress seperti SEO atau plugin. Tingkatan level skillnya dimulai dari level pemula hingga course tinfkat lanjut.

Kesimpulan

Meskipun banyak orang setuju bahwa WordPress ramah untuk user non-teknis, beberapa pemula sering menganggapnya membingungkan. Oleh karena itu, kami memilih sendiri 12 sumber yang paling berguna di mana pemula dan pengguna menengah dapat mempelajari WordPress dengan mudah. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam mempelajari WordPress dari sumber yang disebutkan di atas? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini.

Penulis

Author

Nadia Agatha / @nadiaagathapramesthi

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!