access_time
hourglass_empty
person_outline

10 Aplikasi Email Marketing Terbaik Agar Bisnis Lancar

Kampanye pemasaran dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi dan layanan, salah satunya adalah email marketing. Dengan memilih aplikasi email marketing yang tepat, performa kampanye pemasaran yang dibuat akan memberi dampak yang sangat signifikan. Hanya saja, aplikasi ini hadir dalam banyak pilihan yang bagi sebagian orang akan cukup memusingkan untuk mendaratkan opsinya. Oleh karena itu, di artikel ini, kami akan membahas 10 penyedia layanan email marketing yang akan membantu Anda dalam melakukan kampanye pemasaran.

Pengertian Aplikasi Email Marketing

Sederhananya, aplikasi email marketing merupakan software yang akan memudahkan kampanye marketing yang dilakukan. Dengan jasa email marketing, Anda bisa mengatur dan mengontrol koneksi yang tercipta antara Anda dan audiens via email.

Semakin banyaknya email list yang dimiliki, semakin sulit pula bagi Anda untuk mengirimkan ribuan pesan setiap harinya. Nah, dengan pemilihan aplikasi email marketing yang tepat, proses pengiriman surat elektronik ini pun makin mudah dan produktivitas tetap terjaga.

Sebagian besar software aplikasi kirim email massal juga akan menyediakan insight atau informasi performa email pemasaran yang dikirimkan. Sebagai contoh, aplikasi akan melacak siapa saja yang sudah membuka email dan mengklik link yang disertakan di dalamnya.

Dengan begini, Anda bisa memperoleh gambaran performa kampanye email, lalu mengubah, melengkapi, dan memperbaruinya agar dapat lebih efektif.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Email Marketing?

Berdasarkan fakta yang ditunjukkan oleh Marketing Charts, 82% marketer (pelaku pemasaran) di dunia mengatakan bahwa email marketing adalah strategi utama mereka untuk menaikkan lead dan jumlah konversi. Perkataan ini lantas tidak menjadikan strategi lainnya kurang penting, tapi justru menekankan bahwa email marketing-lah yang menawarkan lebih banyak peluang.

Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya, email marketing sudah terbukti efektif dari segi biaya dan memberikan hasil memuaskan dalam rupa pengembalian investasi (returns of investment).

Dengan adanya aplikasi email marketing, Anda bisa mengelompokkan dan mengirimkan konten yang sudah dipersonalisasikan sesuai kesukaan atau minat audiens. Komunikasi antara Anda dan mereka semakin dekat. Inilah yang jadi faktor penting dalam memupuk kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, email marketing memberikan kesempatan dan peluang emas. Namun, saking banyaknya pilihan, orang-orang masih bingung untuk memutuskan tool mana yang layak dipakai.

Aplikasi Email Marketing Terbaik

Selain MailChimp, MailerLite, dan SendInBlue yang memiliki versi gratis, sebagian besar software di daftar ini menawarkan paket berbayar. Meskipun demikian, ada layanan free trial bagi Anda yang ingin mencoba software berbayar terlebih dulu sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Bagi yang bertempat tinggal di Uni Eropa, Anda tidak perlu khawatir soal Regulasi Umum Perlindungan Data (General Data Protection Regulation – GDPR). Semua penyedia layanan email marketing di bawah ini sudah memenuhi persyaratan dalam GDPR.

Harga yang tertera berlaku per tanggal 2 April 2019

1. MailChimp

Mailchimp, aplikasi email marketing

MailChimp merupakan penyedia layanan email marketing yang digunakan oleh jutaan bisnis bahkan perusahaan untuk mengirimkan email setiap harinya.

Dengan bangganya, aplikasi kirim email blast gratis ini memperkenalkan dirinya sebagai lembaga kajian (think-tank). Anda akan memperoleh insight berdasarkan data kampanye dan menerima saran atau tips khusus terkait langkah yang harus dilakukan ke depannya.

Versi gratisnya bisa digunakan selamanya dan Anda akan mendapatkan fitur-fitur dasar dengan nama brand MailChimp tertera di email.

Untuk versi gratisnya, Anda bisa membuat email list sampai 2.000 subscriber dan mengirimkan 12.000 email per bulannya. Anda juga akan mendapatkan akses ke tutorial dengan berbagai topik agar sukses menjalankan strategi kampanye.

Di samping kampanye email, Anda juga bisa menerapkan strategi pemasaran lainnya untuk mencapai tujuan. Strategi tersebut bisa berupa landing page, formulir pop-up, dan postcard.

Tak hanya itu, Anda pun dapat membuat iklan Google remarketing, Facebook, dan Instagram dalam waktu singkat.

MailChimp hadir dengan berbagai fitur pengaturan otomatis. Bangun koneksi antara Anda dan audiens dengan mengirimkan pesan selamat datang otomatis.

Tersedia pula email berbasis data otomatis yang, misalnya, akan mengirimkan pesan bagi para audiens di hari spesial mereka.

Jika menghubungkan toko online dengan MailChimp, Anda akan mendapatkan fitur otomatis yang nantinya meningkatkan penjualan. Jaga koneksi yang terjalin antara Anda dan para klien atau pelanggan dengan membagikan informasi produk terbaru.

MailChimp memiliki fitur email abandoned cart yang akan mengingatkan pelanggan bahwa masih ada produk di keranjang belanja online (cart) mereka. Dengan jasa email marketing ini, Anda juga bisa mengirimkan email notifikasi order (pesanan) dan rekomendasi produk, yang disesuaikan pada data produk yang lebih disukai pelanggan.

Raih kepercayaan pelanggan dengan membuat dan mengirimkan email follow-up dan email re-engagement (email yang membangun kembali engagement klien/pelanggan terhadap brand Anda). Melalui email ini, Anda bisa meminta feedback atau melibatkan kembali klien yang tidak aktif atau tidak lagi ‘menengok’ brand Anda.

Gunakan data audiens dan pelanggan untuk mengoptimasi kampanye marketing yang dijalankan. Namun, jika yang dipilih adalah paket gratis, Anda hanya mendapatkan fitur segmentasi dasar, laporan, dan A/B testing.

Fitur segmentasi akan mengirimkan email ke orang yang tepat. Anda bisa menargetkan subscriber yang baru saja bergabung atau audiens yang belum pernah membeli apa pun di toko online Anda.

MailChimp juga memberikan report atau laporan berdasarkan data pelanggan/pengunjung online agar Anda mampu membuat keputusan marketing yang lebih cerdas. Dalam data ini, Anda akan memperoleh informasi untuk memperbarui dan menyempurnakan kampanye berikutnya, memantau trend, dan melacak keseluruhan performa.

Dengan A/B test, Anda bisa mengetahui mana kampanye yang memberikan hasil lebih baik. Atur tujuan akhir dan tinjau tipe email yang mendapatkan paling banyak klik dan paling banyak dibuka serta dibaca.

Jika butuh bantuan ahli dalam menggunakan MailChimp, atau ingin membawa bisnis Anda menuju kesuksesan yang nyata, atau ingin membuat email marketing yang sukses menjaring banyak pelanggan, silakan kunjungi Directory Experts.

Biaya berlangganan paket premium MailChimp dimulai dari 10 USD/bulan.

2. Constant Contact

Constant Contact, penyedia layanan email marketing

Constant Contact adalah salah satu aplikasi email marketing terbaik yang sudah ada sejak 20 tahun lalu. Software ini hanya menawarkan paket premium, email (basic), email plus (advanced) dengan masa coba gratis selama 30 hari.

Selain mudah digunakan, Constant Contact juga hadir untuk membantu bisnis dan organisasi nirlaba dalam menjalankan email marketing.

Dengan editor drag-and-drop yang dimiliki, Anda bisa dengan mudah membuat dan mengatur template email agar lebih responsif saat orang membuka dan membacanya melalui perangkat mobile.

Constant Contact juga menyediakan tool buat list yang powerful. Dengan tool ini, Anda bisa mengelompokkan kontak, lalu mengirimkan email yang relevan berdasarkan data tersebut. Tak hanya itu, tool ini juga akan secara otomatis mengirimkan ulang email yang belum dibuka oleh kontak.

Jika Anda punya toko online, Constant Contact adalah jasa email marketing yang layak diandalkan. Ajak pelanggan untuk terus memantau toko online Anda dengan mengirimkan email berisikan rekomendasi produk atau layanan yang mungkin saja akan membuat mereka tertarik.

Kelompokkan pelanggan ke list yang lebih kecil lagi dan kirimkan email berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Bangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dengan memberikan reward menarik melalui penggunaan email, misalnya voucher atau kode diskon khusus.

Aplikasi kirim email massal ini juga menawarkan kemudahan manajemen kontak. Impor list kontak secara otomatis dari Outlook, Eventbrite, Salesforces, dan layanan lainnya. Constant Contact juga akan memperbarui data pelanggan yang tidak berlangganan (unsubscriber), bounce, dan email yang tidak aktif.

Dengan Constant Contact, Anda bisa melacak hasil kampanye marketing secara real-time atau saat itu juga. Misalnya, Anda akan memperoleh laporan untuk email dengan baris subjek yang paling banyak diklik dan dibaca.

Nantinya Anda akan menerima informasi yang mendetail dari setiap kampanye. Constant Contact lalu memberi saran atau tips untuk memperbaiki klik dan opening email, tingkat pengiriman (deliverability rate), dan mengurangi laporan spam.

Pilih paket email plus agar Anda memperoleh lebih banyak fitur untuk mengerti dan memahami perilaku kontak. Anda bahkan bisa membuat dan mengirimkan email survei dan polling, ajakan donasi, dan event atau acara yang terintegrasi dengan Eventbrite.

Naikkan engagement antara Anda dan audiens dengan fitur pengaturan otomatis. Buat pesan selamat datang bagi para subscriber baru dan kirimkan email berseri. Untuk email berseri, Anda bisa membuatnya dari nol atau menggunakan template yang sudah ada.

Tersedia pula marketplace yang memudahkan Anda untuk terhubung atau terintegrasi dengan lebih dari 400 layanan pihak ketiga. Ada pula layanan profesional yang siap membantu Anda sampai terbiasa menggunakan Constant Contact. 

Biaya berlangganan untuk paket Constant Contact Email adalah 20 USD/bulan dan Email Plus USD 45/bulan.

3. GetResponse

GetResponse, jasa email marketing

GetResponse merupakan penyedia layanan email marketing yang menjanjikan rate pengiriman sebesar 99% dan menawarkan tool marketing all-in-one. Software ini juga memiliki masa coba gratis 30 hari.

GetRespons dilengkapi dengan editor template drag-and-drop untuk mendesain dan mengatur tampilan newsletter, landing page, dan elemen marketing lainnya. Tersedia 500 template bawaan yang sudah didesain dan mudah dikustomisasikan. Untuk gudang gambarnya sendiri, software ini bekerja sama dengan Shutterstock dan menghadirkan 5000 gambar berlisensi yang bisa dijumpai di galerinya.

Untuk membagikan postingan blog, blogger bisa menggunakan 30 template RSS-to-email yang telah didesain dengan sempurna.

Aplikasi email marketing ini memiliki fitur otomatis (automation) dan autoresponder yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat dan mengirimkan email berseri setiap hari atau minggu. Dengan pengaturan waktu yang tepat, pengiriman email lebih optimal karena disesuaikan dengan waktu domisili kontak.

Kumpulkan informasi yang mendetail melalui proses berlangganan dan pilih tag untuk masing-masing kontak. Kirimkan pesan yang lebih spesial (dipersonalisasikan) dan relevan berdasarkan preferensi mereka.

Beri nilai atau skor pada kontak berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dengan skor ini, Anda bisa melacak dan memberi peringkat (rate) pada pelanggan untuk mendapatkan insight tentang aktivitas mereka.

GetResponse adalah aplikasi kirim email massal pertama yang menyediakan solusi webinar marketing. Buat jadwal webinar, aktifkan fitur registrasi atau pendaftaran, dan kumpulkan kontak baru. Soal keamanan, GetResponse menggunakan enkripsi SSL untuk menjamin keamanan konferensi online.

Selama webinar atau konferensi, ajaklah peserta untuk secara aktif berdiskusi dan memberikan feedback. Gunakan fitur chat, polling, screen sharing (pembagian layar), dan whiteboard. Bahkan Anda juga bisa memasang (embed) video dari YouTube di webinar.

Untuk menyimpan dan membagikan video acara webinar, rekam selama sesi berlangsung dan simpan di penyimpanan online gratis.

GetResponse juga memiliki Customer Relationship Management (CRM) yang akan memberikan  pemahaman lebih tentang hubungan dan interaksi yang terjalin antara Anda dan pelanggan. Integrasikan CRM dengan fitur pengaturan otomatis dan kirimkan email berseri berisikan pesan yang telah ditargetkan.

Untuk meninjau laporan kampanye dan mencari tahu aktivitas dan pola kontak, GetResponse punya email analytics yang intuitif.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang strategi email marketing, tool ini punya banyak sekali panduan dan tips di website resminya, termasuk kursus online gratis, artikel teknis, dan masih banyak lagi.

Biaya berlangganan paket premium GetResponse sebesar 15 USD/bulan dan paket enterprise hingga 1,199 USD/bulan.

4. Drip

Drip, aplikasi kirim email massal

Sebagai aplikasi email marketing yang tumbuh dan berkembang dengan pesat, Drip adalah layanan manajemen hubungan pelanggan ecommerce (ECRM) pertama di dunia.

ECRM Drip memuat semua hal yang Anda butuhkan untuk mengenal pelanggan lebih jauh dan mendalam. Layanan ini menangani jutaan data dan hasilnya melampaui yang selama ini diberikan oleh CRM konvensional.

Manfaatkan kecanggihan push, pull, dan strategi marketing yang telah dipersonalisasikan. Dengan menggabungkan semua data poin, Drip akan menghubungkan jutaan data pelanggan dan menampilkannya di semua channel untuk menjalankan kampanye email di waktu yang tepat.

Sistem scoring lead yang disediakan oleh penyedia layanan email marketing ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi pelanggan yang menjadi lead terbaik. Sistem ini akan mengumpulkan data berdasarkan level atau tingkat engagement.

ECRM membantu Anda agar lebih bisa memahami konteks pelanggan – dan meningkatkan engagement dan konversi yang nantinya juga menaikkan penjualan.

Kombinasikan ECRM dengan fitur pengaturan otomatis Drip untuk mengirimkan sebanyak mungkin email berseri dalam waktu cepat. Gunakan email builder powerful, pilih builder teks atau yang berbasis visual, dan buat list email.

Sebagai pemilik toko online, Anda pasti pernah melihat perjalanan pelanggan saat mereka mengunjungi situs Anda dan melakukan pembelian. Ketika toko online berkembang menjadi lebih besar, informasi seperti ini tentunya akan sangat rumit untuk dicek dan ditinjau. Untungnya, dengan workflow ecommerce marketing otomatis yang ada di Drip, Anda bisa melacak semua proses dan mengirimkan email ke setiap pelanggan tepat pada waktunya.

Jangkau pelanggan yang berpotensi. Dengan multi-channel marketing Drip, Anda bisa lebih mudah memahami dan menarik pelanggan di mana pun mereka berada. Buat iklan Facebook, personalisasikan landing page di website, dan kirimkan pesan singkat atau bahkan postcard.

Untuk menyempurnakan layanan otomatisnya, Drip memiliki pustaka aplikasi untuk integrasi bawaan (native). Integrasikan Drip dengan tool CRM, seperti Saleforce, tool bantuan pelanggan, seperti Drift, dan platform ecommerce populer, seperti Shopify, WooCommerce, dan lain-lain.

Analytics dan reporting menyediakan informasi relasi antara Anda dan pelanggan. Buat reporting sendiri untuk semua kampanye, seperti pendaftaran untuk paket promo, permintaan demo, pengunduhan konten, dan masih banyak lagi.

Dengan lebih dari sepuluh tipe reporting, Anda bisa lebih memahami trend dan membuat pendekatan baru yang strategis untuk kampanye berikutnya.

Jika Anda menemukan kendala selagi menggunakan Drip, kunjungi knowledge base yang menyediakan beragam informasi. Anda juga bisa menyewa jasa konsultan bersertifikasi – meskipun pilihannya tidak banyak – jika membutuhkan bantuan yang lebih intensif.

Biaya berlangganan paket premium Drip sebesar 49 USD/bulan untuk paket basic dan 122 USD/bulan untuk paket pro. Sementara itu, untuk paket enterprise, harganya bisa disesuaikan.

5. ConvertKit

ConvertKit, aplikasi email marketing

ConvertKit adalah software yang dibuat oleh dan untuk para creator. Aplikasi kirim email massal ini menawarkan interface user yang simpel dan hanya memiliki fitur paling dibutuhkan untuk email marketing.

Buat formulir dan landing page dan kumpulkan list subscriber. Pilih template yang tersedia di galeri atau buat template sendiri dengan menggunakan elemen drag-and-drop. Tampilkan formulir dalam tiga format yang berbeda: inline, modal, dan slide in.

Kirim email yang menawarkan voucher atau kode kupon spesial dan tambahkan ‘pemicu (trigger)’ bagi para subscriber baru. Email selamat datang yang dibuat berseri akan meningkatkan engagement kontak, dan link trigger akan menandai mereka kapan pun mereka mengklik link tertentu. Anda juga bisa mengirimkan email berseri yang relevan sebagai email follow-up.

Gunakan fitur visual otomatis untuk meninjau email berseri terlebih dulu sebelum dikirimkan ke kontak. Atur workflow berdasarkan event, aksi/tindakan, dan kondisi.

Untuk memastikan kalau list kontak email tidak memuat subscriber yang tidak di-engage, kirim kembali email engagement dan saring pelanggan yang tidak aktif.

Dengan layanan email marketing ini, Anda bisa menguji ide kampanye yang memberi hasil terbaik dan melakukan serangkaian A/B test.

ConvertKit memiliki fitur reporting sehingga Anda bisa memahami trend dan juga perilaku kontak. Buat report atau laporan untuk email otomatis, email untuk menaikkan engagement, dan subscriber yang tidak lagi berlangganan atau tidak aktif.

Integrasikan jasa email marketing ini ke lebih dari 70 tool/layanan online demi keberhasilan kampanye.

ConvertKit bisa dibilang aplikasi email blast gratis dengan masa trial gratis selama 14 hari. Setelah itu, Anda harus membayar biaya berlangganan mulai dari 29 USD/bulan. Anda juga bisa menghitung biaya berlangganan jika ingin menggunakan paket custom.

6. AWeber

Aweber, layanan email marketing

AWeber adalah salah satu penyedia layanan email marketing yang paling lama eksis di industri ini dan ditujukan bagi bisnis kecil dan menengah (medium).

Ada banyak fitur untuk menjalankan kampanye email marketing. Sebagai permulaannya, kumpulkan data kontak atau pelanggan dengan menggunakan tool buat formulir (form generator). Pada tool ini, Anda bisa menemukan ratusan template yang sudah didesain dengan ciamik.

Buat atau kustomisasikan tampilan formulir agar sesuai dengan brand bisnis Anda dan tambahkan custom field untuk mengumpulkan lebih banyak informasi pelanggan.

Bagaimana kalau tidak atau belum punya website? AWeber akan membuatkan formulir untuk Anda, lalu memberikan link yang akan dibagikan ke jaringan Anda.

Tersedia lebih dari 700 template mobile-responsive untuk membuat konten email yang kaya akan HTML atau buat pesan teks kosong dari nol. Agar kampanye lebih menarik, tambahkan gambar yang bisa dipilih dari 6000 koleksi gambar gratis.

Edit dan atur tampilan konten email dengan menggunakan elemen drag-and-drop. Sebelum mengirimkannya, Anda bisa meninjau email tersebut untuk mengetes bagaimana tampilannya jika sudah sampai di kotak masuk pelanggan.

Naikkan jumlah pembaca blog dengan menggunakan RSS-to-email. Anda hanya perlu menambahkan informasi RSS feed, dan RSS akan secara otomatis diubah dan disertakan di dalam newsletter email marketing. Fitur ini juga bisa dipasangkan di platform blogging major.

Kelola list dan kirimkan email follow-up menggunakan aplikasi mobile AWeber.

Jadikan kampanye lebih lancar dengan funnel marketing otomatis. Drag-and-drop elemen ke editor dan buat flow otomatis.

Kelola list dengan membuat kelompok atau kategori serta gunakan tag dan trigger untuk mengirimkan sebanyak mungkin pesan yang sudah dipersonalisasikan. Atur tag dan trigger bedasarkan jumlah klik (email dibuka dan dibaca), pembelian barang, kunjungan halaman, lokasi kontak, dan lain-lain.

Tersedia pula fitur tracking atau pelacakan untuk menganalisa setiap tindakan yang dilakukan kontak. Nantinya Anda akan mendapatkan laporan siapa saja yang membuka pesan email, link yang diklik, dan berapa banyak orang yang jadi subscriber.

Analisa sejauh mana kampanye email berhasil dilakukan. Anda akan memperoleh laporan atau repot yang di dalamnya memuat informasi kampanye email mana saja yang sukses dilakukan, yang mendatangkan lebih banyak trafik ke website dan menaikkan penjualan.

Jalankan A/B test atau atau membagi tes kampanye email  tanpa batasan variabel. Lakukan uji coba pada baris subjek, pratinjau teks, konten atau isi pesan, dan bahkan waktu pengiriman untuk melihat seberapa besar engagement yang dihasilkan.

AWeber memiliki empat pilar pengiriman yang kerap digunakan untuk memastikan pesan email yang dikirimkan sampai di inbox atau kotak masuk kontak.

Ada banyak layanan online yang bisa diintegrasikan dengan AWeber. Hubungkan aplikasi email marketing ini dengan CRM lainnya, ecommerce, lead generation, survei, dan layanan webinar.

Tersedia knowledge base yang menyimpan berbagai artikel untuk kemudahan dan kelancaran kampanye email marketing.

Coba aplikasi ini secara gratis selama 30 hari. Setelah itu, Anda wajib membayar biaya berlangganan mulai dari 19 USD/bulan untuk dapat menggunakan layanan premiumnya.

7. Keap

Layanan email marketing Keap

Keap – perusahaan di balik software CRM alll-in-one, Infusionsoft – memfokuskan email marketingnya untuk penyedia layanan profesional.

Penyedia jasa email marketing ini akan membantu Anda agar lebih terarah, teratur, dan efisien dalam berkomunikasi dengan klien. Dapatkan semua tool penting untuk membuat email follow-up, mencatat klien (client record), dan menentukan metode pembayaran.

Jaga koneksi antara Anda dan klien dengan mengirim email langsung atau otomatis, quote dan invoice (faktur atau tagihan), link pertemuan yang sudah di-booking terlebih dulu, pengingat, dan masih banyak lagi. Gunakan tag untuk merekam riwayat khusus atau atribut setiap kontak.

Buat custom field untuk menyimpan lebih banyak informasi pribadi. Dengan begini, Anda jadi lebih mudah untuk mengidentifikasi dan melacak riwayat kontak. Anda juga bisa menyimpan informasi media sosial, alamat, tanggal lahir/ulang tahun, file/dokumen yang dibagikan, dll.

Dengan fitur pengaturan otomatis yang dihadirkan, Anda bisa menggunakan Keap untuk mengirimkan pesan yang dipersonalisasikan secara otomatis ke lead baru dan kontak yang sudah berlangganan sebelumnya.

Atur jadwal pertemuan. Kirimkan link email ke kontak dan biarkan mereka menentukan waktu yang tepat untuk bertemu online. Setelah kontak menentukan waktunya, Anda akan menerima email konfirmasi dan Google calendar akan memperbaruinya secara otomatis.

Melalui dashboard pertemuan (appointment), Anda juga bisa menyimpan semua informasi klein. Ketika sudah tiba hari pertemuan atau meeting, data dapat diakses dengan mudah.

Dengan quoting instan, buat layanan penuh dan daftar biaya, dan biarkan klien memilih layanan yang diinginkan.

Keap memiliki Sales Pipeline yang akan memberikan gambaran umum dari setiap tahap proses penjualan atau penawaran yang dibuat. Anda bisa memindahkan proses penjualan dan melakukan penawaran di dashboard.

Lakukan pelacakan dan analisa performa bisnis dengan menggunakan tool reporting bawaan. Cek kembali seberapa bagusnya engagement yang dihasilkan, komunikasi, dan layanan untuk klien.

Fitur reporting pada Keap juga akan menginformasikan keberhasilan kampanye yang dijalankan. Fungsi ini memperbolehkan Anda menilai mana strategi yang memberikan dampak langsung pada bisnis.

Tersedia berbagai jenis report mulai dari tag tracker hingga campaign goal tracker. Setiap report memuat beragam informasi yang bisa Anda pelajari untuk mengenal bisnis Anda lebih dalam.

Aplikasi email marketing ini juga menyediakan panduan strategi gratis untuk dipelajari dan diterapkan dalam pembuatan strategi marketing yang efektif.

Tidak ada fitur coba gratis, yang ada hanyalah paket premium dengan biaya berlangganan dimulai dari 99 USD/bulan.

8. Active Campaign

Layanan email marketing ActiveCampaign

ActiveCampaign adalah tool marketing all-in-one otomatis dengan berbagai fitur canggihnya. Hanya saja, penggunaan fitur-fitur tersebut terbatas jika Anda berlangganan paket lite.

Bila memilih paket lite, Anda hanya bisa menggunakan formulir pendaftaran in-line untuk mengumpulkan kontak email. Lengkapi dengan field atau kolom tambahan untuk mengambil lebih banyak informasi kontak agar dapat dilakukan pengelompokkan.

Buat formulir dari nol atau gunakan template yang tersedia. Kustomisasikan formulir dan atur semua opsi yang dibutuhkan. Bahkan pengaturan kolom pun sangat mudah.

Konten email ActiveCampaign mudah diatur dan dikelola sesuai keinginan Anda. Gunakan template atau buat dari awal. Tersedia juga editor email yang akan membantu Anda mengelola tampilan konten.

Ketika seseorang membuat akun atau berlangganan layanan Anda, sambutlah ia dengan mengirimkan email berseri. Melalui automation map, buat workflow pesan dan tinjau seberapa baik pesan tersebut saling terhubung.

Kirimkan pesan otomatis berdasarkan kriteria khusus yang sudah ditentukan. Dengan begini, email yang dikirimkan seolah dikhususkan untuk masing-masing kontak. Anda pun bisa mengirimkan pesan dalam jumlah tak terbatas bahkan bila paket yang digunakan adalah versi lite.

Dapatkan reporting atau laporan yang mendetail. Cek email otomatis, percakapan, kampanye, kontak, penawaran, dan laporan ecommerce untuk membuat perencanaan yang lebih matang di kampanye berikutnya.

ActiveCampaign hadir sebagai aplikasi email blast gratis dengan masa trial 14 hari. Setelah itu, Anda harus membayar biaya berlangganan sejumlah 15 USD/bulan untuk paket lite. Jika menginginkan lebih banyak fitur yang canggih, seperti CRM bawaan, penjualan otomatis, lead scoring, dll, Anda wajib mengeluarkan biaya berlangganan sebesar 70 USD/bulan agar dapat memaksimalkan paket plus.

9. MailerLite

MailerLite layanan email marketing

MailerLite adalah aplikasi email marketing yang tak hanya powerful tapi juga menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan.

Buat dan kembangkan list kontak di MailerLite landing page designer. Untuk pembuatan list kontaknya, ada dua cara yang bisa diterapkan, yakni menggunakan template profesional bawaan dan drag-and-drop builder.

Penyedia layanan email marketing ini juga menghadirkan contoh landing page yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi.

Untuk menjaring lead, gunakan fitur popup. Pada fitur ini, terdapat sejumlah pilihan tampilan popup, misalnya featured popup, floating bar, slide box, full screen, atau popup yang dibuat berdasarkan perilaku tertentu.

Manajemen subscriber yang intuitif akan memudahkan pengerjaan administratif. Tambah, saring, dan atur kontak berdasarkan kelompok dan tag group, dan simpan informasi kontak.

Untuk pengelompokkan atau kategori, ada beberapa opsi yang perlu diperhatikan, termasuk engagement sebelumnya, minat atau ketertarikan, lokasi, rentang usia, zona waktu, dan masih banyak lagi.

MailerLite secara otomatis akan menghapus subscriber yang tidak aktif agar daftar atau list kontak tetap rapi dan tertata. Nah, supaya aplikasi ini bisa menjalankan tugasnya, kirimkan kembali pesan engagement ke kontak untuk mengetahui kontak mana saja yang sudah tidak aktif.

Buat konten kampanye di email editor. Tarik dan geser (drag and drop) elemen dan masukkan media yang dinamis, misalnya gambar, video, dan postingan media sosial.

Agar email yang akan dikirimkan terkesan pribadi, Anda bisa menambahkan nama subscriber, lokasi, dan/atau informasi pribadi lainnya. Semua pesan yang dibuat di MailerLite bersifat responsif di seluruh jenis perangkat.

Fitur otomatis MailerLite berfungsi untuk membuat dan mengatur workflow otomatis dan mengirim pesan email sesuai perilaku kontak.

Editor otomatis juga sangat mudah digunakan tapi powerful karena punya banyak fitur canggih. Tambah dan kombinasikan berbagai trigger berdasarkan waktu, tindakan, atau kondisi. Anda juga bisa menambahkan, memindahkan, dan menghapus workflow otomatis hanya dalam beberapa kali klik saja.

Jalankan A/B test pada kampanye pemasaran dengan mengirimkan berbagai email ke kelompok atau grup contoh (sample) dan pantau mana email yang mendapatkan engagement paling bagus. Pusat tesnya memperbolehkan Anda untuk mengecek berbagai baris subjek, konten, informasi pengirim, atau desain.

Analytics dan reporting pada MailerLite akan membantu Anda dalam memahami keseluruhan performa dari strategi dan survei yang dilakukan. Lacak report newsletter berdasarkan jumlah orang yang tidak berlangganan, bounce rate, keluhan spam, dan perhitungan (metric) lainnya.

Buat survei untuk memperoleh feedback atau saran dan tanggapan dari para kontak.

Jika menginginkan fitur yang lebih canggih, misalnya domain custom dan dedicated IP, silakan berlangganan paket premium MailerLite yang biayanya dimulai dari 10 USD/bulan.

10. SendInBlue

Layanan email marketing SendInBlue

SendInBlue adalah aplikasi kirim email massal yang paket gratisnya dapat menyimpan kontak dengan jumlah tak terbatas.

Buat kampanye responsif dengan editor HTML atau buat dari nol dengan drag-and-drop editor.

Dengan formulir berlangganan yang telah dikustomisasikan, buatlah list atau daftar kontak. Gunakan SendInBlue editor yang intuitif untuk membuat formulir dari nol atau mengedit template yang telah disediakan.

Nikmati kemudahan dalam menambahkan custom field ke formulir. Kumpulkan lebih banyak informasi kontak, misalnya lokasi, jenis kelamin, umur, dan lain-lain.

Kirimkan email dengan pesan yang telah dipersonalisasikan. Dengan fitur personalisasi dinamis dan atribut kondisi, Anda bisa mengirimkan email yang sama tapi dengan tujuan (goal) yang berbeda. Tambahkan beragam teks, angka atau bilangan (figure), atau tanggal berdasarkan atribut kontak.

Fitur pengaturan otomatis akan membantu Anda dalam membuat pesan email berseri agar lebih efisien. Atur trigger dan tetapkan tag dan kondisi untuk kontak khusus.

Tersedia pustaka workflow untuk dipelajari dan diandalkan. Gunakan workflow yang telah dikonfigurasikan untuk mengirimkan email promosi, kode kupon, dan lain-lain. Anda juga bisa membuat workflow sendiri hanya dalam beberapa kali klik saja.

Sebagai aplikasi jasa email marketing, SendInBlue memperbolehkan Anda untuk mengoptimasi pesan dengan menjalankan A/B testing di semua kemungkinan alternatif.

Insight dan live report SendInBlue juga akan menampilkan performa newsletter dan workflow secara menyeluruh. Lakukan analisa terhadap email yang dibuka dan dibaca, email yang diklik, dan metric lainnya.

Untuk dapat menikmati fitur canggihnya, Anda harus membayar biaya berlangganan mulai dari 25 USD/bulan.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, Anda sudah tahu aplikasi email marketing terbaik yang dapat membantu Anda menjalankan dan menyempurnakan kampanye pemasaran.

Pada dasarnya, ada empat fitur inti yang diharapkan selalu ada dan dimiliki oleh penyedia layanan email marketing. Tool membuat formulir untuk mengumpulkan daftar kontak, kemampuan untuk membuat konten email yang menarik sekaligus responsif, semua proses dapat dijalankan secara otomatis agar produktivitas tetap terjaga, dan adanya fitur insight dan reporting sebagai panduan dalam memperbaiki dan memperbarui strategi pemasaran.

Jika ingin menguji fitur inti tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun, MailChimp adalah aplikasi kirim email massal terbaik yang layak dicoba. Setelah memahami prosesnya dan ingin mendapatkan lebih banyak fitur canggih, upgrade ke paket premium atau Anda bisa mencari aplikasi email marketing lainnya.

Untuk meningkatkan dan mengoptimasi konversi, gunakan OptinMonster. Selain populer, tool ini juga dapat terintegrasi dengan baik dengan sejumlah software email marketing yang ada dalam daftar ini.

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!