Glosarium

Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress dan Sejarahnya

Apa itu WordPress? Jika Anda pemula, tentu saja pertanyaan semacam ini sering mampir di pikiran Anda. WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% website dibuat di WordPress dan persentasenya masih akan terus meningkat!

Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.

WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Terdapat juga paket WordPress hosting yang menawarkan kelebihan dalam kecepatan, performa, dan keandalan website.

Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tak hanya membuat blog sederhana, tapi juga situs ecommerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan.

Salah satu hal terbaik WordPress adalah CMS ini memiliki software antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Apabila Anda tahu cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress: membuat dan menerbitkan konten semudah menjentikkan jari.

Menambahkan post baru menggunakan sistem manajemen konten WordPress

Selain itu, WordPress bersifat open-source dan bisa digunakan oleh siapa pun. Bahkan CMS WordPess memungkinkan jutaan orang di dunia untuk membuat website modern berkualitas tinggi – meski Anda masih pemula sekalipun.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress diawali pada tahun 2003 di mana dua developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat platform blogging baru karena software b2/cafeblog dihentikan. Segera setelah proyek tersebut ditinggalkan, kedua developer tersebut memutuskan untuk mengambil alih, mempertahankan, dan melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri.

Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilan awalnya benar-benar berbeda dari CMS WordPress sekarang yang sudah kaya fitur. Meski demikian, versi pertama ini sudah menawarkan sebagian besar fitur inti yang kita gunakan hari ini, misalnya editor WordPress, proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lain sebagainya.

Sejak tahun 2004, WordPress telah melalui banyak sekali proses transformasi. Kini, WordPress dikembangkan, dikelola, dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Pengguna ini bekerja secara remote, sebagian dari mereka bekerja secara sukarela tanpa dibayar, dan ada yang bertemu langsung di konferensi distribusi WordPress yang disebut WordCamp. WordPress masih terus dikembangkan, dan versi baru dirilis setiap 2 atau 3 bulan. Setiap versi membawa fitur dan sistem keamanan terbaru yang telah diupdate ke platform.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Pada saat mengakses WordPress di Google atau mesin pencarian lainnya, Anda akan menemukan dua website yang hampir sama: WordPress.com dan WordPress.org. Bagi pemula, keberadaan kedua website ini tentu saja membingungkan meskipun pada kenyataannya WordPress.com dan WordPress.org memiliki tujuan dan user base yang berbeda-beda.

WordPress.org

WordPress.org merupakan website yang digunakan jika Anda ingin membuat situs WordPress self-hosted. Melalui situs ini, Anda bisa mengunduh platform WordPress dan mendapatkan berbagai plugin dan tema gratis. Untuk mengonlinekan website melalui WordPress, Anda harus membuat nama domain dan membeli paket web hosting.

WordPress menggunakan PHP dan MySQL agar bisa aktif dan bekerja. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan paket WordPress hosting yang memang ditujukan untuk mengoptimalkan performa CMS WordPress.

Ingin buat website? Hostinger memberikan penawaran WordPress hosting yang spesial untuk Anda! One-click setup, bantuan 24/7, dan semuanya yang Anda butuhkan untuk mebuat website, termasuk jaminan uang kembali 30 hari!

WordPress.com

WordPress.com merupakan perusahaan hosting yang menggunakan sistem manajemen konten WordPress untuk semua blog yang dibuat di CMS tersebut. Jika tertarik mendaftar dan membuat blog di sini, maka tipe domain yang Anda dapatkan adalah myblog.wordpess.com (meskipun tersedia juga custom domain berbayar). Paket defaultnya gratis tapi memiliki beberapa keterbatasan.

Jenis Website Apa Saja yang Bisa Anda Buat di WordPress?

Secara garis besar, pengertian WordPress merujuk pada tool vital yang digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Berikut beberapa tipe website yang bisa dibuat di WordPress.

Blog

Berdasarkan sejarah WordPress, CMS ini pada awalnya adalah tool blogging dan sampai saat ini masih menjadi platform blogging yang paling banyak digunakan. Anda bisa membuat blog sederhana dan murah terlebih dulu, misalnya dengan menggunakan paket web hosting single dari Hostinger. Nantinya, jika blog semakin padat pengunjung, Anda bisa mengupgradenya ke paket tingkat lanjut.

Cari hosting terbaik untuk mengonlinekan website Anda?

Transfer website Anda sekarang ke platform web hosting tercepat yang memiliki bantuan berdedikasi 24/7.

Portofolio

Freelancer, seniman, photograher, musisi, bahkan penulis menggunakan WordPress untuk membuat portofolion online. Berbagai template portofolio tersedia di WordPress.org yang menawarkan semua fitur yang dibutuhkan, misalnya galeri gambar, lightbox, dan portfolio grid.

Situs Bisnis

Jika Anda ingin membangun bisnis online sederhana, maka Anda bisa memulainya dengan membuat website di WordPress. Walaupun CMS WordPress lebih banyak digunakan untuk situs bisnis kecil atau sederhana, banyak juga perusahaan besar yang memanfaatkan kelebihan platform ini.

Situs Amal

Kelebihan WordPress lainnya terletak pada biaya maintenance yang murah dan kurva pembelajaran yang relatif flat. Maka, tak heran jika platform ini juga disukai oleh berbagai badan amal dan gereja. Dengan adanya WordPress, lembaga swadaya masyarakat yang bersifat nonprofit bisa mengonlinekan visi dan misi via website resmi.

Toko Online

Dengan WordPress, Anda juga bisa membuat toko online tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu. WooCommerce, plugin eCommerce WordPress yang paling banyak digunakan, menawarkan fitur-fitur pernitng, seperti keranjang belanja (shopping cart), sistem manajemen order, halaman checkout, one-click refund, dan lain-lain.

Berbagai Situs Populer yang Menggunakan WordPress

Meskipun WordPress lebih banyak dimanfaatkan oleh blogger dan pemilik bisnis online kecil dan sederhana, ternyata banyak perusahaan besar yang juga memanfaatkan CMS ini untuk membuat website.

The New Yorker

Keseluruhan struktur majalah online The New Yorker dibuat di WordPress.

The New Yorker membuat majalah online di WordPress

TechCrunch

TechCrunch merupakan situs rujukan terbaik jika Anda ingin mencari informasi mengenai teknologi terbaru dan perusahaan startup.

Tech Crunch membuat website resminya di WordPress

Sony Music

Website Sony Music merupakan salah satu contoh brand komersil yang memanfaatkan kecanggihan WordPress.

Sony Music membuat website resminya di WordPress

White House

White House juga membuat website resmi pemerintah .gov di WordPress.

White House membuat website resminya di WordPress

Beyoncé

WordPress juga populer di kalangan artis, photografer, musisi, dan pekerja seni lainnya, termasuk Beyoncé. Penyanyi dan artis ini memanfaatkan keistimewaan WordPress untuk menyampaikan segala aktivitas dan informasi terkait dirinya kepada para penggemar.

Beyonce membuat website resmi di WordPress

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

WordPress memiliki beberapa kelebihan dan sejauh ini, platform ini merupakan opsi terbaik bagi siapa pun yang ingin membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu. Selain itu, CMS ini juga merupakan pilihan yang tepat bagi para programmer karena sangat mudah dikelola. Hanya saja, ada beberapa kekurangan WordPress yang harus Anda ketahui.

Kelebihan WordPress

  1. Murah – Anda hanya perlu membayar domain dan web hosting. Software serta sebagian besar plugin dan tema WordPress bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.
  2. Proses instalasi dan update yang mudah – Tidak seperti sistem manajemen konten lainnya, Anda tidak harus melakukan konfigurasi apa pun. Hanya dengan sekali klik, proses update WordPress bisa dilakukan.
  3. Mudah dikelola – Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk melakukan task harian, seperti menulis dan mengedit post, mengupload dan mengedit gambar, mengelola user, menambahkan menu, serta menginstall plugin dan template.
  4. Bisa membuat desain sendiri – Tersedianya ribuan template WordPress yang siap diinstall dan digunakan memudahkan Anda untuk membuat desain sendiri sesuai kebutuhan. Misalnya, ada template-template tertentu yang sebaiknya diaplikasikan untuk restoran, praktisi kesehatan, bisnis kecil dan sederhana, blogger makanan, dan lain-lain.
  5. Bisa membuat fungsionalitas sendiri – Anda bisa memanfaatkan plugin untuk memperluas dan mengembangkan fungsionalitas default WordPress. Umumnya, Anda bisa menemukan plugin untuk setiap task spesifik mulai dari optimasi mesin pencarian sampai ke event booking.
  6. Panduan dan tutorial yang membantu – WordPress merupakan komunitas online yang sangat besar. Jika Anda menemukan masalah atau sedang mencari solusi terhadap salah satu error, maka panduan dan tutorial bisa Anda manfaatkan.

Kekurangan WordPress

  1. Tingkat keamanan – Karena lebih dari 30% website dibuat di WordPress, risiko terserang hacker semakin terbuka lebar. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan menginstall plugin untuk mengamankan website WordPress dari risiko dan aktivitas berbahaya.
  2. Konten pihak ketiga – Karena sebagian besar plugin dan template WordPress dibuat oleh developer pihak ketiga, maka tak jarang Anda akan menemukan bug. Sebelum menginstall plugin atau template baru, bacalah penjelasan dan ulasannya terlebih dahulu. Apabila Anda ragu terhadap kredibilitas plugin atau template tersebut, segera hubungi tim Customer Support.
  3. Waktu loading halaman – Jika Anda menginstall terlalu banyak plugin, maka otomatis website WordPress Anda akan semakin lambat. Untuk mengatasinya, install plugin caching.

Tutorial Terkait untuk Dibaca

Jika suatu saat Anda hendak membuat website di WordPress, maka beberapa tutorial di bawah ini layak untuk dibaca:

Apa Itu WordPress? WordPress Adalah CMS Terpopuler di Dunia!

WordPress merupakan platform yang canggih. CMS ini memudahkan Anda untuk membuat jenis website apa pun. Ingin membuat blog? Manfaatkan saja WordPress. Ingin mengonlinekan bisnis kecil Anda? Sekali lagi WordPress jawabannya. Ingin membuat portofolio online untuk menarik perhatian klien? Lagi-lagi WordPress solusinya. Ingin membuat toko online? Di mana lagi kalau bukan di WordPress. Di WordPress, Anda bisa membuat apa pun dengan risiko rendah dan panduan serta tutorial yang tersedia guna membantu Anda mengatasi setiap error yang muncul.

1 Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Onlinekan Website Anda dengan Mudah

  • Bantuan 24/7.
  • Gratis Transfer.
  • DISKON 57%

Gabung bersama ratusan ribu pelanggan di seluruh dunia

dan dapatkan tutorial baru langsung di email Anda

Please wait...

Abone olduğunuz için teşekkürler!

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln