Glosarium Tutorial WordPress

Apa itu Widget dan Bagaimana Cara Menggunakannya

banner artikel widget wordpress

 

Tahukah Anda jika sidebar dan footer WordPress dapat menambah fungsionalitas situs? Berkat widget WordPress, Anda bisa menambahkan informasi baik di sidebar maupun footer.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang pengertian widget dan kegunaannya yang mempermudah navigasi user di halaman situs Anda. Kami juga akan mengulas cara menambah widget di WordPress sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Widget WordPress?

Widget adalah elemen WordPress yang memiliki fungsi tertentu: memasukkan konten dan struktur tambahan pada sidebar atau footer. Contohnya, widget menampilkan postingan terbaru, kalender, kolom pencarian, dan lainnya.

Widgets cukup mudah digunakan, dan Anda tidak harus menulis kode HTML untuk mengaturnya. Faktanya, Anda hanya perlu menyeret dan meletakkan widget ke suatu area di halaman situs – kadang disebut sebagai widget area. Tata letak area ini berbeda-beda tergantung pada temanya. Kadang widget hanya dapat di sidebar, dan di lain waktu Anda hanya dapat meletakkannya di footer atau keduanya.

Salah satu keunggulan widget adalah mempermudah Anda bilamana ingin menambahkan berbagai fitur canggih di halaman situs. Anda juga bisa menautkan akun sosial media yang dimiliki agar dapat terhubung dengan para pembaca meskipun dalam hal ini, Anda harus menginstall plugin lain secara manual untuk mengaktifkan widget terkait Jangan khawatir, topik ini akan kami bahas kemudian.

Untuk meringkas waktu, kami akan membahas beberapa widget yang disediakan WordPress.

Widget WordPress Default

Secara default, WordPress memiliki beberapa widget yang sangat penting bagi website Anda. Adapun widget-widget tersebut seperti:

  1. Archive menampilkan postingan bulanan.
  2. Audio memungkinkan Anda untuk menyematkan audio player di halaman tertentu.
  3. Calendar menampilkan tanggal, bulan dan tahun.
  4. Categories menampilkan daftar atau menu dropdown dari kategori postingan.
  5. Gallery menampilkan galeri gambar.
  6. Image menampilkan gambar satu per satu.
  7. Meta menampilkan webmaster login, RSS, dan link WordPress.org.
  8. Navigation Menu menampilkan menu navigasi pada sidebar.
  9. Pages membuat daftar halaman.
  10. Recent Comment menampilkan komentar terbaru di halaman tertentu.
  11. Recent Post menampilkan postingan terbaru.
  12. RSS adalah sebuah entry untuk RSS atau Atom feed.
  13. Search menampilkan kolom pencarian di situs.
  14. Tag Cloud menampilkan tag pada postingan.
  15. Videos menampilkan berbagai video yang diambil dari provider video terbesar.

Bagaimana Cara Menambah Widget di WordPress?

Sampai di sini, Anda sudah tahu berbagai macam widget yang disediakan WordPress. Untuk menambahkannya ke halaman situs, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress.
  2. Klik Appearance, lalu klik Widget
    tampilan widgets yang tersedia pada akun WordPress
  3. Seperti yang Anda lihat, beberapa widget terletak di sisi kiri dan area widget ada di sisi kanan. Untuk tutorial ini, kami menggunakan tema Radcliff yang dikembangkan oleh Anders Noren. Dengan tema ini, kami bisa menempatkan widget di footer.
  4. Seret dan tarik widget ke area yang Anda pilih. Di contoh ini, kami menggunakan widget Video, Kalender, Categories, dan Meta. Untuk beberapa widget, seperti video, Anda perlu mengunggah atau memasukkan tautan video yang hendak disematkan (embed) secara manual. Untuk tutorial ini, kami menggunakan video dari sebuah kanal YouTube.
    menambahkan link youtube pada widget
  5. Selesai! Kini Anda sudah bisa melihat video tersebut muncul di website.
    tampilan setelah eksekusi widget video pada footer

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan widget melalui menu Customize secara real time – Anda bisa melihat tampilan situs sembari melakukan perubahan. Menu ini dapat diakses melalui Appearance pada wp-admin atau dari opsi Customize pada website ketika login sebagai webmaster.

tampilan kustomisasi menu untuk widget

Salah satu hal yang menarik dari manajemen widget WordPress adalah Anda dapat menyembunyikan widget untuk sementara. Jika suatu widget tidak diperlukan untuk saat ini dan akan dgunakan di masa depan, maka Anda bisa menyeret widget tersebut ke panel Inactive Widgets di area wp-admin.

Ada juga panel Inactive Sidebar yang memuat widget tak terpakai apabila Anda perlu mengubah tema dengan area widget yang berbeda. Anda juga dapat mengaktifkan widget dengan menyeretnya ke area widget di tema yang baru. Cukup menarik, bukan? Cek kode kupon dan promo dan dapatkan penawaran terbaik untuk web hosting, nama domain, & sertifikat SSL.

Diskon Shared Hosting Hingga 82%

Cara Menambah Widget Baru

Apabila widget yang tersedia tidak dapat mencukupi kebutuhan website, maka Anda dapat menambahkan widget baru. Sebagai contoh, menambah widget media sosial untuk membangun komunikasi dengan para pengunjung dan pembaca setia. Di tutorial ini, kami akan menggunakan plugin Simple Social Icon.

Buka menu Plugin yang ada di dashboard admin WordPress dan klik Add New. Pada kolom pencarian, ketikkan Simple Social Icon, kemudian install dan aktifkan plugin tersebut.

Plugin Social Icon pada wordpress

Tambahkan widget Simple Social Icon dan masukkan tautan media sosial yang Anda miliki. Plugin ini dapat menautkan website ke berbagai kanal media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, dan lainnya. Berikut tampilannya.

widget media sosial terpampang pada widget area

Kesimpulan

Kami telah mengulas tentang apa itu widget WordPress dan cara menggunakannya untuk menambah fungsionalitas pada footer maupun sidebar website. Kegunaan widget pun tidak dapat diremehkan. Meskipun tampak sederhana, elemen ini mampu meningkatkan engagement pembaca di situs Anda. WordPress menyediakan ratusan widget yang bisa Anda gunakan untuk apa pun.

Berhati-hatilah ketika mengatur dan menambahkannya ke situs.Bagaimanapun, widget hanyalah elemen tambahan. Jika ingin menambahkan widget ke website, pertimbangkanlah beberapa aspek penting, seperti user experience, tampilan website, dan keseluruhan manfaat dari widget itu sendiri. Jangan sampai Anda menambah widget sesuka hati hanya karena Anda bisa melakukannya!

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln