Glosarium WordPress

Apa Itu Slug WordPress?

Apa Itu Slug WordPress?

Bagi Anda yang masih awam di dunia blog dan website, pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu slug WordPress? Di artikel ini, kami akan membahas pengertian dan fungsi slug WordPress serta cara setup slug di WordPress. Selain itu, kami juga akan menjabarkan beberapa tips untuk membuat slug yang user-friendly dan teroptimasi SEO.

Apa Itu Slug WordPress?

WordPress slug adalah sebuah teks yang diletakkan atau muncul setelah nama domain dan menjadi bagian dari permalink yang mengarahkan pengunjung situs untuk masuk ke konten Anda.

Contoh apa itu slug WordPress?

Apabila Anda menambahkan postingan baru, WordPress secara otomatis akan membuat slug berdasarkan pada pengaturan permalink. Untuk membuat slug sendiri, buka Settings -> Permalinks dan mulailah mengganti tampilan slug by default.

Meskipun slug secara otomatis dibuat oleh WordPress, kami tidak menyarankan agar Anda membiarkannya begitu saja. Slug yang diatur secara otomatis atau default tidak friendly baik di mesin pencari maupun ketika diakses oleh para pembaca.

Cara Membuat atau Mengatur Slug di WordPress

Sebelum mulai membuat dan mengatur slug, ada dua aturan dasar yang harus Anda pahami:

  • Ganti spasi dengan tanda hubung atau tanda pisah;
  • Hanya boleh menggunakan huruf kecil.

Secara otomatis, WordPress akan memeriksa atau mengoreksi dua aturan ini. Meskipun demikian, Anda tetap harus mengetahui dan memahami aturan tersebut.

WordPress Post Slug

Mengatur slug untuk postingan WordPress tidak perlu menunggu sampai semua tulisan Anda selesai. Anda dapat menggantinya pada saat menulis bahkan mengedit postingan. Untuk mengubah slug WordPress, arahkan kursor Anda ke kolom di bawah Title (Judul) dan cari Permalink URL. Kalau tidak ada permalink, maka itu berarti Anda harus membuat dan memasukkan judul postingan terlebih dulu. Setelah permalink muncul, Anda baru bisa mengedit slug dengan mengklik opsi Edit. Setelah itu, klik OK.

Membuat WordPress Slug untuk Post

WordPress Page Slug

Sama halnya dengan post slug, membuat dan mengatur page slug juga mudah. Permalink URL halaman situs berlokasi di bawah kolom nama halaman. Klik Edit, ketikkan slug untuk halaman yang dituju, dan klik OK.

Membuat WordPress Page Slug

Kategori dan Tag Slug

Secara otomatis, WordPress menentukan slug untuk kategori atau tag baru yang Anda buat. Hanya saja, kalau Anda lebih suka menetapkan slug sendiri secara manual, maka Anda harus membuat kategori lebih dulu dan kembali lagi untuk menentukan slugnya.

Untuk membuat slug kategori, buka Posts dan pilih Categories. Cari kategori yang ingin Anda ganti, lalu klik Edit. Ketik slug di kolom khusus slug dan klik Update untuk simpan perubahan.

Proses yang sama juga diberlakukan untuk mengubah tag slug. Buka Posts dan pilih Tags. Cari tag yang ingin diganti dan klik Edit. Setelah mengetikkan tag slug, klik Update untuk simpan perubahan.

Author Slug

Jika punya website yang memuat berita atau informasi terkini atau website yang bekerja sama dengan sejumlah kontributor, maka sebaiknya buatlah slug untuk masing-masing author atau penulis. Sayangnya, WordPress tidak punya fleksibilitas untuk hal ini. Karena itulah, Anda harus menginstall plugin Edit Author Slug. Setelah plugin berhasil diinstall dan diaktifkan, buka Users -> All Users. Pilih user yang ingin dibuatkan slug, lalu klik Edit User, kemudian scroll ke bawah sampai menemukan opsi Edit Author Slug. Ketikkan slug dan klik Update User untuk simpan perubahan.

Mengedit author slug

Tips untuk Membuat Slug WordPress

Menargetkan keywords atau kata kunci SEO

Banyak pakar SEO yang percaya bahwa pencarian situs atau postingan Anda akan menuai sejumlah trafik di mesin pencari jika menyertakan target keyword di URL. Oleh sebab itu, kami menyarankan agar Anda memasukkan keyword atau kata kunci terkait di slug. Pun tak menutup kemungkinan untuk membuat target keyword sebagai slug.

Buatlah slug yang simpel dan informatif

Slug yang pendek dan singkat cenderung user-friendly dan lebih disukai Google. Karena itulah, sebaiknya buat slug yang pendek, singkat, serta tepat sasaran dengan memasukkan keyword atau kata kunci yang ditargetkan.

Tidak menggunakan kata hubung

Karena slug WordPress harus SEO-friendly, maka janganlah menyertakan kata-kata yang tidak sekiranya tidak diperlukan, termasuk kata hubung, seperti di, ke, dan pada. Apabila Anda membuat suatu postingan dalam Bahasa Inggris, hindarilah penggunaan stop words, misalnya a, the, dan and. Sebaiknya, install plugin khusus SEO, seperti Yoast SEO, yang akan membantu Anda untuk menghindari bahkan menghapus kata-kata yang tidak perlu dipasangkan di permalink atau slug.

Gunakan Redirect (Pengalihan)

Jika slug WordPress diganti, maka seluruh tampilan URL akan berubah. Hal ini berarti baik user maupun mesin pencari tidak akan bisa menemukan konten Anda yang menggunakan URL lama. Apabila Anda memang harus mengubah slug yang sudah ada atau slug lama, maka sebaiknya buatlah 301 redirect yang akan mengalihkan para pengunjung website dari slug lama ke slug baru. Untuk membuat halaman pengalihan, install dan aktifkan plugin SEO Yoast atau Redirection.

Hostinger menyediakan layanan khusus untuk WordPress hosting. Semua paket hosting yang ada di layanan ini telah dilengkapi dengan Control Panel yang powerful serta website builder yang mudah digunakan dan memiliki fitur drag-and-drop. Segera manfaatkan WordPress hosting yang memberikan environment yang cepat, aman, dan dapat diskalakan!

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu bahwa WordPress slug adalah sebuah teks yang diletakkan setelah nama domain dan menjadi bagian dari permalink. Dengan mengoptimasi dan membuat slug untuk masing-masing postingan, halaman, kategori, dan tag, website akan lebih friendly baik di mesin pencari maupun para pengunjung situs. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa membuat slug yang SEO-friendly.

Tentang penulis

Ariata C.

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.10.275
/bln