access_time
hourglass_empty
person_outline

Apa Itu Affiliate Marketing

Memangnya bisa menghasilkan uang ketika Anda sedang tertidur pulas dan bermimpi indah? Kok bisa? Kalau Anda pernah mendengarkan bisnis afiliasi, maka semua ketidakmungkinan bisa menjadi mungkin. Dengan adanya affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, Anda bisa memperoleh uang dari internet kapan saja dan di mana saja. Di artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu affiliate marketing, cara menjadi affiliate marketer, dan lain sebagainya.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Sederhananya, Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).

Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing, yaitu:

  • Merchant: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat, termasuk Hostinger, Amazon, eBay, dll. Saking banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, Anda harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

Bagaimana Cara Menjadi Affiliate Marketer?

Affiliate marketer, atau yang juga dikenal dengan sebutan affiliate, mendapatkan uang dengan menjadi salerperson untuk suatu perusahaan. Nantinya affiliate ini memperoleh keuntungan dalam bentuk komisi atau biaya referral setiap kali ada orang yang melakukan pembelian melalui promosi yang ditawarkan.

Umumnya, seorang affiliate akan mendapatkan link atau banner khusus untuk ditempatkan di websitenya.

Nah, untuk ikut serta dalam program ini, hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari individu, kelompok, atau perusahaan yang menawarkan affiliate marketing dan mengajukan kerja sama agar bisa menjual produk atau layanan mereka. Sebelum berakhir dengan kata setuju, setidaknya Anda sudah melakukan riset terlebih dulu dan mengetahui lebih dalam apakah bentuk kerja sama yang dijalani nantinya memberikan hasil yang adil.

Bagaimana Memperoleh Keuntungan Sebagai Affiliate Merchant?

Berbeda halnya dengan marketer, merchant adalah orang atau perusahaan yang membuat dan memiliki produk atau layanan yang akan dipromosikan. Mereka harus menyisihkan sejumlah dana untuk membayar komisi anggota program afiliasi.

Merchant perlu mengalkulasi komisi pembayaran. Semakin tinggi komisi yang diberikan, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produknya.

Untungnya, ada banyak opsi yang bisa ditawarkan oleh merchant kepada affiliate. Misalnya, komisi dapat diberikan dalam bentuk bonus, kupon untuk pelanggan, atau produk gratis.

Strategi yang Diperlukan Oleh Affiliate

Anggap saja Anda adalah seorang blogger. Anda berencana menjalin kerja sama afiliasi dengan suatu brand untuk mempromosikan produk mereka di situs Anda. Berikut tips-tips manjur untuk Anda agar lebih mudah dalam mendatangkan klien/pelanggan.

1. Menulis Konten Berkualitas

Ada banyak alasan mengapa konten yang bagus adalah kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan kerja sama afiliasi.

Pertama, konten yang berkualitas akan lebih mudah dalam menarik perhatian para pembaca dan menaikkan trafik website. Kedua aspek ini nantinya menentukan seberapa banyak komisi yang Anda dapatkan dari program pemasaran afiliasi.

Kedua, merchant lebih suka bekerja sama dengan pembuat konten (content creator) yang benar-benar memahami apa yang dilakukan. Tidak ada merchant yang ingin berkolaborasi dengan blogger yang menghasilkan konten berkualitas rendah. Oleh karena itu, Anda harus memberi jaminan bahwa konten dan postingan promosi yang dibuat memiliki kualitas unggulan.

2. Menerapkan SEO

Sebagai seorang affiliate marketer, Anda ingin agar produk yang dipromosikan bisa menjangkau berbagai kalangan dan audience. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi SEO.

Dengan kualitas SEO yang baik, peringkat blog dan postingan yang dibuat akan menuai hasil yang bagus di mesin pencari. Terlebih lagi, postingan akan muncul di pencarian yang terkait dengan target pasar Anda.

Gunakanlah keyword atau kata kunci yang punya relasi dengan produk yang akan dipromosikan. Setelah itu, terapkan prinsip SEO, optimasi konten, dan lacak kenaikan trafik.

Untuk mempelajari lebih banyak hal tentang SEO, silakan baca artikel kami.

3. Menggunakan Media Sosial

Membuat konten berkualitas di website tidaklah cukup. Media sosial merupakan salah satu tool pemasaran lainnya yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. 

Untuk mendatangkan lebih banyak trafik dan memperluas cakupan audiens, bagikanlah postingan blog Anda di media sosial. Susunlah sebuah strategi dan pastikan postingan Anda bisa menjangkau sebanyak mungkin orang dan mendapatkan engagement yang memuaskan.

4. Upselling

Dengan metode upselling, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena menjual suatu produk dengan harga yang lebih mahal. Namun, menerapkan metode ini bukan berarti Anda bebas ‘menjelek-jelekkan’ kualitas produk yang lain. Berilah penjelasan singkat kepada para pelanggan mengapa produk yang dipromosikan lebih layak dibeli dan mampu memenuhi kebutuhan atau menjadi solusi bagi permasalahan mereka.

Pelanggan yang tadinya hanya ingin sekadar melihat-lihat bisa berubah menjadi pelanggan setia. Karena merasa menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut tidaklah sia-sia, mereka akan kembali lagi dan membelinya atau mengecek produk yang lain.

Jaringan Afiliasi Terbaik

Sudah tak sabar lagi ingin bergabung di program afiliasi? Yuk, cek daftar layanan dan perusahaan di bawah ini. Masing-masing memiliki kelebihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memulai bisnis afiliasi demi mendapatkan sejumlah komisi melalui website Anda.

1. Amazon Associates

Apa itu affiliate marketing, Amazon Associates

Amazon Associates memiliki program affiliate marketing yang meminta para affiliate-nya untuk memasang iklan di situs mereka. Setiap pembelian yang dilakukan melalui link iklan tersebut menghasilkan sejumlah biaya referral yang bisa Anda klaim.

Untuk bergabung dalam program afiliasi Amazon Associates, caranya sangat mudah. Daftarkan diri Anda dengan buat akun di website Amazon, lalu tunggu sampai pendaftaran disetujui, kemudian jika berhasil, Anda bisa langsung menempatkan link di situs untuk mendapatkan uang.

Salah satu alasan mengapa Amazon layak masuk dalam daftar pertimbangan Anda adalah popularitasnya yang sudah sangat bagus. Anda akan memperoleh layanan afiliasi yang andal dan pengunjung pun bisa melihat berbagai produk yang tersedia di situs Amazon – dengan begini, kesempatan transaksi jual beli akan semakin terbuka lebar.

Terlebih lagi, banner yang diberikan bisa dikustomisasikan. Anda dapat menampilkan barang atau produk yang terkait dengan niche Anda. Misalnya, kalau blog Anda membahas informasi soal motor dan seluk-beluknya, promosi yang dilihat oleh pengunjung situs adalah bagian atau mesin motor, helm, jaket, dll.

2. Afiliasi Hostinger

Pengertian affiliate marketing, afiliasi Hostinger

Program afiliasi Hostinger memiliki banyak sekali penawaran menarik bagi anggotanya yang mampu mempromosikan layanan hostingnya ke pengguna baru.

Hostinger menjanjikan komisi sebesar 60% tanpa batas. Terlebih lagi, mudah bagi Anda untuk mempromosikan produk Hostinger karena kredibilitasnya sebagai provider hosting murah dan cepat.

Salah satu keuntungan afiliasi Hostinger adalah Anda bisa melakukan upselling untuk memperbanyak profit. Hal ini dikarenakan Hostinger menyediakan berbagai paket hosting dengan harga yang berbeda-beda.

Proses pendaftarannya sangat cepat, bahkan bisa dibilang kurang dari semenit. Setelah akun berhasil diverifikasi, Anda akan mendapatkan akses ke dashboard afiliasi. Melalui dashboard ini, Anda bisa mengoptimasi, mengelola, dan melacak kampanye afiliasi yang dilakukan.

Hostinger juga akan melengkapi Anda dengan berbagai jenis banner yang bisa disesuaikan dengan tema dan tampilan website Anda. Dengan keunggulan inilah, Anda tidak perlu khawatir lagi kalau link afiliasi akan mengurangi user experience.

3. Commission Junction

Affiliate marketing cj

CJ adalah perusahaan periklanan yang berfokus pada affiliate marketing. Perusahaan ini menghubungkan para affiliate dan merchant agar dapat bekerja sama.

Tak hanya itu, Commission Junction juga menyediakan panduan profesional agar affiliate bisa menjangkau lebih banyak audiens. Untuk mengikuti program ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Karena gratis pulalah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melebarkan sayap, yaitu bekerja sama dengan lebih dari satu brand melalui program pemasaran afiliasi. Hal ini jugalah yang diinginkan oleh perusahaan Commission Junction. Semakin Anda sering berkolaborasi, semakin terbuka juga peluang Anda untuk melakukan afiliasi di brand-brand besar yang memberikan lebih banyak uang atau komisi.

Kesimpulan

Dengan menjadi seorang affiliate, Anda bisa menghasilkan pemasukan pasif dari website. Jika jumlah audiens bertambah, pendapatan Anda pun semakin banyak.

Berikut tiga cara untuk terjun ke dalam dunia afiliasi:

  1. Cari perusahaan atau layanan yang menawarkan program afiliasi sesuai keinginan Anda atau bergabung di jaringan afiliasi.
  2. Tunggu sampai pendaftaran afiliasi disetujui dan diskusikanlah kerja sama tersebut jika memungkinkan.
  3. Tampilkan iklan dan promosikan brand di website Anda. Gunakan strategi affiliate marketing yang sudah kami jelaskan sebelumnya agar pundi-pundi Anda kian tebal.

Hostinger memiliki program affiliate marketing yang sangat menarik: Anda akan mendapatkan komisi per penjualan sebesar 60%!

Penulis

Author

Ariata C. / @ariata

Ariata suka sekali menulis dan menerjemahkan, dan sekarang ini bekerja sebagai translator di Hostinger Indonesia. Lewat artikel dan tutorial yang diterbitkan di blog Hostinger, Ariata ingin membagikan pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal terkait hosting lainnya kepada para pembaca.

Tutorial terkait

Ketik balasan

Komentar*

Nama*

Email*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jadilah bagian dari Hostinger!