Tutorial WordPress

5 Plugin Popup WordPress Terbaik

banner artikel plugin popup wordpress terbaik

Tahukah Anda kalau lebih dari 70% pengunjung situs kemungkinan besar tidak akan kembali ke website Anda? Jika Anda tidak ingin hal ini sampai terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu metode paling mudah adalah dengan menginstall plugin popup WordPress.

Pop up WordPress plugin akan menampilkan jendela/form begitu pengunjung masuk ke website Anda. Bagi sebagian orang, kemunculan form popup tidak menarik bahkan cenderung mengganggu. Namun, kenyataannya justru tidak selalu seperti itu.

Desain popup yang bagus akan menarik perhatian para pengunjung karena mampu menampilkan informasi yang mereka cari.

Pada artikel ini, kami akan membahas lima plugin popup WordPress terbaik yang dapat membantu menaikkan engagement pengunjung dan conversion rate.

Popup – Cara Untuk Terhubung dengan Banyak Orang

Dalam kalimat sederhana, popup dideskripsikan sebagai alat untuk terhubung dengan orang-orang. Dengan popup, Anda dapat mengubah status pengunjung situs menjadi subscriber email. Caranya adalah dengan menawarkan konten yang menarik atau “misterius”.

Anda juga dapat memanfaatkan popup untuk menawarkan kode diskon, produk atau layanan baru, akses yang hanya ditujukan bagi member, dan lain sebagainya.

Popup pun berperan dalam pertumbuhan website. Sebagai contoh, dengan memiliki banyak subscriber email berarti Anda dapat melakukan email marketing untuk meningkatkan brand awareness. Anda juga bisa memberikan kesempatan bagi 70% visitor yang dulunya mengabaikan website Anda untuk lebih mengenal brand Anda.

Anda kini sudah mendapatkan gambaran umum tentang popup dan fungsi serta perannya dalam pertumbuhan website. Buatlah popup yang menarik dan bisa menjadi alat untuk menghubungkan Anda dengan para pengunjung situs. Di bawah ini kami akan membahas plugin popup WordPress terbaik yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan form popup yang unik.

Plugin Popup WordPress Terbaik

  1. Popup Maker

    banner opup maker plugin popup wordpress

Popup Maker merupakan plugin popup WordPress terbaik yang selain gratis, juga mudah digunakan. Plugin ini telah diinstall lebih dari 300.000 kali dan menjadi salah satu tool yang paling banyak dipilih.

Meski Anda menggunakan versi gratisnya, plugin ini tetap multifungsi dan fleksibel. Anda dapat membuat berbagai jenis popup, bahkan overlay modal atau konten di website.

Melalui halaman editor dan pengaturan popup, Anda bisa mengatur ukuran, posisi, dan animasi popup. Anda bahkan dapat membuat berbagai overlay, seperti slide out, banner bar, floating sticky, dan lain-lain.

Adanya sistem unik yang ditawarkan oleh plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai trigger bagi masing-masing popup. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur auto open untuk menunda kemunculan popup pada waktu yang telah ditentukan dan click open yang memicu kemunculan popup ketika pengunjung mengklik elemen HTML tertentu.

Terlebih lagi, Anda dapat mengatur cookie untuk mengontrol seberapa sering pengunjung akan melihat popup. Biasanya popup ini berbentuk formulir kontak – yang juga terintegrasi dengan Ninja Forms, Gravity Forms, dan Contact Form 7. Atau secara manual melalui JavaScript API.

Tersedia juga kumpulan tema popup pre-made yang dapat Anda pilih. Dengan editor WYSIWYG, Anda dapat membuat tema sendiri sembari mengecek tampilannya.

Sayangnya, versi gratis dari plugin ini tidak memiliki teknologi exit intent dan sistem scroll trigger. Anda pun tidak bisa menambahkan gambar latar dan overlay warna, AJAX login dan age verification modals, serta advanced targeting dan popup analytics.

Untuk memiliki fitur-fitur canggih yang disebutkan di atas, sedianya Anda mengupgrade ke Popup Maker berbayar dengan biaya 16 USD/bulan.

  1. OptinMonster

    plugin optinmonster untuk popup

OptinMonster merupakan pop up plugin WordPress premium yang akan membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan cara mengonversi pengunjung situs. Plugin populer ini sudah diinstall lebih dari 800.000 kali.

OptinMonster adalah plugin pertama yang mempopulerkan fitur popup untuk tujuan marketing dan memperkenalkan teknologi exit intent. Teknologi Exit-intent mendeteksi perilaku pengunjung situs dan akan menampilkan popup begitu mereka hendak keluar atau meninggalkan website Anda.

Dengan menggunakan teknologi perilaku SMART, Anda dapat mengonversi pengunjung menjadi email subscriber. Teknologi ini juga berguna bagi website ecommerce karena mengurangi jumlah abandoned cart dan menaikkan conversion rate.

MonsterLinks 2-Step Optins membantu Anda mengonversi gambar apa saja dan menautkannya ke campaign. Jadi, setiap kali campaign tersebut diklik pengunjung situs, akan ada popup yang muncul dan meminta mereka untuk berlangganan atau membeli produk.

Anda juga dapat menggunakan fitur OptinMonster geo-location targeting untuk membuat campaign yang lebih personal. Fitur ini berfungsi untuk menahan pengunjung situs agar lebih lama berada di website Anda karena mereka akan mendapatkan lebih banyak konten yang relevan dan sesuai dengan pencariannya. Selain itu, fitur ini juga dapat diterapkan di toko online atau publisher konten..

Fitur unggulan lainnya dari plugin ini adalah drag and drop popup builder yang juga memiliki 26 efek menarik. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat popup yang atraktif secara visual atau memilih template yang sudah dibuat sebelumnya.

Bahkan Anda juga bisa membuat notifikasi pesan berhasil, multi-step campaign, dan terlebih lagi, desain popup yang mobile-responsive.

Plugin popup WordPress ini juga menawarkan real-time behavior automation, konversi, dan Google analytics. Dengan ketiga tool tersebut, Anda dapat menganalisis dan mengatur serta menyesuaikan campaign untuk kegiatan marketing selanjutnya. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan A/B testing terhadap ide campaign guna memvalidasi pendekatan yang paling tepat untuk menaikkan konversi.

Semua fitur yang disebutkan di atas dapat Anda peroleh dengan berlangganan versi premiumnya seharga 29 USD/bulan yang dibayarkan per tahun.

  1. Popup Builder

    banner plugin popup builder

Popup Builder adalah plugin popup WordPress yang tersedia secara gratis.

Dengan versi gratisnya, Anda bisa membuat gambar, HTML, Facebook, dan popup formulir berlangganan. Anda pun dapat setup pengaturan tampilan, popup event, desain, dan menambahkan efek khusus ke campaign.

Jika menginginkan lebih banyak fitur, Anda bisa membeli ekstensi Popup Builder. Dengan ekstensi tersebut, Anda bisa membuat advanced targeting popup berdasarkan negara, perangkat, dan status aktivitas para pengunjung situs.

Plugin popup WordPress ini memiliki ekstensi untuk menaikkan engagement pelanggan. Anda dapat menambahkan Google Maps, ramalan cuaca, dan berbagai media digital.

Popup Builder juga terintegrasi dengan platform lain, seperti MailChimp, AWeber, Contact Form 7, Ninja Forms, dan Gravity Forms. Ada juga ekstensi popup WooCommerce sehingga Anda dapat mempromosikan penawaran yang ditargetkan kepada pelanggan berdasarkan tindakan tertentu yang mereka lakukan.

Terakhir, tersedia ekstensi analitik untuk melacak data, menganalisis perilaku pelanggan, dan memperbarui campaign popup di masa mendatang. Jika plugin ini berguna bagi campaign marketing yang dilakukan, Anda bisa berlangganan paket starter-nya seharga 49,95 USD per tahun.

  1. Popup by Supsystic

    plugin popup builder supsystic

Supsystic merupakan salah satu plugin popup WordPress terbaik yang menawarkan versi gratis dan berbayar.

Di versi gratis plugin ini, Anda bisa menggunakan template popup yang sudah ada atau mendesainnya sendiri.

Plugin ini memiliki fitur Onclick yang memunculkan popup segera setelah pengunjung mengklik area tertentu di situs Anda.

Anda juga akan memperoleh integrasi formulir kontak dan popup berlangganan. Selain itu, Anda juga dapat mengekspor informasi subscriber.

Untuk memperoleh fitur lainnya, Anda harus mengupgrade akun dari gratis ke berbayar. Anda akan mendapatkan 69 template yang dibuat desainer, dan trigger event, seperti scroll popup, popup di bagian bawah halaman, dan popup exit intent.

Anda juga akan mendapatkan berbagai pilihan berlangganan, seperti Facebook, optin and social locks, layanan email premium, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi plugin ini dilengkapi dengan fitur only-close yang akan “memaksa” pengunjung untuk berlangganan, membagikan, atau menyukai “like” campaign.

Supsystic juga menawarkan beragam tipe popup. Anda dapat membuat iFrame, PDF, verifikasi usia, layar penuh, Google Maps, dan bar notifikasi popup untuk campaign.

Dengan fitur A/B testing yang ada di plugin ini, Anda dapat mengetes dua atau sejumlah versi campaign popup. Dikombinasikan dengan statistik dan analitik bawaan yang real time, Anda bisa memperkirakan dampak setiap versi pada conversion rate. Tool ini akan membantu Anda dalam membuat campaign popup yang lebih personal bagi para pengunjung situs.

Popup by Supsystic menawarkan paket berbayar untuk satu situs seharga 29 USD per tahun.

  1. ARI Fancy Lightbox

    banner popup ari fancy

Bisa dibilang ARI Fancy Lightbox merupakan plugin popup WordPress yang mobile-friendly.

Plugin ini mendukung gestur sentuh: double-tap, pinch-in/out, dan geser horizontal. Keunggulan plugin ini dibandingkan dengan plugin lain yang ada dalam artikel adalah bantuan 24 jam yang bahkan dapat dimanfaatkan oleh pengguna gratis.

Plugin ini menggunakan “lighbox” bergaya Mac yang mengambang di website. Anda dapat melakukan pratinjau terhadap gambar dari WordPress, NextGEN, FooGallery, Justified Image grid, galeri Jetpack, bahkan gambar produk WooCommere. Agar tidak terjadi penyalinan URL, lightbox tersebut menawarkan fitur klik kanan yang dapat dinonaktifkan.

Anda dapat menampilkan video dari layanan YouTube, Vimeo, Vine, Dailymotion dan Metacafe di lightbox. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menunjukkan dokumen PDF, halaman web, konten sebaris (dengan dukungan shortcode), dan tautan Google maps kepada pengunjung .

Untuk menggunakan fitur-fitur canggih, seperti komentar Facebook, berbagi ke platform sosial media, popup yang terbuka otomatis, dan deeplinking – yang menghasilkan tautan unik untuk setiap item lightbox – Anda harus upgrade ke versi premium.

ARI Fancy Lightbox menawarkan paket personal seharga 9 USD dan paket developer seharga 19 USD.

Kesimpulan

Penggunaan popup merupakan pilihan yang baik dalam menaikkan engagement di situs Anda. Dengan plugin popup WordPress, Anda bisa membuat popup dengan mudah.

Ada plugin gratis, ada pula yang berbayar. Anda bisa memilih salah satunya tergantung pada bujet yang dimiliki.

Tentang penulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia menjadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan melakukan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga suka bermain dengan kucingnya dan bercengkrama bersama teman-temannya di waktu senggang.

Tambah Komentar

Klik di sini untuk menulis komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan harga hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari

Rp.8.739
/bln