Konten lama masih muncul setelah mengupload file baru

Disunting pada:
website browser cache cache browser konten lama masih muncul upload file baru

Anda baru saja memperbarui website, tetapi tidak ada perubahan yang tampak dan cache browser Anda masih menampilkan konten lama.

Gunakan browser berbeda untuk mengakses website Anda atau ikuti instruksi di bawah ini untuk membersihkan cache dari salah satu browser yang sedang Anda gunakan. 

Pengenalan

Cache browser merupakan fungsi yang sangat berguna untuk pengunjung web harian. Jika Anda masih tergolong baru di bidang pengembangan website atau Anda hanyalah pengguna reguler yang melihat beberapa website dari waktu ke waktu, mungkin cache browser sedikit terdengar asing di telinga Anda. Sebagaimana telah disebutkan, cache merupakan tool yang hebat dan dapat memberikan pengalaman browsing yang cepat dan nyaman. Cache merupakan penyimpanan sementara di browser yang berfungsi untuk menyimpan beberapa file dari website yang Anda kunjungi. Cache menjamin ketika kali berikutnya Anda mengunjungi browser website yang sama, Anda tidak perlu lagi mengunduh semua data. Dengan cache, pengalaman berinternet Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

Akan tetapi, cache terkadang dapat menyebabkan masalah. Terkhusus bagi developer website yang mengedit websitenya dan ingin melihat perubahan yang dilakukan saat itu juga. Jika, sebagai contoh, gambar latar dari website disimpan di cache browser setelah Anda membuka suatu website dan gambar yang sama tidak ditampilkan bahkan setelah developer mengubahnya, maka itulah saatnya Anda harus membersihkan cache.

Di tutorial ini, Anda akan mempelajari cara membersihkan cache browser untuk bermacam-macam browser desktop, termasuk Google Chrome, Mozilla FireFox, Microsoft Edge, Opera, dan Safari.

Di tutorial ini, browser yang kami gunakan adalah versi terbaru dan diperbarui pada tahun 2016. Namun, langkah-langkah yang akan kami jabarkan juga berlaku untuk versi lainnya.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum tutorial ini dimulai, Anda membutuhkan:

  • Browser yang terinstall di komputer Anda.

Tutorial yang bisa dijadikan panduan:

Browser 1 - Google Chrome

1. Buka Google Chrome dan klik tombol bergaris tiga yang ada di sudut kanan atas layar.

2. Klik Settings.

Settings location

3. Setelah itu, klik History di sisi kiri sidebar.

4. Klik Clear browsing data...

Clear browsing data location

5. Akan terlihat banyak opsi yang harus diberi tanda centang. Karena kita hendak membersihkan cache, maka beri tanda centang pada Cached images and files.

6. Jika Anda hanya ingin membersihkan cache dari jam atau hari terakhir, maka centang opsi yang berbeda di kotak drop-down Obliterate the following items from:

7. Klik Clear browsing data dan tunggu hingga Window menutup.

Clean cache instructions

Browser 2 - Mozilla Firefox

1. Buka Mozilla Firefox dan klik tombol bergaris tiga di sudut kanan atas layar.

2. Klik Options.

Settings location

3. Setelah klik Options, klik Advanced yang ada di sisi kiri sidebar.

4. Klik Network di bagian atas bar navigasi.

Advanced, Network locations

5. Di bawah bagian Cached Web Content, akan muncul jumlah konten (dalam bytes/megabytes) yang di-cache di komputer Anda. Untuk membersihkan cache, klik Clear Now.

Clear now location

CATATAN: Anda harus mengklik tombol tersebut beberapa kali sampai muncul 0 byte dari konten cache yang disimpan di komputer Anda.

0 bytes

5. (Opsional) Anda bisa membuat Mozilla Firefox menjadi browser yang tidak dapat di-cache dengan cukup mudah. Di halaman yang sama Options -> Advanced -> Network, di bawah bagian Cached Web Content, ada opsi Override automatic cache management. Beri tanda centang pada checkbox dan isi di kolom Limit cache to...

uncacheable browser

PENTING! Gunakan caution pada saat melakukan langkah opsional ini. Ketika Anda tidak mengizinkan konten untuk disimpan di cache, waktu loading website akan bertambah lama dan hal ini akan berdampak pada pengalaman browsing pada umumnya. 

Browser 3 - Microsoft Edge

1. Buka Microsoft Edge dan klik tombol dengan tiga titik di sudut kanan atas layar.

2. Klik Settings.

Settings location

3. Setelah itu, Anda akan melihat bagian Clear browsing data. Klik tombol Choose what to clear.

what to clear location

4. Anda akan lihat banyak opsi. Karena Anda hendak membersihkan cache, maka beri tanda centang pada Cached data and files.

5. Klik Clear.

Clean cache instructions

6. Tunggu beberapa saat dan akan muncul pesan All clear! yang berarti cache telah berhasil dibersihkan.

All clear message

Browser 4 - Opera

1. Buka Opera dan klik tombol Menu di sudut kiri atas layar.

2. Klik Settings.

Settings location

3. Setelah itu, klik Privacy & Security di sisi kiri sidebar.

Privacy & Security location

4. Klik Clear browsing data...

Clear browsing data location

5. Anda akan melihat banyak opsi. Karena kita hendak membersihkan cache, maka beri tanda cek pada Cached images and files.

6. Jika Anda hanya ingin membersihkan cache dari jam atau hari terakhir, maka centang opsi yang berbeda di kotak dropw-dwon Obliterate the following items from:

7. Klik Clear browsing data dan tunggu hingga Window menutup.

Clean cache instructions

Browser 5 - Safari

1. Buka Safari dan klik tombol Safari yang ada di sudut kiri atas layar.

2. Klik Preferences.

Settings location

3. Setelah itu, klik Privacy yang ada di bagian atas bar navigasi.

Privacy location

4. Di bawah bagian Cookies and website data, Anda akan melihat tombol Remove All Website Data... Klik tombol tersebut!

Clean cache instructions

5. Tampilan konfirmasi akan muncul dan menanyakan apakah Anda ingin menghapus data yang disimpan di website. Klik Remove Now.

Remove now location

CATATAN: Safari membersihkan baik cache maupun cookies dari browser Anda.

Kesimpulan

Anda telah mempelajari cara membersihkan cache di berbagai macam browser. Kini Anda tidak lagi bermasalah dengan konten lama yang masih saja muncul.

Perlu diingat bahwa membersihkan cache tidak harus dilakukan setiap hari. Browser dapat membatalkan dan menghapus data dari penyimpanan cache secara otomatis.

Membersihkan cache browser sangat bermanfaat, apalagi ketika Anda tidak melihat hasil pembaruan konten di website atau website tampaknya bermasalah (down) dari end, dll.

Buatlah seseorang tersenyum hari ini!