Apa itu SSL?

Disunting pada:
ssl sertifikat ssl https http

Keamanan menjadi salah satu faktor terpenting saat Anda membuka atau mengakses website.

Secure Sockets Layer, atau disingkat SSL, merupakan protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk mengirimkan dan menerima informasi bersifat sensitif yang ada dan tersebar di seluruh internet. Cara kerja SSL adalah membuat channel yang aman di antara pengguna browser dan server website yang hendak dituju user. Informasi apa pun yang melewati channel ini akan dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lain.

Website dapat mengaktifkan SSL dengan cara mengakuisisi sertifikat SSL. Website yang menggunakan SSL juga dapat diidentifikasi via penggunaan protokol HTTPS, alih-alih HTTP.

Manfaat SSL

SSL bermanfaat untuk end user dan pemilik website. Kini user semakin menyadari betapa pentingnya mengamankan website dan internet. Dengan SSL, website modern dapat memanfaatkan kelebihannya untuk melindungi data dan website para user.

1 - Dengan SSL, tampilan website Anda akan lebih profesional

Website e-commerce, yang menggunakan model hosting bisnis, memerlukan informasi yang sangat sensitif, seperti informasi kartu kredit. Aturan standard PCI (Payment Card Industry) mengharuskan pembayaran online yang melalui SSL harus memiliki, setidaknya, enkripsi 128-bit. Transaksi online pun kini semakin aman dan nyaman. Tentu saja ini bisa menjadi cara terbaru untuk mengiklankan brand Anda.

2 - Mengenkripsi informasi

Alasan utama menggunakan SSL adalah tingkat keamanan yang ditawarkannya. SSL menjamin bahwa semua paket data yang saling ditukarkan di antara pengguna browser dan website yang memiliki SSL dilindungi oleh teknik enkripsi. Hal ini berarti jika ada pihak berbahaya yang ingin mengakses suatu data, maka informasi yang dilindung oleh enkripsi tersebut tidak dapat terbaca.

3 - Google menyukai situs yang menggunakan SSL

Beberapa perusahaan menghabiskan banyak dana untuk SEO (Optimasi Mesin Pencari) tanpa menyadari bahwa dengan mengaktifkan SSL, peringkat situs mereka akan naik di mesin pencari Google. Website dengan SSL memiliki peringkat lebih tinggi di Google dibandingkan dengan website yang tidak memiliki SSL. Menurut data MOZ, setengah hasil pencarian di Google adalah HTTPS. Jumlah ini akan terus meningkat!

Paket SSL bisa Anda dapatkan melalui Control Panel -> SSL

Buatlah seseorang tersenyum hari ini!