Saya melihat halaman kosong/putih (jika website berbasis PHP)

Disunting pada:
halaman putih halaman kosong website PHP code PHP

Jika website Anda berbasis PHP, maka penyebab paling umum terjadinya halaman kosong/putih adalah kurang lengkapnya karakter yang Anda masukkan. Meskipun Anda lupa memasukkan karakter ', atau }, atau ; di mana pun, PHP tetap tidak akan berfungsi normal. Anda mungkin tidak akan mendapat pesan error. Hanya saja, Anda akan melihat tampilan layar kosong.

1. Notifikasi error PHP. Pesan error PHP akan memberitahukan pada Anda penyebab mengapa masalah seperti ini bisa terjadi. Jika untuk saat ini Anda tidak mendapatkan pesan error, maka tutorial ini (dalam bahasa Inggris) https://www.thoughtco.com/php-error-reporting-2694206 akan menunjukkan cara mengaktifkan notifikasi/pesan error PHP.

2. Mengetes code PHP sesering mungkin. Jika Anda mengetes tiap code selagi menambahkannya, maka Anda akan menemukan letak error.

3. Mencoba menggunakan color-coded editor. Ada banyak PHP editor (kebanyakan gratis) yang melakukan kode warna (color code) terhadap code PHP pada saat Anda memasukkannya. Langkah ini membantu Anda memilih line yang tidak memiliki end karena ada banyak code dalam warna yang sama. Bagi pengguna yang lebih suka melakukan code sederhana namun berguna untuk masalah seperti ini, color-coded editor merupakan opsi yag tidak merepotkan.

4. Mengubah code menjadi komentar. Salah satu cara mengatasi layar putih/kosong adalah dengan mengubah sebagian besar code menjadi komentar. Dimulai dari atas dan ubah semua code menjadi komentar kecuali beberapa baris (line) pertama, lalu lakukan echo () pesan yang diujicobakan tepat di atas komentar. Jika echo berfungsi dengan normal, maka masalahnya ada di bawah komentar. Pindahkan awal komentar Anda dan lakukan echo pesan yang diujicobakan tepat di bawah komentar selagi Anda bekerja melalui dokumen sampai masalah ditemukan.

 

Buatlah seseorang tersenyum hari ini!