Bagaimana cara transfer website ke server Hostinger?

Disunting pada:
mysql database database mysql transfer website website wordpress migrasi wordpress migrasi drupal nama domain cara transfer website ke hostinger

Jika website Anda tidak menggunakan database MySQL, maka proses pemindahan akan sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengupload file ke folder public_html di server kami. Bilamana Anda memiliki website berbasis PHP, cek apakah website tersebut memuat file konfigurasi di mana nama domain atau path ke file bisa diatur. Jika diperlukan, perbaruilah value tersebut. Jika website menggunakan database MySQL, Anda harus memindahkan database tersebut dan update file konfigurasi script:

  1. Backup database yang ada di server terdahulu. Jika penyedia layanan hosting Anda saat ini memiliki tool backup MySQL, maka gunakanlah. Log in ke phpMyAdmin, pilih database Anda, dan klik tab 'Export'. Klik Save as file dan pilih 'gzipped'. Unduhan backup database Anda harus dimulai sesudahnya. (Lebih jelasnya, Anda dapat membaca tutorial ini (dalam bahasa Inggris): cara mengekspor database MySQL menggunakan phpMyAdmin)
  2. Buat database di server kami. Sebelum restore backup database, Anda perlu membuat database di sistem kami terlebih dulu. Masuk ke Control Panel website Anda dan klik Database MySQL. Database dan user baru dapat dibuat di sini. Tuliskan informasi MySQL selengkapnya karena Anda akan membutuhkannya.
  3. Mengimpor data database ke server kami. Setelah database dibuat, masuk ke phpMyAdmin kami (ikon tool tersebut dapat ditemukan di Control Panel). Setelah masuk ke phpMyAdmin, klik tab 'Impor', cari file backup wesbite Anda (contohnya, yourdatabase.sql.gz) dan klik Go. Prosedur restorasi database akan segera dimulai. Proses restorasi akan memakan waktu lama, apalagi jika ukuran backup Anda terlampau besar. (Lebih jelasnya, Anda dapat membaca tutorial ini (dalam bahasa Inggris): cara mengekspor database MySQL menggunakan phpMyAdmin)
  4. Memperbarui file konfigurasi. Ketika database direstore, Anda harus membuka file konfigurasi (Contohnya,WordPress memiliki file wp-config.php) dari script PHP dan update host database, nama database, username database, dan value password database. Gunakan value yang sudah Anda tuliskan ketika database baru dibuat. Catatan: kami tidak menggunakan "localhost" sebagai hostname MySQL. Host MySQL kami adalah "mysql.hostinger.com".

Catatan:

  • Beberapa script, seperti WordPress, memiliki berbagai metode tersedia untuk melakukan pemindahan website. Salah satu metode tersebut adalah Plugin yang memudahkan Anda memindahkan banyak website. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca tutorial kami (dalam bahasa Inggris): Cara Migrasi WordPress.
  • Tutorial migrasi Drupal (dalam bahasa Inggris) juga tersedia: Cara Migrasi Drupal.

Buatlah seseorang tersenyum hari ini!